Website, Multiply dan Gaya Menulis

Enam bulan yang lalu saya mulai bekerja di Bappenas, dengan tugas utama menyiapkan suatu program nasional, dan tugas sampingan mengelola suatu website untuk menginformasikan kegiatan2 dalam upaya meningkatkan kualitas udara yang dilakukan oleh pemerintah pusat dalam hal ini departemen2 teknis dan beberapa pemkot yang terlibat. Terus terang bidang pekerjaan ini merupakan hal baru bagi saya, I’m tottaly blind in this area.

Sejak lulus dari ITB dan bekerja sebagai konsultan di bidang lingkungan, saya terbiasa menulis laporan. Laporan-laporan itu bentuknya bermacam-macam, mulai dari yang bersifat evaluasi, review, analisis, konsep atau bahkan sekedar proposal baik untuk suatu proyek berskala kecil seperti suatu industri, atau kawasan perumahan, kawasan industri, kawasan pariwisata hingga program-program yang berskala nasional. Tapi belum pernah mendapat job desk yang berhubungan dengan internet, website atau sejenisnya.

Mungkin saya biasa menggunakan internet untuk mendownload informasi, gambar atau apapun yang berhubungan dengan pekerjaan dan bidang minat saya. Tidak pernah terpikirkan sedikitpun untuk ingin mengetahui bagaimana cara membuat atau setidaknya mengupload sesuatu ke area virtual ini. Karena saya pikir bidang ini merupakan wewenang sepenuhnya dari orang-orang IT yang berbasis pendidikan informatika. Saking ga ada ide nya untuk bidang ini maka tugas sampingan saya ini, terbengkalai selama berbulan-bulan tanpa progress apapun.

Tiga bulan kemudian, saya dikenalkan oleh Pak Ciput pada suatu media untuk menuangkan tulisan/opini di dunia maya yang biasa disebut Multiply. Sebelumnya saya sudah mendengar mengenai media sejenis yang biasa disebut dengan blog. Tapi hanya sebatas pembaca dan pengguna, belum tertarik untuk memanfaatkan atau membuatnya. Dari multiply inilah saya belajar mengupload music, gambar, video, tulisan dan apapun yang ingin saya tampilkan di internet kemudian mulai mengembangkan website udarakota yang sudah disiapkan oleh web designer project ini.

Ternyata pekerjaan ini menarik, banyak hal baru yang saya dapatkan. Saya jadi mengerti bahasa HTML, CSS dan sarupaning bahasa komputer yang digunakan untuk menampilkan informasi yang kita inginkan di virtual world ini, dan saya memanfaatkan MP sebagai media untuk latihan. MP juga saya gunakan untuk melatih gaya menulis dengan bahasa yang lebih populer. Saya pikir ini perlu untuk mensupport tugas saya atau mungkin sebenernya untuk mensupport sisi narsistis saya?. *batasannya tipis dan ga jelas*

Ternyata latihan itu memang ada hasilnya. Setelah 2 bulan terakhir ini saya asyik dengan kegiatan yang berbau website, multiply dan gaya penulisan populer, saya diberi tugas lagi untuk membuat suatu proposal sebuah program nasional. Selama 2 minggu saya melakukan riset, menulis konsep dan menuangkannya dalam bentuk proposal dan komentar dari ‘boss’ saya adalah “kok gaya bahasa kamu berubah sih? Jadi lebih santai dan seperti bahasa ngobrol. Ayo bikin lagi pake bahas resmi!”. Haaaah?????

7 thoughts on “Website, Multiply dan Gaya Menulis

  1. yuk kita demo oknum yang satu ini…xixiixixixiix——————————————————————-demo apa? demo masak? :)) *oknum = orang :p*

Leave a Reply

