NARSIS


Dalam salah satu sessi chatting saya, seorang teman bertanya "kamu tau ga artinya narsis? saya sering denger tapi ga tau artinya".

Weleh, mendapat pertanyaan begini langsung keluar tabi'at saya yang sok ilmiah dengan menerangkan asal-usul kata-kata tersebut lengkap dengan analisis super mendalam ala konsultan teknis *Gubrax*.

Narsis berasal dari NARSISCUS, seorang pemuda Yunani yang jatuh cinta pada dirinya sendiri hingga seluruh hidupnya sampai mati ia habiskan dengan bercermin dan mengagumi sosoknya sendiri. Sebuah legenda Yunani yang kemudian di"pinjam" untuk menggambarkan sikap manusia yang demikian, hingga hari ini.

NARCISISTIC secara psikologi adalah istilah Personality Disorder yang menggambarkan prilaku manusia dengan Percaya Diri yang berlebihan, cenderung impulsive, unsensitive, egoist, exhebitionist, juga manipulatif, karena keinginan untuk selalu menjadi CENTRE OF ATTENTION.

Tapi kata 'narsis' saat ini digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sangat senang difoto, kemudian menunjukkan foto-foto nya kepada banyak orang. Atau orang yang bertingkah/berdandan diluar kewajaran alias ANEH hanya untuk mendapat perhatian dari orang banyak. Atau seseorang yang memamerkan tulisannya (yang ga penting dan ga nambah pengetahuan)untuk dibaca oleh orang banyak (hmmmm kayaknya kenal deh).

Pada dasarnya setiap orang punya sisi narsis. Kenapa FREINDSTER sangat terkenal dan punya banyak sekali anggota? karena disitu ajang orang2 untuk memejeng foto-foto pribadi mereka sepuasnya disertai gambaran mengenai diri sendiri. Kenapa situs BLOG banyak sekali bertebaran di jagad maya ini? karena manusia-manusia narsis membutuhkan wadah untuk dapat menceritakan kehidupan dan opini pribadinya untuk dibaca orang seluruh dunia. Kenapa juga kita senang
sekali kalau dipuji 'cantik' karena SENGAJA berdandan.

Untuk orang seperti saya, perilaku narsis sangat diperlukan semata untuk memacu diri menjadi lebih baik (maksud Loh.....? ) secara saya orang yang memiliki kekurangan dalam ke-PD-an (benarkah....?). Dalam rangka narsis juga saya menulis ini agar bisa dibaca sama teman-teman dan dikomentarin.

Anyway, ga ada salahnya narsis kalo dengan niat 'self improvement' tapi jangan sampai kenarsisan membuat kita lupa daratan dan menjadi orang yang senang bercerita tentang diri sendiri serta membuat orang
laen MUNTAH!!!!

HIDUP NARSIS!!!!




7 thoughts on “NARSIS

  1. Kirain mau mosting foto2 asli. Eh ternyata…….tulisan aslinya aja yang keluar!==========================================================Pokoknya asal jangan berlebihan, itu udah bagus kok!Apalagi kalo emang niatnya untuk memperbaiki diri sendiri. Kan gak ada salahnya tuh!Yang penting proporsional aja!

  2. Hohohohoho…..^^Narsis yah…?? secara loghis, susssaaaahhh tuh ngejelasinnnya…..^^;Tai baguslah, kamu bisa menjadi ahli penelitian dalam hal2 seperti ini…..*gubraaak*

  3. indahlestari said: Kirain mau mosting foto2 asli.

    Ratih, posting fotokunya ntar aja deh. aku belum pede. Belum ada fotoku yang sebagus Dian Sastrowardoyo (garing yah?)

  4. Kan pengen tau, bentuk asli mukamu kayak gimana!cepet yah diposting, udah gak sabar nih!Eh..ini yang Narciscus Ramos itu yah?Kayaknya pernah baca artikel tentangnya, dimana gituh lupa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s