[J-Dorama] Kindaichi Shonen no Jikenbo 3 : Dorama debutan MJ

Diadaptasi dari manga terkenal Detektif Kindaichi karya Sato Fumiya merupakan dorama sekuel ketiga yang pernah dibuat. Kali ini dibintangi oleh Matsumoto Jun sebagai Kindaichi Hajime, seorang murid SMU yang memiliki IQ 180 dan ketajaman insting dalam menganalisa kasus pembunuhan.

Meskipun bisa dikatagorikan dalam genre misteri, dorama ini masih mengandung romantisme terselubung yang jadi ciri khas cerita komik Jepang. Kindaichi bersahabat dengan Nanase Miyuki (Suzuki Ane) dari kecil. Rupanya ikatan hati mereka lebih dari sekedar sahabat. Kekhawatiran Miyuki saat Kindaichi dalam bahaya, perhatian Kindaichi pada kondisi Miyuki walaupun terkesan samar tapi masih dapat dirasakan oleh penonton.

Diproduksi tahun 2001, dorama ini terdiri dari 9 episode dengan 6 kasus pembunuhan terpisah yang tidak saling berkaitan. Mungkin ini lebih tepat disebut sebagai Mini Seri dari pada dorama. Dituturkan dengan gaya lugas diiringi penjelasan melalui narasi2 baik dari sisi Kindaichi maupun Miyuki.

Sebenernya 2 prekuel sebelumnya diproduksi tahun 1995 dan 1996, Kindaichi diperankan oleh Dohmoto Tsuyoshi dan kemudian pada tahun 2005 Kindaichi episode special diperankan oleh Kamenashi Kazuya. Dari ketiga orang itu, menurut saya Matsujun paling berhasil memerankan tokoh Kindaichi secara menarik (tapi ini pendapat pribadi yang subyektif banget).

Lagi2 saya terkesan oleh aktingnya MJ. Dia berhasil mengadaptasi sikap konyol Kindaichi versi komik menjadi lebih manusiawi dan lucu. Saya suka sekali liat penampilan Jun disini. Kaos polo, celana safari atau kemeja sporty kayaknya cocok banget sama image remaja 18 tahun. Belum lagi gaya rambutnya yang seperti ekor burung, bikin Jun tambah ganteng.

Setelah menonton Gokusen, Kimi wa Petto, HYD, Tokyo Tower, Propose dan Kindaichi saya bisa melihat perubahan fisik Jun dari waktu ke waktu. Di Kindaichi kelihatan kalo Jun punya gigi gingsul tapi di HYD giginya sudah lebih rata. Rupanya kawat gigi yang dipakai dari kecil sudah menunjukkan hasil. Selain itu, di Kimi wa Petto, Jun kelihatan masih pendek tapi di Propose dia tampak lebih tinggi. Mungkin banyak usaha yang dilakukan untuk menambah tinggi badannya.

Sedikit kekurangan teknis yang mengganggu kenikmatan menonton dorama ini adalah penataan cahaya nya yang tidak maksimal membuat adegan2 dalam ruangan jadi terkesan gelap. Ato ini disengaja untuk menimbulkan kesan misterius?

Ada gossip seputar dorama ini, kalo Jun’s real first kiss terjadi disini. Awalnya Jun ragu sampe nanya ke sutradara haruskah dia menciumnya beneran? Dan ternyata emang dicium beneran ama Jun.
Heeeeeeeeeee who was the lucky lady?
Bikin ngiri aja.

9 thoughts on “[J-Dorama] Kindaichi Shonen no Jikenbo 3 : Dorama debutan MJ

  1. ng……. gw sih ttp lbh suka versi si kamegaya tengil, sok playboy, dan sisi bandel kindaichi bisa pas kyk di komiknyatrus, pas serius juga gak terkesan di-bikin2gomen yee, fansnya MJ……huehehehehehehe

  2. Hai…gw juga dah denger tentang film jepang yang satu ini, but gw cari ne film susah banget…qra2 cari dimana ya?….yang banyak beredar cuma kindaichi versi KAME doank….

  3. iyah. ini tayang taun 2001.Matsujun masih imut banget. 18 tahun kaliKalo aiko mo cari, di Doramalover aja. Tapi mesti beli ga bisa donlot.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s