[J-Dorama] Tiger and Dragon : Cowok Banget

Awalnya saya sulit mencerna dorama ini.Mengangkat tema tentang kebudayaan klasik Jepang, Rokugo yang tidak terkenal di dunia Internasional. Saya terpaksa menghentikan nonton episode pertamanya, untuk melakukan googling tentang Rokugo sebelum melanjutkan kembali menonton dorama ini.

Rokugo menurut Wikipedia adalah a Japanese entertainment form based on comical monologues. Pendongeng (story teller) duduk di bantal besar (zabuton), tanpa beranjak dari tempatnya, menceritakan sebuah cerita komik yang panjang dan kompleks. Biasanya sih tokoh ceritanya satu atau dua orang, yang dialognya dilakukan oleh story teller itu sendiri, dengan perbedaan aksen, nada, suara atau gerakan kepala. Alat bantu yang biasa digunakan hanyalah sepotong kertas, kipas atau saputangan.

Yamazaki Kotora (Nagase Tomoya) seorang yang dibesarkan di keluarga Yakuza, tertarik mempelajari Rokugo dari Hayashiyatei Donbei yang legendaris. Donbei sendiri mempunyai anak yang sebetulnya sangat berbakat dalam Rokugo tapi malah ingin menjadi pengusaha pakaian anak muda. Hayashiyatei Ryuji (Okada Junichi) membuat ayahnya berhutang kepada keluarga Yakuza untuk memodali usaha membuka tokonya. Disitulah awal mulanya mereka berkenalan dan kemudian bersahabat.

Kotora dan Ryuji atau Tora to Ryu (Tiger and Dragon) sama2 berjuang mewujudkan impian masing2.Tora sering menjadikan kisah hidup Ryu (yang berjuang mewujudkan mimpi jadi funky designer) sebagai bahan cerita pada pertunjukan Rokugo versinya yakuza yang berbeda dengan cerita2 klasik pada umumnya. Ketika Tora tidak bisa lagi meneruskan impiannya ini, maka Ryu pun menjadi Rokugo dan menceritakan kehidupan Tora.

Walaupun rating dorama ini di Jepang tidak terlalu bagus, tapi dorama ini menyabet gelar The Best Dorama di Musim semi 2005, selain skenario terbaik karya Kudo Kankuro. Tomoya Nagase sendiri meraih best aktor, kombinasi akting Nagase Tomoya yang sangar, macho dan konyol serta Okada Junichi yang ganteng, polos dan rada baka, membuat dorama ini lucu sekaligus touching.

Dua bintang dengan karakter akting yang kuat, Tomoya sekali lagi jadi yakuza, tapi kali ini dia tidak sekonyol di My boss my hero. Okada kun seperti nya memang specialist karakter polos dan baka. Interaksi antara mereka berdua menghasilkan adegan2 konyol yang cerdas, menyentuh dan asyik untuk dinikmati. Dialog2nya juga segar dan menggelitik.

Dorama ini ga cuman asyik dinikmati oleh ibu2 atau para wanita, karena kesan yang saya tangkep ”cowok banget”. Overall, a great drama.

19 thoughts on “[J-Dorama] Tiger and Dragon : Cowok Banget

  1. Bukan. Gara2 menurut DL dan wikipedia ada MJ.Tapi MJ na ga keliatan sampe akhir episode….hiks..hiks…Eniwei ga mengecewakan kok. aq juga suka 2 cowok itu.

  2. akhirnya ada yang menyukai film ini,cos temen2q ga da yg suka ktny terlalu monotonmenurutq adegan yang paling mengharukan dimana Kotora mengorbankan diriny untuk menyelamatkan geng yakuzany……..kweren…abizzzzzzzzzdia meninggalkan gelar yang bakal dikasih ma guruny…..hu…hu…hu….

  3. Ann Ratna, ntar ku uplot lagu ending na deh…Btw, di Tiger n Dragon nemu Matsumoto Jun ga?Jadi apa seh dia? udah 2 kali nonton belon ketemu aja….

  4. Yang jadi Ryuhei kakakna Ryuji. itu yang pelawak make rambut palsu keriting.Gw ngenes banget pas liat Ryuji & Tora menemukan Ryuhei/Donta lagi sembunyi dideket tempat sampah dan makan makanan yang udah dibuang…Hiks… tatapan mata ijun yang menderita liat kakakna begitu, bener2 bikin ngenes!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s