Penderitaan Jilid 3 : Happy Ending

Akhirna setelah berdingin2 selama satu minggu, datanglah hari yang cerah dengan matahari bersinar terang dan……………. nyaris ga ada angin *yata!!!!!* Gw bisa jalan2 dengan tenang tanpa perlu merapatkan jaket dan memakai syal tebal di muka gw. Memanfaatkan sisa waktu di Copenhagen sebelum berangkat sore harinya.

KK, bule temen kantor gw, dateng ke hotel dan mengusulkan kita buat naek sepeda keliling kota. I think it’s a good idea. Dan kami berempat (yang dari Bappenas) dengan semangat menyambutnya. Except for one small problem, which is I think I can’t ride a bike.

Well, sepeda keburu udah disewa 4 buah, maka para bos2 gw pun sibuk ngasih kursus singkat naek sepeda. Yang satu sibuk megangin belakang sepeda, yang satu ngasih aba2, pokoke heboh sureboh. Ketika akhirna gw bisa jalan lurus, mereka pun langsung cabut, dengan formasi ‘harus ada orang di belakang gw yang jagain gw’. Hiks jadi ga enak nih!

Di Copenhagen ada jalur khusus untuk sepeda, lengkap dengan lampu lalu lintas dan rambu2 khusus pengendara sepeda. Ternyata di Denmark ada SIM untuk pengendara sepeda. So basically, orang yang ga punya SIM sepeda dilarang mengendarai sepeda di jalan raya/jalur sepeda. Yang gw bingung, jangankan punya SIM, naek sepeda aja baru bisa…. gw makin grogi aja.

Di setiap perempatan jalan, kalo lampu lalu lintas sepeda sedang merah, saya setengah mati mengerem, dan begitu mulai mengayuh lagi juga terhuyung2. Pernah suatu ketika saya berada diurutan paling belakang, dan waktu lampu lalu lintas sudah hijau, saya ga berhasil juga menaiki sepeda itu, sampe lampu jadi merah lagi. Alhasil mereka pun harus menunggu saya di ujung jalan yang lain.

Secara yang jadi tour guide na adalah bule keturunan Denmark yang cintaaaa banget naek sepeda, so kita pun muterin hampir separuh dari kota Copenhagen. Panjang perjalanan yang ditempuh adalah 13 km. Yak benar! 13 KILOMETER. Sekalinya baru bisa naek sepeda udah menempuh perjalanan 13 km *please deh*. Dan hasilnya kedua paha saya pegeeeel banget! Saking pegelna sampe pas perjalanan menuju boarding room di Bandara, gw nyaris ga punya tenaga untuk menggerakkan kaki gw. Sakiiiiiiiit banget!!!!

Eniwei, diluar semua itu, petualangan gw ‘belajar’ naek sepeda di Copenhagen meninggalkan kesan mendalam. Udara segar *bau daun2 yang jatuh dari pohon*, pemandangan indah *kuningnya daun2 dan hijaunya rerumputan* serta bangunan2 tua berderet di sepanjang jalan memberi pengalaman baru yang sangat berharga. So semua penderitaan gw hari2 kemaren, terbayar deh!.

16 thoughts on “Penderitaan Jilid 3 : Happy Ending

  1. weks…13 KM naik sepeda mah kecil Fi……soalnya dulu gue juga sering naik sepeda…..gue juga pernah jalan kaki 10 KM loh!!!! *lebih capean mana?*Hah!gene hareee baru bisa naik sepda…ccckk…ckkkccc.kkkkk..masa kecil kurang bahagia yah????

  2. Arien, kesimbangan gw kan jelek banget!!!Segitu juga untung masih bisa jalan lurus. Sudah mengerahkan seluruh konsentrasi biar bisa stabil.

  3. tapi kalo baru belajar emang gitu kok Fi…gue aja waktu pertama kali belajar, sering nabrak tiang listrik…sampe ban sepeda depannya bengkok, plus bungsrut!!!tapi gak kapok….abis itu belajar naik motor langsung lancar…:DYang penting semangat belajarnya yah…..*tapi kalo udah balik Indo, sepeda gak bakal dipake, coz punya mobil kan?*

  4. jadi kangen cycling lagi… aku pernah dari maribaya ke itb bandung, terus balik jakarta lanjut lagi cycling di sentul, turunan yang sebelahnya adalah jurangmbak fi…. jadi iri mo naek sepeda di eropa, kata pak indra gak berasa capek naek sepeda di sana.kita lagi ngegosipin mbak fi diajarin naik sepeda hahahaha…

  5. Arien : Di Jakarta/Bandung ga punya sepeda. Dan ga ingin punya…. ;pIchal : Samaaaaaaaa!!!Moon : Apalagi gw?Esty : Silahkan aja kalo mo bawa sendiri sepedanaUchie : He..he..he.. Pak Indra paling hebohEsti : Lumayan sering keluar asep!!! (kayak gw lg ngerokok)Bunny : Pak Max sapa???

  6. hiks … bener fi … masa kecilnya kurang bahagia …masa ngga bisa naek sepeda … si zahra aja ke mang ferry ( tkg sayur ) pake sepeda … deket sih …

  7. henong said: si zahra aja ke mang ferry ( tkg sayur ) pake sepeda … deket sih …

    Keren amat nama tk sayur na…. he..he..he..Gw ada masalah dengan keseimbangan Hen, karena itu dari kecil emang ga bisa naek sepeda, sepatu roda atau ice skating.

Leave a Reply

