Sinetron Jiplakan dan Kreatifitas Orang Indonesia

Setelah Heaven Coins dijiplak menjadi Pelangi Di Matamu (kasian ya…matanya warna-warni)
Setelah Itazura Na Kisu dijiplak 2 KALI gitu!!!!! (ama agnes monica trus ayudia bing slamet)
Setelah Anything For You (my favourite one) dijiplak menjadi Bukan Diriku (yang maen bikin gw muntah….. Ririn, Baim Wong ama Bertrand Antolin)
Setelah Hana Yori Dango dijiplak dan jadi sinetron yang dimainin sama cewe keriting yang bahasa indonesianya nggak lancar
Setelah banyak yang lainnya lagi dijiplak, Dorama-dorama Jepang kesukaan kita, kira-kira apa lagi ya Dorama bagus yang bisa dijiplak sama produser Indonesia?
Trus kasih pendapat juga Cast-nya siapa…..
Kasih pendapat yang paling baka ya…
Siapa tahu ada produser yang berminat mau bikin tuh sinetron jiplakan

Tulisan diatas saya lihat di sebuah forum diskusi dunia maya untuk komunitas penggemar drama Jepang atau J-Dorama. Membaca thread ini terus terang saya kaget karena tidak menyangka begitu banyak sinetron kita yang dijiplak dari drama-drama asing (khususnya Mandarin – Korea – Jepang). Selama ini saya tahu ada beberapa sinetron yang menjiplak persis drama Korea yang berjudul Princess Hours. Sinetron jiplakan ini ditayangkan di Indonesia dengan diberi judul ‘Benci bilang Cinta’ dengan pemeran Baim Wong dan Marshanda. Penjiplakan terjadi bukan hanya pada ide ceritanya saja tapi juga adegan2 dan dialog2nya. Sampai2 saya berfikir apa orang Indonesia itu kurang kreatif atau terlalu kreatif?

Soal jiplak menjiplak emang bukan barang baru bagi dunia persinetronan Indonesia. Dulu waktu drama Taiwan ‘Meteor Garden’ sedang booming, Indonesia bikin sinetron yang dimaenin ama Leony, Indra Brugman dll (judulnya aku lupa?). Pernah juga ada yang menjiplak dari film India Kuch kuch hota hai. Mungkin juga masih ingat kasus sinetronnya Tamara Blezynski yang jadi guru ‘preman’ yang ternyata jiplakan dari J-Dorama Great Teacher Naomi, yang rada unik karena setelah tau kalo sinetronnya jiplakan, Tamara berhenti maen di sinetron itu atau sinetron itu dipersingkat gitu (kalo ga salah loh! Abis udah lama banget).

Kalo dipikir2 lagi sih kesalahan bukan pada produser sinetron itu sepenuhnya, mereka membuat sinetron yang sesuai dengan selera pasar (yang penting menjual dan dapat spot iklan yang banyak Bo!). Karena sepertinya sinetron2 jiplakan ini cukup banyak penontonnya, yang terbukti dengan banyaknya spot iklan yang dipasang. Pernah ada pemirsa sinetron yang menulis di surat pembaca bahwa dia lebih menyukai sinetron yang dijiplak dari drama asing daripada sinetron2 Indonesia yang banyak diputar akhir2 ini, karena ceritanya lebih realistis dan humanis. *Waaaahhh…..*

Sebenarnya penjiplakan/pengadaptasian suatu film/sinetron sah sah saja dilakukan, seperti film The Lake House nya Keanu Reeves yang diadaptasi dari film Korea berjudul Il Mare. Walaupun merupakan adaptasi, tapi penggambaran adegan2 dan dialog2nya dikemas dengan manis sehingga penonton tidak merasa ‘pernah liat adegan begini…’. Hal yang sama juga terjadi pada J-Dorama Hana Yori Dango yang diadaptasi dari komiknya yang sudah pernah dibuat dramanya oleh orang Taiwan berjudul Meteor Garden.

Memang perlu kreatifitas lebih untuk membuat scenario yang baik dari cerita yang diadaptasi agar tidak terjebak dalam pengulangan/peniruan adegan yang sama persis dengan original film nya. Tapi kalo soal kreatif, orang Indonesia sih ga kalah, contohnya komentar2 di forum diskusi yang saya sebutkan diawal, banyak yang kreatif dan lucu2

Berikut ini adalah potongan2 komentar para member di forum diskusi J-Dorama mengenai topic diatas.

kalo menurut aku, ada satu dorama yang rada2 susye or mungkin ampir mustahil dijiplak, yaitu Iryu Team Medical Dragon. Ih kalo ada yang bisa niru, jago dah. Secara tuh dorama ilmiah banget, make organ asli, dll…susye…

Tapi kalo emang nekat, maka versi aku nih:
Judul: Belahlah dadaku (pan nyeritain ttg jantung, bukan???)
1. dr. Asada (Sakaguchi Kenji)—> Arie Wibowo, tapi kalo terlalu kalem ya Jeremy Thomas
2. dr. Ijuuin Noboru (Koike Teppei) —-> Roger Danuarta
3. Suster Kotou Aki (Inamori Izumi) —> Ririn sapa gituu..
4. Antagonis: dr.Kirishima Gunji (Kitamura Ikki) —> duh sapa tuh yang suka jadi jahat di Hidayah….mmm…yah lupa….Bodjenger..bodjenger itulah

kalo geto gw juga maw jadi produser….
gw bikin 1 littre no namida jadi sinetron.. kira2 judulnya apa yach…
**Air Mata yg Tak Kunjung Henti** menjual ga yach kira2 judulnya…

gw bingung neh nentuin yg jadi Aya Ikeuchi.., nominasinya
1. NIa Ramadhani
2. Ririn
3. Marshanda…
yaaaaa Ririn aja dech yg mukanya mellow.. geto..
Ririn jadi cewe yg namanya Maya Ikasari.. *alah..**** ga sinteron bgt namanya…..
kasusnya sama persis sama Aya di ichi Ritoru.., knapa sama persis??? coz gw menghargai dorama asllinya ;p

trus yg jadi Asou…. siapa yach…
Baim Wong lagi dech… apa Hengky Kurniawan yach…??
mmmh Hengky Kurniawan aja.. jadi cowo yg namanya Asep. dari kluarga tajir.. ga skolah d kedokteran loh.. tapi di jurusan HI hukum International…
biar jadi penerus nyokapnya.., bapaknya Asep tetep dokter dunks n punya RUmah Sakit.., coz kalo geto.. ga bakal kyk ichi ritoru,hehehhehee

*berdasarkan J-Dorama berjudul Kurosagi*

Kurosagi ya….

Judul: Argi (susye nih dapet judul yang mirip2 gitu. Tadinya malah mau Kejarlah Daku Kau Kutangkap tapi takut dibilang ngejiplak sama pemirsa)

Kurosagi (Yamapi) —> Argi – Tora Sudiro
Yoshikawa Tsurara (Horikita Maki) —> Rara – Mona Ratu Liu
Katsuragi (ga tau sapa yang maen) —> Surya – Frans Tumbuan

Sinopsis

Argi (Tora Sudiro) adalah anak yang terlahir dalam keluarga bahagia pasangan Armi (Eksanti) dan Giantoro (Indra Ekstravaganza). Kebahagiaan mereka menjadi hancur berantakan ketika Giantoro yang berbisnis tanaman hidroponik ditipu habis-habisan oleh Surya (Frans Tumbuan).

Surya melakukan penipuan ini dilandaskan rasa cintanya kepada Armi yang tak berbalas. Perbedaan usia diantara mereka tak membuat Surya jera karena dia telah melihat betapa suksesnya sahabatnya Datuk K menggaet Siti Nurhaliza. Segala cara dicoba untuk meruntuhkan hati Armi, tapi semua sia-sia. Akhirnya Surya yang habis sabarnya menghancurkan bisnis Giantoro. Tanaman hidroponik Giantoro diam2 dia beri tanah dengan bantuan Seto (Pong Harjatmo), pembantu kepercayaan Giantoro.

Bisnis hancur melempar Giantoro ke dalam depresi. Dalam keputus asaan Giantoro membunuh Armi. Argi yang pada waktu itu sedang main layangan luput dari usaha pembunuhan. Apalagi setelah selesai main ia tidak langsung pulang karena di jalan ia bertemu dengan gadis kecil yang sedang menangis. Gadis kecil itu bernama Rara. Ia menangis di pinggir sungai karena selendangnya nyangkut (lah…ini Kurosagi apa Jaka Tarub, ya?). Singkat cerita Argi menolong gadis itu dan mereka pun berkenalan.
By the way, Giantoro sendiri mati bunuh diri.

Argi kemudian diangkat anak oleh Surya yang merasa bersalah. Surya mendidiknya menjadi seorang penipu. Dari mulai nipu duit bayaran sampai nipu-nipu di pasar ular. Argi pun pandai menyamar. Dari mulai jadi cowok macho sampe jadi wanita berotot. Pokoknya ia serba bisalah. Seiring dengan vertambah dewasanya Argi, cakupan wilayah penipuannya pun berkembang. Ia mulai berkeliaran di gedung2 tinggi Jakarta (ngapain coba wara wiri di gedung, ye –red).

Suatu hari, Argi melihat seorang wanita menangis di pinggir jalan. Ia mengaku baru saja terhipnotis dan seluruh uangnya di ATM amblas karena ditipu oleh pacarnya, Ariel (Ariel Peterpan – guest star bow). Argi yang ga tega melihat wanita menangis menawarkan bantuan dengan mengusulkan dirinya sebagai pengganti Ariel. Ia pun tambah bersemangat karena ternyata wanita itu adalah Rara, gadis kecil yang selendangnya hanyut (yuuuuuukkk…)

Menjadi pacar Argi ternyata tak seindah bayangan Rara. Argi adalah cowok cuek, rada dingin, angin-anginan, dan usahanya cuma bisnis kos-kosan.

Bagaimana kisah kasih Rara – Argi selanjutnya? Apakah sepak terjang Argi di dunia tipu menipu dapat dihentikan? Dapatkah Argi membuka kedok Surya sesungguhnya? Apakah bisnis kosan Argi laku? Saksikan jawabannya dalam ARGI, sinetron baru tayang setiap hari Selasa pukul 19.00 di stasiun tipi kesayangan anda (woiiii…kasih clue dong tipi yang mana???? —-pemirsa)


Note : Mudah-mudahan tulisan2 diatas tidak menimbulkan ide bagi para produser film atau siapapun untuk melakukan penjiplakan2 berikutnya.

11 thoughts on “Sinetron Jiplakan dan Kreatifitas Orang Indonesia

  1. Thanx untuk YamaPi_Chan, NaRsIs dan GeE GeE. Saya ga tau siapa mereka (ga bisa buka profilenya karena ga masuk member) tapi mereka kreative banget. Salut!!!

  2. Ichi Rotaru No Namida atau 1 litre of tears akhirnya dijiplak juga di RCTI judulnya Buku Harian Nayla….. Yang maen Chelsea Olivia dan Glenn Alinsky. Sampe theme song nya juga dijiplak, sama persis cuman di bahasa indonesiain.

  3. walah ternyata banyak juga ya kopian dari drama2 luar..tapi mnurutku itu adalah salah satu jenis kreatifitas sineas indonesia..susah lo ada yang mau mengkopi segitu susahnya hehehe…ampe sgala adegan dikopi dan ditiru..hehehe…gedubrax..kalo itu skripsi..alhasil baru bab 1 langsung dicoret ma dosen..jadi sinetron manakah y asli indonesia??ehmm hati-hati lo..jangan2 ide2 diatas dah dilirik ma para produser..

  4. Sinetron asli Indonesia cukup banyak mbak, ada Kiamat Sudah Dekat, Lorong Waktu, Arisan, Si Doel Anak Sekolahan dan sinetron-sinetron yang jaman dulu gitu…Bukan milis, tapi Forum diskusi J-dorama. Kalo yang drama Korea aku ga terlalu tahu tapi coba disini K-drama.

  5. bener juga, enggak “cukup banyak” juga seh..tapi sinetron kayak kiamat sudah dekat itu sangat menyentuh sisi humanis masyarakat indonesia..iya ga seh??Lorong waktu..meski garis merahnya mirip ma quantum leap tapi tetep menunjukan keorisinalitasannya..hahaha sinetron jaman dulu ya haiqa..berarti kreatipan orang dulu ya…btw..panggil aq widhi aza ya..hehehe…

  6. widwod said: btw..panggil aq widhi aza ya..hehehe…

    Ok de Widhi…Kalo gitu panggil aku Fiya…. ya!Haiqa itu nama favorite ku (rencananya buat anak ku ‘ntar) artinya Truth

  7. widwod said: sinetron jaman dulu ya haiqa..berarti kreatipan orang dulu ya…

    Sinetron jaman sekarang terlalu “kejar tayang” untuk memenuhi jam tayang tv yang panjang, sehingga kreativitasnya terasa agak dipaksakan kalo ga mau dibilang diperkosa

  8. dardiantoro said: hallaaa…susah bacanya kuning ama putih 😛

    K’ Diding, sudah aku ganti lagi theme nya jadi seperti yang awal.Mungkin sekarang lebih mudah dibaca.Tadi lagi percobaan merubah theme….Thanx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s