Bagaimana Mempercantik MP

Karena banyak yang ngirim PM sama saya tentang bagaimana cara mempercantik halaman2 MP kita, saya jadi bingung menjelaskannya. Secara saya tidak punya latar belakang pendidikan mengenai web designer ataupun IT engineer, dan saya pun masih belajar secara otodidak melalui beberapa buku dan penjelasan beberapa teman saya, so saya minta maaf bila ada yang salah atau ga cocok.

Ok, langsung saja, sedikit tips untuk para pemula di dunia MP.

Kalo untuk halaman “Jurnal” Mp administrator sudah membuat halaman ini mudah digunakan seperti kita menulis dengan MS word atau pengolah kata yang lain, tinggal klik ikon2 yang ada diatas box untuk menulis jurnal. Ada untuk menebalkan huruf, mewarnai huruf, memasang gambar, membuat link hingga untuk mengirim file attachment.

So, saya rasa di halaman ini tidak akan ada masalah ya guys!!!

Yang agak sulit adalah untuk halaman2 lain seperti “review, music, link” atau bahkan di “replybox”. Di halaman ini kita perlu menggunakan code2 yang bisa dikenali komputer jika ingin merubah penampilan halaman kita. Code2 ini biasa kita sebut “bahasa HTML”.

Misalnya untuk membuat huruf tebal maka codenya adalah :

(b)……(/b) à note : ( dan ) diganti dengan < dan >

contoh “Nama saya (b)Haiqa(/b)” maka yang keluar adalah

“Nama saya Haiqa

demikian juga untuk huruf italic (i)…..(/i)

atau underline (u)…..(/u)

Sedangkan untuk mewarnai huruf gunakan code html

(font color=”yellow”)……..(/font)

Contoh : ”(font color=”yellow”)Matsumoto Jun(/font) adalah aktor favorit saya”

Maka jadinya adalah :

Matsumoto Jun adalah aktor favorit saya”

Demikian juga untuk warna2 lain seperti red, green, blue atau dengan menggunakan html color code yang bisa diliat di http://html-color-codes.com

Untuk membuat direct link, code html yang digunakan adalah :

(a href=”alamat web”)……(/a)

Contoh : “Saya sudah buat review ttg Death note, (a href=”http://haiqa.multiply.com/reviews/14)klik disini(/a)”

Maka jadinya adalah

“Saya sudah buat review ttg Death note, klik’>klik disini

Untuk memasang foto/gambar koleksi kita yang ada di
hardisk kompie kita, maka kita perlu menyimpan gambar itu di dunia maya, yang biasa disebut “Hosting”.

Media yang kita gunakan biasanya http://imageshack.us

Hosting dulu, foto kita di situs tersebut.

Lalu kita akan dapat kode2 sebagai berikut :

Lalu pilih yang untuk site dan ketik : ”Inilah Yayang saya”

(img src=”http://img224.imageshack.us/img224/6613/okadacq6.jpg”)

Maka akan keluar

”Inilah Yayang saya”

Code-code gambar dengan menggunakan Imageshack ini lah yang bisa kita gunakan untuk merubah tampilan halaman depan MP kita.

Ok! Selamat mencoba!

23 thoughts on “Bagaimana Mempercantik MP

  1. he..he..he.. Saya senang, kalo bisa berguna.Kalo masih ada yang kurang jelas. silahkan tanyakan disini *jangan di PM, ntar orang laen ga bisa tau juga* Mudah2an bisa saya jawab.

  2. haiqa said: jangan di PM, ntar orang laen ga bisa tau juga*

    xixixix … jadi tersungging nih …tapi makasih yaaa … dah ditolongin …ngga kapok donk …. besok-besok nanya lagi ….kan mak-mak nih yang nanya …

  3. Sakura chan udah pake tanda petik ” diantara alamat situs nya belum?Misalnya : “http://………………..” gitu. jangan lupa ditutup dengan (/a).Tanda ( diganti <Widi, uplot gambar bisa member bisa enggak. Kalo member, kita bisa make direct na berulang2.Tapi kalo enggak, cuman sekali aja.Motosuki, kalo file untuk donlot di halaman jurnal sih bisa diklik yang ada gambar klip.atau hosting file di sendspace atau megaupload, trus kasih aja linknya.Segitu dulu guys, Mumpung nemu warnet di Kuta

  4. henong said: xixixix … jadi tersungging nih …

    ups,.. sama.Kirain aq ajaMao tanya dunk, kalo ngerubah jenis huruf misalnya jadi huruf keriting gemana, mbak?

  5. Tenang aja Leia, Hen banyak juga kok yang laen nanya ini sama aku….Huruf keriting tuh apa??Mungkin maksudnya, Font family ya? Sebutin aja (font-family=”verdana”)saya mau pergi(/font)kalo mo ngebesarin huruf pake (font size=”3″)saya mau pergi(/font) besarnya huruf ga sama dengan di MS Word. misalnya untuk dapet arial 12, lu mesti nulis size na 2,5 gitu….

  6. erwinpane said: salam mas..thanks y, aku bynk bljr di MPnya…

    Ini maksutna gw??? yang punya blog???makasih kembali ….tapi gw cewe, Mas Erwin…Salam kenal juga

Leave a Reply

