[J-Movies] Prince of Tennis : Japanese Shaolin Soccer

Pilem Jepang yang atu ini sangat mengecewakan! Abis selesai nonton, bukannya terhibur malah jadi misuh2 (=menggerutu? bhs jawa) ga keruan. Serasa nonton dragon ball live action dengan setting dunia nyata. Sangat tidak masuk akal! Yah mirip2 ama Shaolin Soccer nya Stephen Chow deh. Cuman kalo Shaolin soccer jadinya lucu. Prince of Tennis malah jadi aneh. Hontou ni fushigi dane.

Emang sih pilem ini diadaptasi dari cerita komik/manga, tapi biasanya dilakukan penyesuaian2 biar jalan ceritanya tetep enak untuk dinikmati. Saya memang belum baca manga nya (yang katanya best seller itu). Tapi setelah nonton pilem ini, rasanya jadi ilfill untuk ngikuti jalan cerita komiknya.

Ada beberapa detail di pilem ini yang janggal dan ngeganggu *Tumben banget orang Jepang bikin pilem yang ga merhatiin detail2nya*

1. Ceritanya tentang klub tenis anak SMP tapi pemerannya kelihatannya tua-tua semua *kecuali pemeran utamanya*

2. Ada adegan Echizen Ryoma (pemeran utama dalam filem ini) yang berubah jadi kidal dalam satu pertandingan karena tangannya cedera. Setahu saya dalam satu pertandingan resmi tenis, tidak diijinkan seorang atlit mengganti tangan yang digunakan untuk memegang raket.

3. Adegan si atlit samurai yang memukul bola tenis dengan frame raketnya, seperti memukul bola bisbol gitu. Kalo di pertandingan sebenernya, pasti udah didiskualifikasi.

4. Pukulan2 atau jurus2 yang dipake, terlalu berlebihan dan tidak masuk akal. Ada yang salto, melayang bahkan terbang. Trus ada juga yang pake tenaga dalem, serasa lagi liat Goku bertarung dengan Bejita di Dragon ball.

5. Banyak tokoh2 yang ga penting dan ga tau apa hubungannya ama plot ceritanya.

Buat beberapa orang, ketidak masuk akalan itulah yang menjadi daya tarik pilem ini. Selain itu, nilai2 persahabatan dan kekeluargaannya meskipun kurang tergali, tapi cukup jelas untuk menjadi benang merah cerita juga menjadi daya tarik lain selain tentunya tampang2 cakep para atlit tenis remaja itu.

Well, selain gangguan2 diatas, J-Movie ini berusaha menyampaikan pesan moral ’Jangan cepat puas dengan prestasi yang sudah kita raih, karena diatas langit masih ada langit’.

9 thoughts on “[J-Movies] Prince of Tennis : Japanese Shaolin Soccer

  1. haiqa said: 4. Pukulan2 atau jurus2 yang dipake, terlalu berlebihan dan tidak masuk akal. Ada yang salto, melayang bahkan terbang. Trus ada juga yang pake tenaga dalem, serasa lagi liat Goku bertarung dengan Bejita di Dragon ball.

    merhatiin aje nih ampe etail-detailnya…ho oh…nih manganya emang best seller, tapi kenapa ya, baca depan manga-nya aja koq udah gak tertarik. Makanya gak dilanjutin. Padahal baru baca dua lembar aja lho!!!!!*lagi muales kali ya…waktu itu!!!!*Mungkin karena ini adalah film bukan drama, jadi banyak detail yang kurang diperhatikan oleh sang sutradara!Kalo drama kan syutingnya rada lamaan, kalo film kan bentaran….Tau ah!!!gak ngerti jalan cerita neh pelem!!!!

  2. Kalo gw malahan ngakak nonton filem ini. Sebetul nya nih filem ga maksud ngelucu. Tapi karena ga mungkin gw malah jadi ngakak.Sebetulnya banyak adegan di dorama yang dibuat sangat komikal dan agak berlebihan dengan maksud memancing tawa. Seperti My boss my hero, Mukodono atau bahkan Nodame Cantabile.Khusus untuk filem ini, kalo emang maksutnya memancing tawa, berarti ni filem gagal total!!!Soale ga ada sama sekali unsur2 humor dalam filem ini.Gw setuju ama Fiya, ini filem jelek banget!!!!

  3. komiknya bagus kok (menurut saya ^ ^ )karakter personil2 tim seigaku lebih jelas n tergali n bikin kita naksir ^ ^d live act nya ini jd terkesan aneh n nanggung krn mgkn terbatas sama durasijadi kerasa bgt cerita disingkat2 g jelas…kayak filmnya harry potter yg singkat padat n walhasil garing (menurut saya)beda banget dgn baca bukunya yg kerasa nikmat

  4. haiqa said: *Tumben banget orang Jepang bikin pilem yang ga merhatiin detail2nya*

    Berhubung saya lagi suka banget sama POT (sama anime-nya lho!), ikutan komen ya. Topiknya udah basi sih, tapi nggak apa deh. ^_^. Untuk poin-poin di atas, itu semua memang bagian dari ceritanya (baik manga maupun anime) yang ceritanya nih … bisa bikin orang-orang terkagum-kagum (karena bisa main dengan tangan kanan dan kiri yang ceritanya itu memang teknik yang legendaris, terus cara megang raket yang aneh-aneh, dan teknik tiap orang beda-beda).Emang susahnya diangkat ke layar lebar, adalah karena emang tokohnya banyak buanget karena musuhnya dari berbagai sekolah dan semua punya cerita masing-masing.Saranku sih … mendingan baca manga-nya atau nonton anime-nya sekalian. Jauuuuuh lebih kereeen. Semua karakter lebih tergali, jadi bisa ngeh kenapa si ini begini, persahabatan mereka lebih berasa dan bisa bikin ketawa geli, penasaran dan fighting spiritnya lebih berasa!Film ini cuma buat ngeliat Kanata Hongo dan Yuu Shirota (meskipun lagi-lagi harus bilang akting mereka di sini juga garing). Pendapatku juga sama, film ini garrrrrrriiiiiiiiiing … mengecewakan buat penggemar POT.😦

  5. direfresh said: bisa bikin orang-orang terkagum-kagum (karena bisa main dengan tangan kanan dan kiri yang ceritanya itu memang teknik yang legendaris, terus cara megang raket yang aneh-aneh, dan teknik tiap orang beda-beda).

    iya, tapi kalo di suatu pertandingan ga boleh ganti2 tangan pemegang raketnya.Bisa didiskualifikasi. *itu kan udah peraturan tennis internationalnya*Coba kalo mau nyeritain kemampuan bisa megang raket kanan ama kiri, jangan ditaro di adegan pertandingan.Biar orang yang tau peraturan ga langsung eneg nontonnya.

  6. Embeeer. Iya, papa saya juga bilang gitu waktu nggak sengaja ikutan nonton, tapi karena waktu itu pas nonton anime-nya, beliau lalu cuma komentar, “Yah, namanya kartun ya. Jadi khayal banget.”Jadi emang mendingan nonton anime ato baca manga-nya. Yang gak mungkin jadi agak termaafkan. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s