[Live Action Movie] Detective Conan : Nangka Banget!!

Awalnya saya excited banged waktu lihat Detective Conan : Challenge Letter to Shinichi ini di abang2 penjual DVD bajakan di ITC ambassador. Kesuksesan manga dan animenya yang setiap minggu pagi menjadi tontonan wajib bagi saya, memancing keingintahuan saya bagaimana bentuk live action nya. Tapi jujurly, J-movie ini agak jauh dari harapan.

Setting ceritanya dibuat sebelum Kudo Shinichi berubah menjadi Edogawa Conan. Kudo adalah siswa SMU yang sangat tertarik dengan dunia perdetektipan dan sering membantu kepolisian kota Tokyo dalam memecahkan kasus. Kudo punya teman dekat dari kecil yaitu Mouri Ran, yang ayahnya Mouri Kogoro, adalah detektif asal2an, yang sering kali hanya menangani kasus2 kecil. Suatu hari Kudo mendapat surat tantangan yang kemudian melibatkan ketiga orang diatas dalam serangkaian peristiwa penculikan.

Meskipun jalan ceritanya Aoyama-sensei banget, tapi kok kesan misterinya ga terasa. Ceritanya jadi mirip cerita anak SMU biasa saja, bukan cerita detektif. Kasusnya ga begitu seru, malah cenderung membosankan. Jadi kesannya nangka banged *Nanggung…. Kakak* Bahkan tidak seperti cerita animenya, penjahat di movie ini sangat mudah ditebak.

Yang paling menonjol adalah casting nya yang kurang pas dengan image yang ada di manga bahkan di animenya. Oguri Shun yang memerankan Kudo Shinichi, jauh banget dari kesan PD dan angkuh yang jadi ciri khas Kudo (Oguri sepertinya terjebak dengan karakter Rui di HYD). Pemeran Mouri Ran (Kurokawa Tomoka) juga kurang pas dengan image Ran yang tomboy, keras hati dan jago karate. * Kalo menurut saya, akan lebih baik kalo Aragaki Yui (yang jadi Umemura Hikari di My boss my hero) yang menjadi Ran* Dan yang paling mis-casting adalah Inspektur Megure (Nishimura Masahiko) yang tampak konyol dengan perut gendut buatannya. Yang paling pas adalah pemeran Mouri Kogoro (Jinnai Takanori), yang mirip sekali dengan karakter manga nya.

Live action movie (tanpatsu) ini dibuat dalam rangka peringatan 10 tahun pemunculan anime Detective Conan di tv. Dibuat berdasarkan manga populer karya Aoyama Gosho. Ditayangkan di YTV pada bulan Oktober 2006 dengan durasi 108 menit. Melihat tagline nya yang berbunyi Sayonara made no prologue (The Goodbye Prologue) membuat saya berpikir akan dibuat versi doramanya. *mmmh jadi penasaran siapa yang akan jadi Conan ya???*

Eniwei, filem ini masih bisa dijadikan alternatif tontonan sebagai hiburan. Untuk yang tidak terlalu ngefans dengan versi manga atau animenya, alur cerita live action nya ini masih menarik untuk ikutan menebak triknya. Tapi diluar itu J-Movie ini biasa saja.

9 thoughts on “[Live Action Movie] Detective Conan : Nangka Banget!!

  1. @laruto : Chubby, kurang tinggi, agak cengeng dan kesannya klemer2 gitu.@Ratih : Udah agak lama. Tadinya males bikin review nya tapi Sisilia, nanyain terus. Jadi dibuat deh!

  2. haiqa said: Tadinya males bikin review nya tapi Sisilia, nanyain terus. Jadi dibuat deh!

    Iya.. Aku juga nonton, tapi karena tidak rutin mengikutinya gak bisa bikin reviewnya… hehehehe….

  3. yach..keduluan deh ma Fiya..hehehe..emang sih..masi bagusan manga n animenya..[cuma klo animenya suka ktinggalan juga hehehe…]ran nya beda bgt..shinichinya lumayan lah..cuma penyelesaian kasusnya ga terlalu heboh.but aq suka seh..baru itu aza ya live actionnya?

  4. Widhi, gapapa kan kalo dirimu juga nulis review na.Siapa tau aja beda dan ada yang belon gw sampein.Isi kepala orang kan laen2. Ok?Ganbare masu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s