[J-dorama] Nobuta wo Produce : Berbohong itu menyakitkan

Entah kenapa minggu lalu saya kangen untuk nonton dorama ini lagi. Inilah awal perkenalan saya dengan actor generasi baru dorama. Kalo dulu saya lebih suka nonton dorama2 nya Kimutaku dan 3 Takashi (Kassy, Kaneshiro atau Sorimachi) maka sejak nonton Nobuta saya mulai mengenal Kame, Yamapi dan Jyanis laennya.

Dorama ini sangat menarik, banyak adegan menyentuh dan membuat kita berpikir dalam2. Bagaimana kita menyelami pemikiran sahabat kita, bagaimana kita berusaha mengerti tentang perasaan sahabat kita, dan bagaimana kita mendukung sahabat kita dalam keadaan yang paling sulit. Sebuah dorama tentang persahabatan yang dikemas dengan manis tanpa menggurui.

Kiritani Shuuji (Kamenashi Kazuya) adalah cowok yang gak pernah menolak teman2nya, meskipun sebenernya dia tak suka. Dimintain tolong apapun atau diajak kemanapun, Shuuji ga pernah bisa nolak. Bahkan waktu teman2nya bilang dia pacaran dengan cewek paling cantik di sekolah (yang tidak dicintainya), dia ga bisa menolak. Memang hal itu membuatnya menjadi populer dikalangan teman dan guru, tapi juga menyiksanya karena sebenarnya dia tidak menikmatinya.

Ketika akhirna Shuuji bertemu dengan Kusano Akira (Yamapi) yang punya kecenderungan autis dan bersepakat untuk membuat Kotani Nobuko (Horikita Maki) yang sangat rendah diri menjadi cewek populer, Shuuji pun mengenal kata ”jujur pada diri sendiri” dan menyadari bahwa berbohong itu menyakitkan. Tapi ternyata ga mudah untuk jujur, meskipun hal ini membuatnya ketakutan, tapi Shuuji belajar untuk jujur dari kedua temannya itu dan merasa lebih bahagia.

Cerita mengalir dalam tempo sedang dan konsisten. Tidak terlalu lambat yang bisa menyebabkan cerita jadi membosankan dan tidak terlalu cepat sehingga cukup ruang untuk mengeksplorasi perasaan mereka. Cinta Akira terhadap Nobuta dan perasaan Akira pada Shuuji, serta sebaliknya digambarkan cukup baik. Persahabatan Shuuji – Akira – Nobuta akhirnya terbentuk dan melalui banyak hal yang sulit dan menyakitkan, tapi hal2 itu membuat persahabatan mereka lebih kuat dan dalam. Meski begitu tetap disisakan sedikit misteri yang membuat penonton asyik menganalisa bagaimana kelanjutan perkembangan perasaan mereka.

Well, dorama yang bercerita tentang persahabatan memang banyak, tapi yang memiliki pesan moral mendalam memang tidak banyak. Nobuta adalah salah satunya. Walau dikemas dengan citarasa popular dan sangat “ABG” tapi ceritanya sendiri cukup “mature”. Proses pendewasaan diri 3 remaja digambarkan dengan bagus dan wise, tanpa terasa menggurui.

Skenario yang bagus, penyutradaan yang baik dan acting pemain2 nya yang kuat, membuat dorama ini pantas jadi unggulan, hal ini bisa dilihat dari penghargaan best drama, best director, best script dan best music yang diraihnya dan rating nya di Jepang yang cukup baik. Tapi diluar semua itu dorama ini worth to watch kok!!!

18 thoughts on “[J-dorama] Nobuta wo Produce : Berbohong itu menyakitkan

  1. tapi kalo di dunia nyata fi ada yang bilangberbohong demi kebaikan ngga pa-pa kan ???pdhl teteup aja judulna bohong ya …lagi pula bohong itu dosa … nanti masuk neraka …itu kata guru ngajiku waktu kecil siiii ….

  2. ahhhh….AKIRA Shock!!……gue suka bangetttt…bangettt sama drama ini..karena Suuji to Akiranya chemstrynya dapet bgt..sampe bikin project album…Seishun Amigo…suka!!..bgt…drama kek gini yg gue gak dapet di drama korea…huehue..*langsung ngebayangin Yamapi-untung-dah-cukup-umur-hehehe*chon-chon…*gaya akira menjentikan jarinya*

  3. iya, waktu kapan hari gue ketemu pikku yamapi.. gue kirain ogurii.. eh waktu liat keterangannya ternyata bukan, ntar dicariin deh.. cute fotonya🙂

  4. mbak haiqanyadar ndaknih dorama banyak hal ndak penting nyawakakkakkakakkakaksoale kemaren2 temenQ abis re-runbukan nuntun nih film malah nyermatin hal2 ga pentingnyahohohohohohoh

  5. estyfeby said: suka banget ama akira…aneh liat shuuji…abis cowok kog alis na di tato :-pdoramanya bagus….lucu and agak skeptis

    asli yamapi keren banget disini walopun aga2 sinting (baru nonton neh hehehe….)…mang alisnya kame itu tatto ya??? betul twins…aneh banget, dari awal gw nonton gokusen 2 gw dah curiga, kok nih cowok alisnya bgitu banget…ternyata…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s