Carbon debt

Lagi iseng2 muterin area pameran di Nusa Dua Bali, tiba2 gw ditawarin oleh Mas2 penjaga booth nya Indonesia Power untuk menghitung hutang carbon saya. *Weks?? Maksut na apa tuh???.

Mas2 penjaga booth Indonesia Power disingkat MIP (yang btw lumayan ganteng juga)

MIP : Bu, mau coba ngitung hutang carbon Ibu, selama satu tahun?

Gw : Mmmm, maksutna apaan, mas.

MIP : Begini, kegiatan ibu sehari2 mengkonsumsi bahan bakar menyebabkan peningkatan jumlah carbon (CO2) di udara yang kemudian berdampak pada pemanasan global. Nah, teman2 kami dari Greeners, mencoba menghitung berapa carbon yang dihasilkan akibat kegiatan kita.

Gw : Apa seperti CDM??? (Clean Development Mechanism, suatu mekanisme jual beli karbon yang udah setahun ini gw pelajari, dan ga ngerti2 juga)

MIP : Mmmm mirip, tapi ini lebih bersifat personal. Coba aja minta dihitungin bu, ga ada salahnya kok.

Gw : Mmmm boleh deh! Ada softwarenya khusus ya?

MIP : Iya Bu, silahkan duduk.

So, gw pun duduk didepan mbak2 yang mengoperasikan laptop. Mbak2 ini ternyata dari LSM Greeners, Bandung.

Mbak dari Greeners (MG) : Maaf bu, sebelumnya saya mau tanya dulu hal2 yang bersifat kegiatan ibu sehari2.

MG : Ibu, menggunakan kendaraan pribadi ya?

Gw : Ga setiap hari sih, tapi lumayan sering.

MG : Kira2 kalo dirata2 sehari berapa liter?

Gw : mmm beli bensin 250rb seminggu, jadi 10 liter sehari deh.

MG : Kalo masak, pake LPG bu? Berapa banyak.

Gw : 1 tabung buat 2 bulan. (Gw pan jarang masak)

MG : Listrik di rumah ibu dayanya berapa?

Gw : 1300

MG : Tagihan tiap bulan rata2 berapa?

Gw : 150rb.

Terus mbak ini pun ngetik2 menginput data gw, dan keluarlah data yang mengejutkan……. 9.382 kgs.

Jadi gaya hidup gw yang tidak ramah lingkungan (bisa baca di jurnal gw tentang Greenlifestyle disini), ternyata menyumbang hampir 10rb kgs CO2 ke udara. Aduh!!!!

MG : Jadi bu, untuk mengurangi jumlah carbon yang sudah ibu hasilkan, sebaiknya ibu menanam 312 batang pohon tahun ini.

Gw : Weeeks???? Banyak betul!!!

33 thoughts on “Carbon debt

  1. 312 pohon? ayo tanam…tp tiap gue nanem pohon kok selalu mati ya wakakakakaka.kalo ijun suruh tanem pohon aja mba. abisan dia demen banget buka baju seh, kepanasan kali tuh. kalo banyak puun kan jadi adem wakakakaka

  2. pohon khan bisa apaan aja,kalo pohon toge khan bisa ke kejar tuch targetnya hehehedi sono gi heboh ama global warming ya mbak…..ehmm kalo ijun buka baju khan badannya oks BGTtp kalo ikuta toma yg buka baju kog jadinya kesian gitu abis tipis bener hehhee…(gue gi suka ama ikuta nech hehehe)

  3. Tau ga Cid, buntut nya orang2 itu nawarin gw untuk beli pohon. 1 batang 5 ribu perak. Kalo mesti dikaliin 312 …… wuih, banyak banget ya gw ngeluarin duit.

  4. astridchocolate said: jadi kira2 tiap satu hari tanam satu pohon mbak…untung gak harus bayar pake duitbtw kalo pohonnya kecil2 gimana?misal pohon toge gitu?????

    Gw tanya juga, bisa enggak kalo pohon yang bentuknya kayak rumput. Kt nya klo bisa yg bentuknya batang kayu gitu…..

  5. kudu beli satu hektar tanah dulu tuh teh hihihi..sukur gue.. ga punya kendaraan sendiri, ga pake lpg, ga ngerokok, ga.. apa lagi ye hihihi..berarti kudu nanem 1/2 batang puun aja😀

  6. jadi penasaran jg…utang puun ku ada berapa….???tapi….sama kaya Feb…. klu aku nanam jarang ada yang hidup tuch…lagi yang idup coba-coba dibersihan ajah… malah besoknya step………….ha..ha..ha..

  7. Rel, lu kirimin data ke gw aja, ntar gw tanyain sama si mbak yang jaga. Tagihan listrik lu brp/bulan, dayanya berapa.Trus gas/minyak tanah abis brp sebulan. Trus bensin berapagitu

  8. kan aq naek angkot..jadi utang pohonnya dibagi2 dunk ma orang 1 angkot hehehe..dulu aq bawa kaktus ke kos..hehehe lama2 koit juga tuh kaktus..

  9. wah bisa yah….kendaraan pribadi kaga punyapemakaian LPG bisa setahun baru abies…..(malas masak sieh lg tinggal sendiri so hemat nian)listrik daya 1300 bayar sebulan 80 ributrus karena aku sebel sampah suka diacak-acak orang…akhir-akhir ini bakar sampah sekali seminggu….alias nyumbang asap….wah… brp. yah utangnya…?

  10. widwod said: kan aq naek angkot..jadi utang pohonnya dibagi2 dunk ma orang 1 angkot hehehe..dulu aq bawa kaktus ke kos..hehehe lama2 koit juga tuh kaktus..

    Wid, kaktus aja bisa mati …… apalagi puun biasa yak?

  11. hi..hi..hi…getho deh..abies selesai menggoreng ada minyak sisa.. daripada disimpang kan lebih baik digunakan lagi bo… jadi bakar sampah… lumayan asap sampahnya jadi campur mah bau ikan asin….:p

  12. sebenarnya programnya buat tanam pohon ato cari sumbangan hehehehe….mbak ntar di sana aku mo ngitung hutang carbon juga ya….tapi yang bisa keitung cuman bensin doang dong… listrik ma gas kan nebeng n gak pernah tau abisnya berapa…

  13. Aniq, soal CDM tuh udah gw cari2 informasi di seluruh pelosok google dan yahoo. banyak website ttg itu sih tapi tetep aja ga begitu ngerti mekanismenya. hiks..hiks…Berarti gw emang belon bisa masuk kualifikasi team negotiator untuk global warming yak?

  14. haiqa said: Aniq, soal CDM tuh udah gw cari2 informasi di seluruh pelosok google dan yahoo. banyak website ttg itu sih tapi tetep aja ga begitu ngerti mekanismenya. hiks..hiks…Berarti gw emang belon bisa masuk kualifikasi team negotiator untuk global warming yak?

    masih ada waktu untuk belajar terus kan…. hehehesampek kapan di Bali? pengen nyusul niy.. tapi takutnya malah bengong… dibuka untuk umum nggak sih?

  15. itu dia, beritanya simpang siur. Gw aja mesti pake id card kalo mo masuk. Penjagaannya ketat, apalagi di Westin.Kalo pamerannya sih kayaknya untuk umum.

Leave a Reply

