[J-Dorama] Good Luck : Pilot2 Handal

Secara landing saya tadi malam di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta yang sangat tidak nyaman, ban pesawat seolah2 “nabrak” landasan dengan keras, sepertinya saat menyentuh landasan kecepatan pesawat masih tinggi. Pesawat seperti di banting, dan penumpang terdorong ke depan dengan keras. Udah gitu ga ada sama sekali permohonan maaf dari sang pilot, seolah2 dia tidak melakukan kesalahan apa2. Mau ga mau saya jadi teringat sebuah dorama yang bercerita tentang kehidupan pilot2 handal dan ganteng di Jepang.

Di dorama ini digambarkan bahwa kalo pilot mendaratkan pesawat dengan kasar, maka dia mendapat pinalty/peringatan/teguran. Belon lagi kalo pilot tidak memperhatikan kesehatan dirinya dan mengalami gangguan kecil saat bertugas, bisa2 dia dia dipecat ato minimal di skors. Seperti yang dialami oleh Kouda kazuki (Tsutsumi Shinichi) yang jatuh sakit pada saat harus bertugas, karena itu dia meminta rekannya untuk menggantikannya. Dan ternyata pesawatnya mengalami kecelakaan dan menewaskan seluruh penumpang pesawat. Kejadian 12 tahun yang lalu itu membekas di hati Kouda dan membuatnya menjadi pengawas para pilot yang berhati dingin dan tanpa ampun.

Sementara itu Shinkai Hajime (Kimura Takuya), seorang co pilot sok jago yang punya kecenderungan menganggap enteng apapun. Shinkai harus bentrok beberapa kali dengan kapten Kouda karena dianggap tidak disiplin. Belon lagi teguran dari mekanik judes dan prefectionist Ogawa Ayumi (Shibasaki Kou), yang hampir membuat Shinkai berhenti jadi pilot. Tapi sedikit demi sedikit Shinkai belajar dan mengerti betapa pentingnya bekerjasama dengan semua pihak termasuk penumpang dalam menerbangkan sebuah pesawat.

Dorama ini tidak semata2 menggambarkan suka duka para pilot saja, tapi juga para cabin attendant (pramugari/a) dan mekanik. Setiap tokoh digambarkan punya masa lalu yang membentuk karakternya saat ini. Hal ini membuat yang membuat dorama ini menarik dan manusiawi, tidak melulu bercerita tentang sebuah profesi. Dan tentu saja ada kisah cinta terselubung yang jadi ciri khas dorama Jepang.

Meskipun berbeda umur cukup jauh, tapi chemistry antara Shibasaki Kou dan Kimutaku cukup bagus. *Saya heran, kenapa setiap artis yang dipasangkan dengan Kimutaku selalu pas chemistry na ya???* Ayumi yang jutek ternyata berhasil membuat Shinkai yang dikejar2 banyak pramugari cantik, malah jatuh cinta sama mekanik. Juga chemistry antara Tsutsumi Shinichi dan Kuroki Hitomi yang menyimpan luka masa lalu dan berusaha melanjutkan kehidupan dengan getir. Mengharukan.

Katanya sih, waktu penayangan dorama ini tahun 2003, terjadi peningkatan jumlah generasi muda yang melamar ke sekolah pilot di Jepang. *Gw rasa orang2 itu pengen juga jadi pilot sekeren Kimutaku* Buat saya sendiri, yang cukup akrab dengan kehidupan pilot versi militer, dan buat beberapa orang yang bercita2 jadi pilot tapi ga kesampaian, dorama ini bisa mengobati rasa penasaran mengenai kehidupan para pilot pesawat komersial. So menurut saya dorama ini termasuk dalam katagori inspirational drama, ga berlebihan lah kalo saya kasih 4 bintang.

20 thoughts on “[J-Dorama] Good Luck : Pilot2 Handal

  1. setuju mbak! dorama ini emang bagus bangetapalagi ngeliat kimura takuya pake seragam pilot wuaaaaa keren!!!tapi emang sih, hampir semua doramanya takuya tuh bagus2.

  2. cari deh hika, ga rugi! bagus banget soalnya, apalagi pas shinkai terancam cacat, ngeliat shinkai depresi gitu kaciaaaantrus dorama long vacation ama beautiful life juga bagus

  3. estyfeby said: adisucipto khan emang landasannya pendek,

    setuju… emang selalu bakal begitu kejadiannya fi… karena ya itu.. kandasannya pendek. sekali2 tengok ke jendela pas habis ndarat, udah deket ma pager tuh…. hehehe

  4. ga heran kalo banyak yg pengen jadi pilot habis nonton Good Luck, abis kayaknya pilot2 di situ keren banget (terutama tokoh utamanya… hehehe). sebaliknya pramugari yg selama ini berkesan classy jadi ketahuan kalo cukup berat tugasnya… bukan cuma senyum sana sini sambil keliling dunia gratis kayak bayangan cewek2 pada umumnya ^^

  5. nomadeheart said: ga heran kalo banyak yg pengen jadi pilot habis nonton Good Luck, abis kayaknya pilot2 di situ keren banget (terutama tokoh utamanya… hehehe).

    jangan salah… tidak semua pilots bertubuh keyeeeennn lho… kita sudah terjebak dalam paradigma lama soal ini.. dan gue sempet terheran-heran sama pramugari armada pesawat asing yg ternyata juga nggak berbodi keyenn- malah ibu-ibu bangettt…

  6. qnuy said: Adegan pembukanya pas capt Shinkai berjemur di pantai dong.,wuih! Saya ngiler berath!

    Bukan ngiler lagi…..ampe gw ulang2 tuh adegan awal. hehehehe…Kimutaku body na keren yak. kurus tapi gemana gitu….

  7. waduh…………Fiya….masih sempat liat bodi Kimutaku berulang-ulang……….??? ada yang melotot lho kemarin yang basah-basah entuh……..*ngelirik Ijun* XDDyang pasti aku juga blom nonton ini…………ntar aja dach…..

  8. iyah yah…..siapa yang bisa nolak………qe..qe..qe..qe..akh…jadi ingat…….pertama kali liat Kimutaku di Long Vacation…ampe nonton 2 kali…:pFiya……….mauuuuuuuuuuuuuuuuuu……………..^___________^pinjam………………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s