[J-Dorama] Team Medical Dragon 2 : Tim Super Dokter

Asada Ryutaro is back. Kali ini dia ditempatkan di Rumah Sakit Hokuyou, sebuah rumah sakit yang hampir bangkrut, lengkap dengan 3 orang dokter nyentrik, selenge’an dan ga bisa diatur. Tugas berat buat Asada sensei (Sakaguchi Kenji) adalah membentuk tim bedah yang solid demi menyelamatkan nyawa pasien, seperti yang pernah dilakukannya dengan Team Medical Dragon di Meishin Hospital.

Asada sensei tidak sendiri, ditemani oleh 2 rekannya dari tim lama, Fujiyoshi Keisuke (Sasaki Kuranosuke), seorang internist yang handal, dan Ijuuin Noboru (Koike Teppei) dokter muda yang penuh dedikasi, mereka membangun tim medis dari nol. Tim baru kali ini adalah Kodaka Nanami (Otsuka Nene) anaesthetic yang susah diatur dan seenaknya sendiri, Toyama Seiji (Takahashi Isei) dokter bedah jenius yang sombong dan kasar, serta Matsudaira Kotaro (Sato Jiro) Gastrologist yang pemabuk. Belum lagi tenaga medis yang paranoid. Untungnya Asada sensei bukan hanya jenius dan berbakat, tapi juga punya idealisme tinggi, hati yang baik dan kepribadian yang kuat. So… berhasilkan Asada sensei membentuk Tim Medical Dragon yang kedua?

Secara dorama Team Medical Dragon yang pertama sudah berhasil membuat saya terpana dan jatuh cinta pada Asada sensei (baca review saya disini), maka saya pun ga mau melewatkan seri ke 2 nya. Sama seperti dorama pertamanya, seri keduanya juga menampilkan dokter2 dan paramedics yang ganteng/cantik dan keren. Adegan2 operasi yang rumit dan mendetail juga dibuat cukup realistis *untuk ukuran gw yang awam istilah medis* dengan dilengkapi skematik yang memudahkan orang awam untuk mengerti.

Sebenerna ga adil kalo saya membandingkan antara dorama pertama dan seri keduanya, tetapi memang begitulah resiko pembuatan drama sekuel, penonton cenderung akan mencari2 perbedaan antara keduanya baik langsung maupun tidak. So mau ga mau saya juga melakukan perbandingan antara kedua dorama ini. Kalo dorama pertamanya menitik beratkan pada operasi jantung Batista yang super sulit, maka seri keduanya menampilkan lebih banyak jenis operasi jantung. Seri keduanya juga terkesan lebih drama dan mengeksplorasi sisi2 manusiawi, tidak hanya ‘sekedar’ menampilkan adegan2 operasi dan teknik bedah dengan istilah2 medis yang sulit dimengerti. Yang seri kedua ini nuansanya lebih kayak ER, General Hospital dan drama2 kedokteran buatan hollywood lainnya.

Dan tidak seperti saat menonton dorama pertama, dengan gagah beraninya saya menonton adegan2 operasi jantung yang penuh darah muncrat dan dada terbelah, sambil sarapan *well, karena udah pengalaman di dorama pertamanya, saya udah ga heran sama adegan model gini* Meskipun begitu, adegan operasi cangkok jantung yang terakhir, agak bikin saya mual juga. Tapi saya tetep angkat topi buat skenario dan sutradaranya, yang berhasil membuat drama kedokteran dengan tingkat kedetailan tinggi seperti ini.

Secara umum sih, dorama ini masih cukup bagus. Aktor2 keren dengan kualitas akting baik *tanpa ada jyanis baidewei* dan skenario yang bagus membuat dorama ini benar2 menarik untuk dinikmati. Meski begitu, saya ga bisa ngasih nilai lebih dari yang pertama. So kalo dorama pertamanya dapet 5 bintang, seri keduanya cukup 4 saja.

21 thoughts on “[J-Dorama] Team Medical Dragon 2 : Tim Super Dokter

  1. estyfeby said: mendingan gue liat bakpao ato kue serabi bertebaran dech……..:D

    Sebenerna gw juga ES,tapi berhubung Asada Sensei ini kereeeeeen banget *ngomongna sambil nelangsa* Apa boleh buat, tak kuasa daku untuk tidak menontonnya.

  2. aku juga suka!sama mbak, tetep yang pertama ga kalah deh…kalo nonton yang kedua awalna aga2 kayak cuma mengekspose kejeniusan si Asada aja… tapi pada akhirnya bagussssss

  3. aku baru beres nonton season 1… gara-gara mau ngelanjutin ke season 2 …emang KEREN banget dorama yang 1 ini..padahal dulu ga terlalu suka…tapi sekarang malah SUKA BANGETTT ama Iryu …

  4. wah, dah ada yang kedua ya, padahal yang pertama aja belum pernah nonton🙂, temenku pernah ngerekomendasiin dorama ini tapi sampe sekarang belum pernah nyari dvdnya, setelah baca riviewnya saia jadi tambah penasaran sama dorama ini.

  5. huum kalau yang di seri ke 2 ini memang lebih variatif yaa operasinya, terutama ada operasi cangkok hatinggak tahu kenapa, saya malah jadi tertarik sama Arase, soalnya lucu aja kalau ada dokter macem dia, yang bisa tahu berat badan orang sekali lihat, trus ngebius pake hitungan.. hohoho..Sayangnya.. dokter ganteng yang sekarang jadi baik, Kirishima sensei muncul di awal sama di akhir doang..Iryu 2 ini penuh intrik banget, antara Noguchi sama Kataoka (uchida yuki yang tetep cantik)eh iya, masih bingung niy.. kok disini Ijuyin diceritakan malah nggak bisa apa2 ya? jahit aja sampai lepas benangnya, padahal di episode awal kan dia yang nerusin Batista waktu Asada harus ngoperasi bayi ntu.. sebenernya gmn ya?_^^_

  6. janganpanggilakusexy said: jangan lupakan juga ada kanata hongo yang muncul sebagai bintang tamu XDD

    kanata hongo? *nyari dulu di wiki*Oooh yang main di Prince of Tennis ya?itu episode yang menyentuh hati.. hu hu hu.. sedih waktu dia ngasih coklat ke ibunya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s