[J-Movies] Jidaigeki Genre : Samurai2 yang malang

Setelah selesai baca buku 47 Ronin karangan John Allyn, tau kenapa saya jadi ketagihan nonton film2 Jepang tentang kehidupan samurai. Tapi sayangnya, tidak seperti mitosnya yang heroik, film2 yang kemudian saya tonton menceritakan tentang samurai2 malang yang kurang beruntung dalam menjalani hidupnya sebagai samurai.

1. Chuusingura 1/47
Sebenerna saya sudah nonton film tv special ini sebelum baca buku itu, tetapi karena tema 47 Ronin sama dengan Chuusingura, so saya pun menonton ulang film drama yang dibintangi Takuya Kimura ini.

Ceritanya tentang Hirobe Yasube (Takuya Kimura) salah satu dari 47 samurai tak bertuan (Ronin) dari marga Ako yang berusaha menuntut balas kematian tuannya Asano Naganori (Shinichi Tsutsumi). Selama setahun Yasube terlunta2 menunggu perintah dari pemimpinnya Oishi Kuranosuke (Koichi Sato) untuk menyerang. Selama itu pula hidupnya menderita, tanpa status dan pekerjaan serta menjauhkan diri dari keluarga.

Film nya sendiri cukup menarik. Diproduksi tahun 2001 menampilkan bintang2 dorama yang beken seperti Takako Matsu, Eri Fukatsu, Satoshi Tsumabuki dan (ehm) Junichi Okada (yg baidewei masih muda dan cakep banget). Ceritanya sendiri diangkat dari drama Kabuki populer, mengambil sudut pandang yang berbeda dengan buku yang ditulis John Allyn. Bila bukunya menuturkan cerita dari sudut pandang Oishi Kuranosuke (the leader), sementara Chuusingura menceritakannya dari sisi Horibe Yasube, salah satu ronin.

Alur cerita mengalir cepat, adegan pertarungan tertata rapi, tapi yang mengganjal adalah cast pemeran2 nya. Entah kenapa saya merasa ga pas aja. Well, 3 bintang aja deh.

2. Hana Yori mo Nao
Karena baca reviewna taxcha tentang film ini, saya pun pesen sama Ichal untuk dicarikan. So, setelah nonton awalnya masih ngerti, tengah2 rada bingung dan endingna cukup suprising.

Souzaemon (Junichi Okada) penerus keluarga samurai miskin yang harus membalaskan dendam ayahnya agar bisa jadi keluarga samurai terhormat. Selama mencari pembunuh ayahnya Souza tinggal dikelompok pemain drama jalanan sambil mengajar menulis pada anak2 (pekerjaan yang disenanginya). Pada dasarnya Souza tidak suka bertarung, so waktu menemukan siapa pembunuh ayahnya, dia bingung dan mencari jalan keluar tanpa harus bertarung.

Saya setuju sama taxcha kalo Junichi ga cocok maen difilm ini. Kesannya kurang macho gitu, ga seperti peran dia di Chuusingura. Tapi aktingnya yang kuat cukup membuat film ini layak disimak. Mmmmmmm *sambil mikir* 2 bintang cukup.

3. Bushi no Ichibun (Love and Honor)
Sekali lagi, film na Kimutaku jadi Samurai ganteng. Kalo Chuusingura film tv special, maka Bushi no Ichibun ini untuk konsumsi Bioskop. Sebuah drama tentang cinta dan kehormatan yang harus diperjuangkan.

Mimura Shinnojo (Takuya Kimura) samurai yang jadi buta karena pengabdiannya pada kaisar. Ketidak mampuannya melihat membuat keluarganya mengalami kesulitan keuangan. Keadaan ini dimanfaatkan oleh seorang pejabat tinggi untuk memeras istrinya Kayo (Dan Rei). Waktu Mimura mengetahui hal ini, maka diapun berusaha membela kehormatan keluarganya.

Yah, standar cerita samurai sih. Tapi dikemas dengan cukup baik. Adegan Mimura yang buta bertarung dengan Shimada keren sekali!!! Dan seperti biasa, Kimutaku selalu jadi cowok yang sayang banged sama istrinya *kok beda ya ama gambaran umum orang Jepang yg sering semena2 sama istrinya*

Eniwei, saya suka ama jalan ceritanya, suka sama cast nya dan suka sama skenarionya. So, boleh lah dapet 3,5 bintang.

NB (NamBah) : Gambar ga nyambung ama film.

20 thoughts on “[J-Movies] Jidaigeki Genre : Samurai2 yang malang

  1. Chuusingura aq beli di doramalover neng. Lagian tuh pilem pan udah lama, pasti jarang bajakannya. Ichal, yang ronin (chuusingura) dah nonton kah?

  2. nomadeheart said: duh, pengen liat Kimutaku jadi samurai….

    Mel, pan ada poto na diatas….Tapi itu Kimutaku waktu jadi Oda Nobunaga (dorama taiga dia yang laen). Dia juga maen di Saiyuki.Sebenerna dia ga terlalu cakep kalo jadi samurai tapi gaya maen pedangna itu lo…..waduh…… mata & hati gw sakit! *ketusuk pedang*

  3. baru mo beli bukunya..kok nilainya pelit amat seh..kan jd males nontonnya..heheheanyway chal klo ke glodok nitip beliin filmna ya..:)

  4. widwod said: kok nilainya pelit amat seh..kan jd males nontonnya..hehehe

    Sebenerna sih film2 nya asyik buat diikutin.Apalagi buat yang suka filem klasik samuraiCuman ya itu, karena tipikal cerita Samurai yang selalu ada adegan harakiri dlsb, jadi ga ada yang baru/mengejutkan. Standar lah.

  5. Love and honor bagus. Tapi kimutakuna jadi bewokan…he..he..he…di Ambass dah banyak kok.Kalo chisunguura mah jarang banget. adanya di DL (doramalover) 3 disc.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s