[J-Dorama] IRYU : Belahlah Dadaku

Diangkat dari cerita manga Iryu Team Medical Dragon, adalah dorama paling keren yang pernah saya tonton. Adegan2 operasi jantung dengan skil tinggi yang diperlihatkan hebat2 banget, and alurnya yang bikin deg2an di setiap episode. Nggak heran dorama ini meraih penghargaan sebagai Drama terbaik dan penyutradaraan terbaik pada 49th Television Drama Academy Award tahun 2006.

Awalnya saya males nonton film ini, secara ini film tentang kedokteran dan khususnya bedah jantung, saya pikir akan banyak istilah2 medis yang sulit dimengerti. Apalagi DVD yang saya beli, subtitle-nya bhs Malay (ga ada bhs Indonesianya). Alhasil dorama ini terlantar beberapa bulan di atas tv saya. Tapi ternyata istilah2 medis yang digunakan dijelaskan secara sederhana (dengan menggunakan skematik) sehingga orang yang awam sekalipun bisa mengerti.

Bercerita tentang sekelompok dokter & paramedic dipimpin oleh Dr. Asada Ryutaro (Sakaguchi Kenji), dalam mempersiapkan operasi bedah jantung yang paling sulit yang disebut sebagai Batista Operation. Operasi ini resiko kegagalannya sangat tinggi, sehingga jarang sekali rumah sakit di Jepang yang mau melakukannya, karena kredibilitas RS dan tenaga medisnya dipertaruhkan.

Adalah Dr. Katou Akira (Inamori Izumi), yang berambisi meraih gelar profesor, yang mau mengambil resiko untuk melakukan operasi ini. Dr Katou memanfaatkan kejeniusan Dr Asada, yang selama ini kurang populer dikalangan dokter2 elit di Jepang. Banyak hambatan yang harus mereka lalui, mulai dari sesama kolega dokter, internal managemen RS hingga dari pihak RS saingan. Kemudian di pertengahan dorama, mulai terlihat siapa musuh sebenarnya.

Tidak seperti umumnya J-dorama yang sering menyelipkan romantisme terselubung, dorama ini sama sekali tidak menyisakan ruang untuk adegan romantis ataupun kisah cinta tersembunyi. Yang menonjol justru sisi2 humanis dari seorang dokter yang ambisius dan sibuk mengejar karier, sehingga lupa tujuan awalnya menjadi seorang dokter.

Dorama ini tidak saya rekomendasikan untuk orang2 yang tidak tahan melihat darah, karena adegan darah muncrat sampai ke muka dokter cukup sering digambarkan, atau pembelahan dada dengan pisau bedah diperlihatkan dengan jelas. Bahkan adegan ngobok2 jantung yang masih berdenyut aja, bikin saya miris dan merinding.

Kesan yang saya dapat setelah nonton dorama ini, kalo saja di dunia ini masih banyak dokter2 idealis seperti Dr. Asada dan teman2nya. Kita ga perlu mencari pengobatan alternatif yang sering kali malah menjebak kita dalam kemusyrikan. Apalagi kalo dokter nya ganteng2 seperti tim naga ini. Walaupun ga sakit jantung, gw mau kok diobatin jantung gw sama Dr. Asada. *Dr. Asada…..!!! Kenapa detak jantungku ga beraturan kalo ngeliat dokter ya???? Tolong dokter, belah aja dada gw!*

Lima jempol deh untuk dorama yang satu ini. SAIKO!!!!

21 thoughts on “[J-Dorama] IRYU : Belahlah Dadaku

  1. Aku termasuk orang yang gak senang ngeliat darah apalagi klo ada bagian operasi tubuh manusia, ngeri ngeliatnya, serasa tubuh sendiri yang dioperasi. Berarti aku gak bisa nonton film ini dong….😀

  2. Hmmhh…masih tergeletak rapi di rak dvd, belum sempet ditonton…padahal belinya udah sebulan yang lalu…;)) Kalau baca resensinya Fiya….kayaknya nggak nyesel deh beli dorama ini.

  3. @ xoxolea : Episode pertama aja udah liat darah muncrat kemuka dokter na. Gw langsung ngek! Tapi selanjutnya sih jadi terbiasa.@yokatta : Nonton deh! Paling enak pas weekend. Jadi bisa nyambung terus.

  4. ehmm jujur aza..liat orang disuntik aza aq ngeri hehehe..cuma kemaren nonton scrubs, ada adegan operasinya aq membranikan diri nonton lo..tapi kalo yang 1 ini..ehmm ntar dulu deh..

  5. haiqa said: Episode pertama aja udah liat darah muncrat kemuka dokter na. Gw langsung ngek! Tapi selanjutnya sih jadi terbiasa.

    Wah-wah, sudah bisa kerja sampingan jadi tukang sembelih kurban nih.. xixixi

  6. laruto said: Wah-wah, sudah bisa kerja sampingan jadi tukang sembelih kurban nih.. xixixi

    Kalo sebagai pelaku sih belon bisa. Masih sebatas penonton ajah. he…he..he…

  7. : gw kasih 5 bintang di review gw. Abis ni dorama beyond my expectation deh!Udah baca review gw ttg IRYU kan?Udah, nah kan gara2 baca reviewnya mba Haiqa ini makanya aku jadi beli dorama ini.Arigatou

  8. TUNGGU….ini mas yang maen jadi yamato hotta bukan sih?iya ya???ya ampyun…okemasuk list…aduh listku kok nambah panjang??kapan nontonnya???tugas kuliahku…kerjaan kantorku..haduhracun deh,,,,

  9. he eh.. udah donk.. dari tahun lalu malah .. he he btw yang seri ke 2 nya juga udah nontonberulang ulang malah ku tonton…huuumm sayang ke Iryu 2 Kirishima sensei munculnya dikiiit bgtUchida Yuki (yang jadi Kataoka) cantik bgt disitu

  10. haiqa said: di iryu 2 kirishima sensei jd baik ya. walo tetep banci pujian.

    iya yaah.. bener tetep banci pujian.. waktu sukses operasi yang ditonton ntutetep stylish juga.. he he… Asada-sensei tetep ngegemesin juga.. duuh punya dokter sekeren ntu

Leave a Reply

