[J-Dorama] Gokusen = Gangster Teacher

Drama Jepang atau J-dorama yang berjudul Gokusen ini diadaptasi dari manga yang berjudul sama karya Morimoto Kozueko. Dorama yang terdiri dari 12 episode + 1 episode spesial, ditayangkan di NTV pada musim panas tahun 2002 dan meraih rating yang cukup baik. Dorama ini juga meraih penghargaan dalam Television Academy Awards tahun 2003 untuk pemeran utama wanita terbaik (Nakama Yukie) dan pemeran pembantu pria terbaik (Matsumoto Jun).

Gokusen adalah singkatan dari Gokudo no Sensei atau “Gangster Teacher” bercerita tentang Yamaguchi Kumiko (Nakama Yukie) seorang guru cewek yang dibesarkan di lingkungan yakuza dan mulai mengajar di SMU yang semua muridnya cowok. Dalam upayanya untuk mendapatkan kepercayaan dan respect dari murid-muridnya yang bandel dan sering dicap berandalan, secara tidak langsung Kumiko mengajarkan prinsip-prinsip kehidupan yakuza (dari sisi positif) kepada murid-muridnya.

Untuk familiar dengan dorama/manga/anime, mungkin akan menyangka Gokusen merupakan copycat dari GTO (Great Teacher Onizuka) yang pernah sangaaaat popular di Jepang tahun 1998, dengan plot yang sama yaitu cerita guru yang berusaha ‘menjinakkan’ murid kelasnya yang berandalan dengan cara mendidik yang tidak biasa dan unik. Tapi percaya deh, setelah menonton Gokusen kamu akan jatuh cinta dan ga bisa berhenti sampai episode terakhir.

Adegan-adegan lucu dan norak yang sangat komikal serta dialog yang segar dan touching menjadi kekuatan dari drama ini. Selain itu tampang-tampang cakep murid-murid Kumiko dengan gaya rambut seperti tokoh-tokoh kartun anime, membuat Gokusen semakin menarik. Akting Matsumoto Jun sebagai Sawada Shin yang jadi ring leader bagi teman-temannya, sangat bagus, tidak banyak dialog yang diucapkan tapi tatapan matanya menggambarkan apa yang dirasakannya (dan nancep kedalam hati gue. Kakkoii…!!!).

Seperti Dorama Jepang pada umumnya yang memiliki plot sederhana, penggambarannya sangat mendetail, serta adegan-adegan dan dialognya realistis (ga kayak sinetron Indonesia). That’s why I love watching J-dorama. Menonton Gokusen (dan juga dorama lainnya) mengingatkan kita untuk selalu hormat orang tua, mensyukuri segala hal, selalu mendengarkan hati nurani dan percaya pada sebuah nilai ‘kerja keras’. Sepertinya ini adalah norma-norma yang menjadi kekuatan orang Jepang.

Well, Gokusen ini worth to watch! Karena selain bisa tertawa geli sampai ngakak dan nangis terharu, ada pesan yang tersirat dalam setiap episodenya. “School is not about grades and looks, it’s the place where people can learn how to interact with another and overcome the problem”. Bagus kan?

Fighto Oh!

6 thoughts on “[J-Dorama] Gokusen = Gangster Teacher

  1. Gokusen 2 : On going project. I already watch episode 1 & 2, but it’s kind a boring cause almost the same plot with season 1 only with a lot more good looking students. But, I’ll managed to carry on.Btw, do you understand bahasa Indonesia?

  2. i can understand a bit indo..;pyeah you are right.gokusen 2 is just the same as season 1.its kinda boring and not so cool as the 1st,but i still like it!!hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s