10 Cara Asyik Jadi Harry Potter Freaks

Dari Kompas dot com 22 Juli 2005

Sebagian dari kita mungkin sudah jadi Harry Potter Freaks, yaitu fans berat Harry Potter dengan dunia ajaibnya. Sebagian lagi mungkin pengin banget jadi Harry Potter Freaks, tapi belum kesampaian. Entah itu gara-gara belum selesai baca bukunya, ketinggalan nonton filmnya, atau belum sempat mengoleksi merchandise-nya. Tapi jangan takut, belum ketinggalan kok menjadi seorang Harry Potter Freaks. Ada contekannya nih!

1. Baca dan koleksi bukunya

Ini syarat paling utama kalau ingin jadi Harry Potter Freaks. Tokoh Harry Potter ini kan aslinya memang tercipta dalam buku karangan JK Rowling. Sampai sekarang sudah ada enam buku yang terbit. Kalau baca, mesti teratur dari buku satu ke buku berikutnya, soalnya kan ceritanya bersambung terus. Kalau sampai lompat satu buku, misalnya, mustahil kita bakal paham isi buku berikutnya.

Mau baca bahasa Indonesia atau bahasa Inggris enggak masalah, yang penting kita pilih yang bikin kita enjoy bacanya. Kalau perlu malah baca dua-duanya. Soalnya, ada sejumlah kata, istilah, atau nama yang lebih lucu kalau kita baca di versi Inggris-nya. Masih ingat buku-buku yang harus dimiliki Harry Potter cs ketika diajar oleh Profesor Gilderoy Lockhart di buku kedua, Harry Potter and The Chamber of Secrets? Ada Travels With Trolls, Voyages With Vampire, Wandering With Werewolves, dan lain-lain. JK Rowling memang punya keahlian khusus bikin kata-kata yang rimanya sama di awal atau di akhir kata untuk dijadikan nama, dan ini bakal beda kalau sudah diterjemahkan ke dalam versi bahasa Indonesia.

*yang ini seh banyak yang melakukannya, termasuk gw*

2. Bikin kutipan favorit

Kalau baca buku Harry Potter, banyak banget kata yang inspiratif dan menggugah. Dari isu-isu persahabatan, keberanian, sampai mengakui kesalahan. Masih ingat apa yang dikatakan Profesor Dumbledore kepada Neville Longbottom karena keberaniannya menghalangi Harry, Ron, dan Hermione yang nekat melanggar peraturan untuk mencari batu bertuah di buku pertama Harry Potter and The Sorcerer’s Stone? ”It takes a great deal of bravery to stand up to our enemies, but just as much (bravery) to stand up to our friends.” Artinya adalah: perlu banyak keberanian untuk menghadapi lawan, tapi diperlukan keberanian yang sama banyaknya untuk menghadapi teman-teman kita sendiri.

Kutipan yang asyik juga enggak selalu yang filosofis, yang kocak-kocak juga banyak. Masih ingat kata-kata Hermione kepada Ron dan Harry yang dianggapnya punya hobi melanggar peraturan di buku pertama? ”If you two don’t mind, I’m going to bed before either of you come up with another clever idea to get us killed!…or worse EXPELLED!” Ck-ck-ck, Hermione yang genius menganggap dikeluarkan dari Hogwarts itu lebih parah dari kematian, hi-hi-hi!

*Yang gw kutip di halaman muka MP gw dari buku ke 7 HP yang akan terbit, wew*

3. Nonton dan mengoleksi filmnya

Pasti tahu kalau serial Harry Potter sudah dibuat filmnya oleh Warner Bros Studio. Nah, sampai sekarang sudah tiga serial buku yang diangkat ke layar lebar, yaitu Harry Potter and The Sorcerer’s Stone, Harry Potter and The Chamber of Secrets, dan Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (film keempat, Harry Potter and The Goblet of Fire, sedang dalam proses editing dan bakal dirilis sekitar bulan November 2005). Sempat atau enggak menonton versi layar lebarnya di bioskop dulu, boleh juga sekarang mulai mengoleksi film-film ini dalam bentuk VCD atau kalau punya uang lebih, DVD.

*Gw berusaha untuk selalu menonton dan mengkoleksi VCD/DVD*

Kalau sudah nonton, bisa mulai bikin daftar adegan-adegan favorit. Di film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban, misalnya, pertarungan Harry melawan Dementor untuk melindungi Sirius Black di pinggir danau Hogwarts berhasil menggabungkan nuansa tegang, serem, dan sedih sekaligus.

Masih ada satu lagi nih, film Harry Potter juga punya original score alias musik pengiring asli hasil karya komposer terkenal, John Williams. Jadi, untuk menghadirkan nuansa Harry Potter meskipun sedang enggak nonton filmnya, kita bisa setel kaset atau CD-nya di kamar kita.

4. Bikin daftar perbedaan antara buku dan film

Semua penggemar Harry Potter tahu, antara buku dan film enggak sama 100 persen. Dan sebagai Harry Potter Freaks, kita juga perlu tahu dong. Perbedaan-perbedaan ini mungkin enggak selalu soal hal-hal yang prinsipiil karena pihak Warner Bros Pictures membuat film dengan pengawasan penuh dari JK Rowling. Lebih banyak mungkin adalah penghilangan sejumlah cerita di buku karena film punya batasan waktu sehingga enggak bisa memuat semua adegan yang ada di buku.

Daftar ini bisa kita buka dengan luka berbentuk kilatan di kening Harry Potter. Di dalam buku memang enggak ditulis secara kata per kata soal lokasi luka Harry, tapi di sampul buku Harry Potter and The Sorcerer’s Stone bisa kita lihat luka ini terlihat tepat di tengah kening Harry. Tapi banyak terjadi perdebatan begitu film Harry Potter pertama ini nongol, karena di situ diperlihatkan luka Harry ada di kening sebelah kanan Harry.

Yang lumayan penting mungkin waktu Harry, Hermione, dan Ron lagi berjuang mendapatkan batu bertuah dengan melalui berbagai tes di tahun pertama mereka di Hogwarts. Di dalam buku, ada lima tes yang harus mereka lalui, tapi yang ada di film cuma empat tes. Bagian yang dihilangkan adalah tes kelima, yaitu Harry dan Hermione yang harus memecahkan teka-teki ramuan demi bisa membuka pintu ke ruang batu bertuah. Hayo, tambah terus daftar ini!

*Ih,… Cape deh. Kerajinan Banged!*

5. Main games-nya

Mau ikut berpetualang bareng Harry dan teman-teman? Bisa banget. Apa pun games yang kita punya, dari Nintendo, playstation, sampai X-Box, ada games Harry Potter-nya. Biasanya, setiap seri games mengikuti filmnya. Di games Harry Potter and The Sorcerer’s Stone, misalnya, kita harus menyelesaikan misi main Quidditch, mengejar hantu Peeves demi mendapatkan barang Harry yang dicuri, mengumpulkan kacang Bertie Botts, sampai mengalahkan Voldemort sebagai misi terakhir. Wahhh, kita jadi penyihir sungguhan nih!

*Gw udah tamat semua games na Harry Potter yang versi PS, ;p*

6. Koleksi merchandise-nya

Di Indonesia, lisensi merchandise asli Harry Potter dipegang oleh Warner Bros Pictures sebagai pembuat film Harry Potter. Sejauh ini merchandise resmi yang udah dirilis adalah T-shirt, note-book, wrapping paper (kertas kado), standing character (patung kecil tokoh), syal khas asrama Hogwarts, kertas surat, poster, mug, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Sebagian benda ini bisa kita dapetin di toko buku tertentu atau saat peluncuran film atau buku Harry Potter. Tapi, kalau kita mau benda-benda yang lebih unik, kita bisa surfing di internet dan membeli dengan credit card. Dari kertas jubah, kacamata, tongkat sihir, pelapis dinding, jam tangan, sampai piyama ada lho!

*Sebenerna sih, gw pengen banged. Tapi masih mikir2 karena sayang duitna*

7. Ikutan milis dan klub Harry Potter

Pengin berinteraksi dengan para penggemar Harry Potter lain? Cara yang paling ampuh pasti ikutan milis atau klub Harry Potter yang ada di Indonesia ataupun di dunia. Kita bisa ngobrol apa aja dari A sampai Z tentang Harry
Potter. Untuk yang di Indonesia, misalnya, milis yang paling banyak anggotanya adalah indo-harrypotter@yahoogroups.com, harrypotterfansclubindonesia@yahoogroups.com. Asyiknya ikutan milis ini, kita bisa ikutan banyak acara seru, bisa beli buku Harry Potter dengan harga diskon, sampai bisa nitip merchandise kalau ada anggota milis yang jalan-jalan ke luar negeri. Asyik kan?

*Udah! Dari kapan tau! Dari sebelum HP dibuat filem he..he..he..*

8. Dandanin komputer kita

Tambah sreg nih kalau kita mendandani komputer kita dengan pernak-pernik Harry Potter, seperti wallpaper atau screensaver. Dua fasilitas ini bisa kita download di situs-situs resmi Harry Potter seperti harrypotter.warnerbros.com, http://www.scholastic.com, dan lain-lain.

*Laptop gw, mulai dari cover, wallpaper ampe screensaver na Harry Potter!*

Biar tambah seru, kita bisa juga bikin ID e-mail kita dengan nama-nama tokoh, tempat, atau benda-benda di dalam cerita Harry Potter. Tapi mesti pinter-pinter mengombinasikannya, soalnya sudah banyak orang yang pakai.

9. Bikin situs unik

Banyak banget situs fans Harry Potter di internet. Kalau kita punya keahlian bikin situs, kenapa enggak kita coba bikin situs fans Harry Potter. Biar enggak pasaran, ambil aja tema tertentu yang lebih spesifik. Contohnya kita bikin situs tentang semua makanan dan minuman yang ada di dalam cerita Harry Potter atau bisa juga tentang sistem mata uang di dunia sihir dengan bank Gringotts-nya, atau tentang segala macam binatang unik yang pernah ada di buku Harry Potter.

*ini kayakna mirip2 ama MP gw*

10. Menghafal mantra

Ini memang agak konyol, tapi asyik banget buat sekadar lucu-lucuan. Ada sejumlah mantra yang bisa ”seolah-olah” kita pakai. Sebelum membuka pintu lift, misalnya, kita ucapkan mantra ”Alohomora”, atau sebelum menyalakan lampu, kita ucapkan mantra ”Lumos”. Dengan sesama Harry Potter Freaks, bisa juga kita gunakan mantra-mantra lain sebagai bahasa rahasia dengan arti yang sudah disepakati, seperti ”Wingardium Leviosa” (mantra pengangkat benda), ”Petrificus Totalus” (mantra pengikat tangan dan kaki), ”Obliviate” (mantra penghapus memori), ”Riddikulus” (mantra untuk mengubah Boggart), sampai ”Expecto Patronum” (mantra untuk menghadirkan sosok pelindung).

*Kalo mo masuk lift mesti komat kamit baca mantra, kayakna kurang waras deh!*

So….. 7 eh 8 dari 10 nih!

Gw termasuk Harry Potter Freaks dong!!!

42 thoughts on “10 Cara Asyik Jadi Harry Potter Freaks

  1. haiqa said: Nah, sampai sekarang sudah tiga serial buku yang diangkat ke layar lebar, yaitu Harry Potter and The Sorcerer’s Stone, Harry Potter and The Chamber of Secrets, dan Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (film keempat, Harry Potter and The Goblet of Fire, sedang dalam proses editing dan bakal dirilis sekitar bulan November 2005).

    udah lewat nih mbak?

  2. aku suka ma HP, tapi gak sampe freaks gitu…jadi yang sudah aku lakukan adalah dari no.1-3 ama no.5 main di PS ama adikkujadi aku termasuk kategori apa dong?

  3. aku juga suka ama HP… tapi ga freaks banget sih…buku pasti baca… walopun ga beli…minjem tentunya… tapi jadi orang ke dua yang baca tuh buku sih!!! wkwkwkwkwkwkwk…..ikutan milis *dari jaman jadul* , ampe dikirimin kartu ucapan ultah pula pas ulang taun via imel..pernah maen games nya.. tapi ga tamat ajjja!!jadi apaan dunks???

  4. gomenasai sensei.. gue ga satupun yg complete, gue yg paling parah deh kyknya.. jgnkan baca bukunya, koleksi pernak-perniknya apalagi dandanin laptop ala harpot……. nonton harpot 2 (satu2nya harpot yg gue tonton di bioskop sampe skrg) pun ketiduran, gomen… gomen..

  5. mm..suka haRpot tp gak freak bgt kl yah !!Tp gw koleksi bukunya ntn filmnya ..koleksi VCD /DVDnya ( ada yg ori ada yg ngak ) pernah main gamesnya juga ( tp lama2x bosen hehe ) yah gitu doankk….tuh freak gak ? ^ – ^ yg pasti mau ntn premiernya bsk !!

  6. yah, cukup koleksi bukunya aja sihversi Indo DAN versi Inggris, hard cover versi adultho ho hoentah kenapa, gw gak minat sm sekali ngoleksi film2nya yg cuma bikin gw kecewa

  7. iya sihh filmnya gak memuaskan bgt !! TP teteb aja kaya pelengkap imaginasi kl baca bukunya utgnya gw dah baca bukunya dlan sih ………

  8. Gomene,aku beda nihI’m not a fans of HPFilmnya aja baru yg 1 yg kuliatyg 2,3,4 blmApalagi novelnyaBut, aku suka bgt ama Ema WatsonMaybe next time i’ll be fans of HPWho noe?Tapi tipsnya bisa dijadikan acuan buat yg ngefans ama sesuatu

  9. aku juga suka HP, tapi gak sampe versi freak..cuma baca dan nonton HP nya yang ga pernah absen…kec. untuk HP a half blood prince ini belum, nunggu filmnya dibuat aja..huehueue..

  10. Tatz (myverve) bacalah HP 6….. asyik banged!!! so mulai dari situ kemampuan analisa kita dipancing untuk berputar2 saling mengkaitkan antara buku 1 sampe 5.Walaupun endingnya cukup menyedihkan, tapi bikin penasaran untuk nunggu buku 7 nya.

  11. virtualcyber said: oooooHarry Potter,,,biasanya yang sukses – sukses gitu bakal dibunuh sama creatornya ,,he,,heseperti nasib Kira di Death Note hahahahahah (^^)V

    aahh…spoilerr…tidakkss..

  12. myverve said: aahh…spoilerr…tidakkss..

    Spoiler apaan….Belon tentu HP mati. *buku 7 na aja belon terbit*Di filem 5 yang mau tayang besok aja, ga ada cerita kalo HP mati.Tenang aja Tatz, enjoy nonton aja…

  13. gue jg baca bukunya, tp baru sampe buku ke lima doank!!!karena yg buku ke enam, gak sempet dibaca, keburu balik deh tuh buku ke Indonesia. dvd na sih gue koleksi dari atu sampe 4, karna yg 5 sampe 7 blm keluar dvd nya.oya, gue termasuk fans yg biasa aja kali ya?soalnya dvdnya itu sering gue puter ulang tapi gak pernah bosen. sampe hafal teksnya gue!kutipan fav?bener juga, gue jg cekikikan waktu Hermione bilang “if you two don’t mind, I’m going to bed before either of you come up with another clever idea to get us killed!…or worse EXPELLED!”pas abis dari koridor dilantai 3.hahaha….!

  14. kl aku suka banget sama HP. Tapi mungkin blm termasuk yg freaksAku ngumpulin bukunya dari 1 ~ 6, tapi versi Indonesia, trus beberapa buku yg berhubungan. koleksi movie 1 ~ 4, cm gak pernah beli yg DVD dan selalu ntn. Punya beberapa merchendise, ikutan forum, kadang2 juga dandanin kompi pake HP. Tapi kl hapalin mantra blm pernah😄

  15. Gw setuju sama sakurablue…. ga minat nonton filem2nya.Abis filem pertama nya HP ngantuk banget. So jadi ilfil buat nonton filem yang laen.

  16. Kalo mantra…..Pengen bisa mantra panggil Accio.Kan asyik tuh, kalo ketinggalan buku/hp/dompet ga perlu balik ke rumah, bisa dateng ndiri ke kampus wuzzzzz!

  17. aq suka bangget ma HP..tp ga sampe sgitunya seh…koleksi buku iya..tp kurang y no4..klo mo beli lupa mulu..tp koleksiku kmana ya sekarang..gara2 pindahan bukuku ga tau rimbanya..hiks…film nonton semua..cuma mo koleksi agak males..berhubung movienya dah mulai banyak..aq mo mulai nyari dvd/vcd-nya ahh..games?cuma skali mainkoleksi merchandise? belum tuh..milis?engga juga..apalin mantra??hehehe iya juga seh..cuma kok ga apal2 ya..sering lupanya kecuali lumos

  18. paling suka ma adegan ntah difilm nath dibuku..yaitu pengingat pesan..itulo yang neville sering dapet dr neneknya klo dia lupa..trus dimeja makan pesannya bakal meledak..huehehehe..ugghh seandainya ada..bakal sering tuh dapet..maluna..

  19. lutju kali ya klo ada howler..hehehe..tiba2 dikantor ada howler “hpmu ketinggalan…!!!!!” ato ” bayar kosan..” ato “bayar utang..”huehehhe maluna…

  20. :))kok gue jadi ikut ngebayangin juga Howler dateng kesini, “Pulang Ratih!!!!!!”Gimana gak mo pusing coba yang nerima Howler….It was horrible…*said Neville Longbottom!*

  21. indahlestari said: Howler dateng kesini, “Pulang Ratih!!!!!!”

    “Cepetan Kawin!!!” “Harus mau ama calon yg ibu sediain!”*nerusin isi howler nya*

  22. waaaaaaaaaa…………kalo gitu ogah pulang ah!!!!!Ratih bilang, “ini bukan jaman Siti Nurbaya lagi makkkk………!!!”wakakakkkkk…!itu bukan horrible lagi namanya….atuttt….!Tapi ada enaknya kalo punya Howler…ngepos surat gratis gak perlu bayar…wakakakakkkkk..!!!!

  23. Aku juga HarPot freak 100%! Bahkan, aku bisa lho, mempengaruhi temen-temenku yang tadinya males sama HarPot jadi cinta mati. Sampai dijuluki penyebar virus HarPot. He..he…Kayaknya aku bagus ditempatkan di bagian promosi.Lihat deh MPku, ada sountrack HarPotnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s