DORAMA? Apa sih?

Di halaman MP saya ini, saya sering sekali menggunakan kata dorama, terutama pada halaman review. Sebenernya apa sih dorama itu?. Sepertinya berkaitan dengan drama televisi. Kenapa gak disebut drama aja? Dan apa bedanya dengan drama-drama Korea, Mandarin atau negara asia lainnya yang saat ini lagi digandrungi oleh pemirsa tv di negara2 Asia.

Dorama memang asal katanya adalah drama. Khusus untuk pengucapan bahasa Jepang menjadi dorama, karena penggunaan huruf Jepang yang tidak mengenal huruf mati “D” (yang tersedia adalah “Do”). Dengan demikian kata Dorama lebih sering dianalogikan dengan drama televisi Jepang. Dan sebagai penggemar drama Jepang (walaupun saya juga menonton drama2 korea & mandarin), saya menggunakan terms “dorama” untuk membedakan drama Jepang dengan drama2 tv dari negara asia lain.

Dorama sendiri merupakan serial tv yang ditayangkan hampir setiap hari di stasiun2 tv Jepang. Walaupun sebutnya dorama, tapi tema yang ditawarkan tidak selalu berbau romantisme (seperti Tokyo Love Story, Beautiful life), keluarga (Ai no Uta, Be with You) dan persahabatan (Beach boys, Stand Up) kadang2 juga bertema action/taiga (Musashi, Shinsegumi), komedi (my boss my hero, GTO), thriller (Dragonhead, Kyouhansha), cerita detektif (Kindaichi, Hero) dan lain-lain.

Di tempat asalnya di Jepang, dorama biasanya ditayangkan malam hari (primetime) tetapi ada juga yang ditayangkan siang hari, yang disebut asadora (seperti Oshin, Wakaba). Dorama2 primetime, biasanya ditayangkan seminggu sekali dengan masa tayang sekitar 3 bulan (atau 9-12 episode) disesuaikan dengan musim: winter (Januari-Maret), spring (April-Juni), Summer (Juli-September) dan Autumn (Oktober-Desember).

Untuk menentukan sukses atau tidaknya sebuah dorama, biasanya dilakukan survey yang kemudian disajikan dalam bentuk rating. Rating dihitung berdasarkan jumlah penonton dorama dibagi dengan jumlah pemirsa tv pada umumnya. Untuk tayangan malam hari, jumlah pemirsa tv lebih banyak dari siang hari, oleh karena itu untuk dorama2 primetime rating diatas 17 % sudah dapat dikatagorikan sukses. Sampai saat ini peraih rating tertinggi untuk dorama adalah Oshin (52,6%).

Kesuksesan sebuah dorama biasanya didukung oleh musik yang enak didengar. Musik pendukung ini biasanya terdiri dari opening theme, kemudian 1-2 menit ending theme dan background musik yang diperdengarkan pada point2 penting dari cerita. Kebanyakan soundtrack dibuat khusus untuk dorama yang bersangkutan dan dinyanyikan oleh penyanyi atau group band Jepang. Tetapi ada juga yang menggunakan musik2 barat yang sudah terkenal seperti Queen (dalam Pride, 2004) atau Jimmy Cliff (Engine, 2005). Tetapi karena lisensi yang harus dibayarkan cukup tinggi, maka beberapa dorama yang dijual di luar Jepang, terpaksa merubah background music dan theme song nya (contohnya Densha Otoko).

Ada 5 alasan yang membuat saya suka sekali nonton dorama :

  1. Skenarionya menarik. Biasanya berdasarkan realitas kehidupan sehari-hari seperti kehidupan pegawai kantoran (Love Generation), perjuangan mencapai cita-cita (Fighting Girl), kehidupan mahasiswa (Ordinary People)
  2. Adegan2 nya digambarkan dengan mendetail. Misalnya Good Luck, suka duka kehidupan pilot dan pramugari di sebuah airlines digambarkan dengan lengkap, test kesehatan yang rutin dijalani, jadwal tugas pilot yang berganti-ganti dsb. Atau Team Medical Dragon yang menggambarkan kehidupan dokter dan paramedic sebagai satu tim dalam menangani berbagai macam kasus.
  3. Dialognya wajar. Gak ada dialog marah2in orang tua atau menyakiti dengan sengaja seperti di sinetron2 Indonesia.
  4. Setting nya sesuai dengan keadaan. Jarang banget digambarkan rumah2 besar dengan mobil2 mewah seperti yang sering kita lihat di kebanyakan film India (sinetron kita ngikuti film India kayaknya)
  5. Ceritanya sangat menghibur. Meski terkadang mengharukan, cerita dorama jarang sediiiiiiiiiiiih terus menerus (kalo yang model gini sering kita temui di drama Korea). Biasanya sih happy ending.

Sumber : Wikipedia, J-Dorama dan Doramalover

8 thoughts on “DORAMA? Apa sih?

  1. svirdhian said: dimana ya kira2 bisa nonton oshin lagi, tahu ngggak mba?

    Aku ga tau Shinta, karena di doramalover juga pada nyari. Dan ga ada fansubs laen yang mau ngasih share (u_u).

  2. dardiantoro said: gue lagi nonton my boss my hero :D…baru dapet dari fansub

    Dah selesai belon? Lucu kan?Kalo udah selesai, komen di review gw ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s