[Komik] Fruits Basket Manga

Bagaimana jadinya kalo manusia dirasuki siluman binatang dari legenda jyuunishi (12 shio)? Mungkin ini suatu hal yang (secara ide pun) tak pernah terpikirkan sedikit pun dalam benak kita. Tetapi oleh Takaya Natsuki, ide ini diramu menjadi cerita komik/manga yang sangat menarik, hingga pernah dinobatkan sebagai ‘The Best Selling Shojou Manga in 2004″ di US dan meraih penghargaan ‘Kodansha Manga Award’ tahun 2001 untuk kategori Shojou.

Menceritakan tentang seorang gadis remaja yatim piatu bernama Honda Tohru yang karena suatu peristiwa akhirnya tinggal di rumah teman sekelasnya Sohma Yuki dan sepupunya Sohma Shigure, seorang novelis.Tak lama kemudian datanglah sepupu Yuki yang lain bernama Sohma Kyou, yang kemudian juga tinggal di rumah itu.

Yang menarik adalah keluarga Sohma tersebut memiliki rahasia yaitu bahwa mereka dirasuki oleh siluman binatang dari cerita jyuunishi (Yuki – tikus, Shigure – anjing dan Kyou – kucing), dan mereka akan berubah wujud kalo dipeluk oleh lawan jenisnya. Jadilah cerita tentang kehidupan Tikus – Kucing – Anjing dalam satu rumah. Sesuai dengan sifatnya, mereka tidak pernah akur. Pertengkaran dan perkelahian terjadi dalam proses saling memahami satu sama lain, dan Tohru menjadi perekat diantara mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, Tohru juga berkenalan dengan anggota Jyuunishi yang lain, serta masuk dalam cerita kehidupan mereka yang misterius, kelam dan terkutuk.

Serial ini pertama kali diterbitkan di majalah 2 mingguan Hana to Yume tahun 1999, sampai saat ini Fruits Basket versi tankoubon baru menginjak volume 21 (dari 23 volume yang diperkirakan). Dan sejak tahun 2003 sudah diterbitkan di 9 negara lain termasuk Indonesia.

Pada awal cerita, manga ini terkesan ringan dan lucu. Tetapi makin lama semakin misterius dan membuat kita penasaran untuk mengetahui rahasia apa yang ada di keluarga Sohma dan bagaimana nasib Tohru selanjutnya. Banyak pesan terselubung yang ingin disampaikan dalam hubungan anak dan orang tua, persahabatan, persaudaraan, percintaan, keterikatan dan ketergantungan. It’s all about relationship.

Dari sekian banyak manga yang saya baca, fruits basket berada dalam top 5 my favourite manga. Disamping Rurouni Kenshin (Samurai X), Samurai Deeper Kyou, Shanaou Yoshitsune dan Hana Yori Dango.

Well, this is the best manga I’d ever read. Walaupun sudah dibuat versi anime, tetapi manga nya lebih menarik untuk diikuti.

Note :
Legenda Jyuunishi adalah legenda tentang penamaan 12 Shio dalam astrologi China
“Sang dewa mengundang para binatang untuk menghadiri pesta jamuan makan malam yang diadakan di kediamannya malam ini. Tikus yang licik berkata pada kucing, bahwa pesta akan diadakan keesokan harinya. 12 jenis binatang datang ke pesta tersebut, kemudian mereka dijadikan lambang shio.
Sang kucing yang tertipu, tertidur sambil membayangkan pesta keesokan harinya. Itu sebabnya kenapa kucing membenci tikus dan tidak ada shio kucing dalam astrologi china”

About these ads

7 thoughts on “[Komik] Fruits Basket Manga

  1. diterbitin di indonesianya lama ajyaaa >__<udh gitu mangascan-nya udh banyak dicabut krn permintaan penerbitnya.. huhuu TT_TTtau dimana bisa nemuin scanlationsnya ga? =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s