Dosenku ganteng sekali…… ;p

Nonton dorama Galileo yang ceritanya tentang seorang Dosen Fisika yang membantu detektif muda memecahkan kasus pembunuhan, membuat saya terkenang2 pada dosen2 saya waktu kuliah dulu di Teknik Lingkungan ITB. Yukawa sensei (sang dosen dalam Galileo) bukan cuman pintar *secara dia scientist gitu lo* tapi juga cakep, atletis; jago squash, panjat tebing, bisa memahat dll. Bener2 cowo yang pantes digila2i. Hal yang jarang *bahkan nyaris ga ada* bisa saya temui di masa kuliah saya lebih dari 10 tahun yang lalu.


Secara ITB katanya kampus teknologi & ilmu pengetahuan, maka ga heran kalo orang2 yang berseliweran disini (baik mahasiswa, dosen maupun pegawai2nya) bentuknya pun sesuai sama “teknologi dan ilmu pengetahuan” yang rada sophisticated alias aneh dan ga seperti orang2 pada umumnya.

So saya mulai dari ;

  1. Dosen Fisika Dasar

Dosen fisika dasar saya adalah seorang Doktor muda dari jurusan fisika murni yang penampilannya tipe ikhwan2. *maap, ini adalah istilah saya untuk pemuda aktifis mesjid kampus yang berpakian sederhana dengan kemeja lusuh lengan panjang tapi digulung sampe siku, celana panjang digulung diatas mata kaki dan sepatu hitam tanpa kaos kaki, serta berjenggot*. Cara ngajar bapak ini unik sekali, begitu datang langsung nulis rumus2 dipapan dan ga pernah sekalipun menengok ke murid2 nya kecuali ada yang mau bertanya.

Suatu hari pernah sang Bapak memulai pengajaran dengan jumlah mahasiswa 20 orang *emang ga pernah penuh kelasnya*, tapi 15 menit sebelum kuliah berakhir si Bapak baru sadar kalo mahasiswanya tinggal 2 orang. Dia memandang kelas dengan heran, tapi kemudian balik lagi menghadap papan dan meneruskan menulis rumus2. Hiks!

  1. Dosen Mekanika Teknik

Ini dosen yang paling kasian yang pernah saya lihat. Tidak seperti dosen2 lain dari jurusan Sipil yang biasanya berpenampilan mewah dengan mobil mentereng, mobil bapak ini colt butut yang sudah reyot dan karatan. Pake sepatu sendal yang mangap depannya dan selalu bawa tas butut yang sudah sobek disana sini. Saya dan teman2 sampe patungan untuk membelikan tas baru. Dan si bapak menerima dengan berkaca2.

Tapi bapak ini, baik hati dan murah nilai. Soal2 ujiannya selalu sama dengan yang diajarkan. Sayangnya saya jarang hadir pada kuliahnya, karena jam kuliahnya sering bentrok sama kegiatan himpunan ataupun waktu ngajar les private saya ato bentrok dengan waktu pacaran. Hehehe* Pada dasarnya sih saya males dateng kuliahnya aja, karena ngantuk banget. Alhasil setiap mau ujian, saya fotokopi catetan temen2 dan belajar semalam suntuk. Dan gw rasa si Bapak ini ga apal alphabeth, karena nilai yang dia keluarkan cuman A sama B aja. Ga pernah ada C, D atau E.

  1. Dosen Mekanika Tanah

Sekali lagi gw dapet dosen dari jurusan Sipil. Dosen yang sibuk dengan proyek dan jarang ngajar. Dalam 1 semester cuman hadir 2 kali, dan ga pernah ngirim asisten untuk menggantikannya. Dan hasilnya, setengah kelas mengulang ditahun berikutnya termasuk saya.

Dosen Mektan ditahun berikutnya adalah dosen yang baru pulang dari Jerman. Masih muda, idealis dan perlente. Tapi susahnya si bapak ini sering banget datang terlambat lebih dari 30 menit, jadi kita sering nyangkain kalo kuliah dibatalin, dan mahasiswa2 pun pada bubar, eh tau2 dia nongol. So kelas juga jadi jarang penuh.

Meskipun saya lulus mektan ditahun itu, tapi tahun berikutnya sang Dosen sudah mulai terkontaminasi proyek seperti dosen2 lain. Beliau jadi jarang datang, dan hanya ngirim asistennya. Waktu saya sudah lulus dan kerja di konsultan, saya pernah bertemu bapak itu sebagai konsultan juga. Dan katanya, dia ga sanggup kalo cuman dapet gaji dosen ”mana cukup???” katanya. Aduh………

  1. Dosen Hidrolika

Kalo yang ini, dosen dari jurusan gw sendiri TL. Secara dosen yang seharusnya mengajar meninggal karena kecelakan pesawat, maka kuliah pun digantikan oleh asisten dosen yang baru lulus S1. Sang asdos ini ganteng, bertampang bule (walaupun rada pendek) cuman sayangnya, ngomongnya nyundaaaaaaaaaa banget. Logat sunda ciamisnya keliatan banget. Bahkan untuk istilah2 teknis yang berbahasa inggris, keluarnya jadi lucu. Sampe saya kadang2 ga ngerti maksudnya apa.

  1. Dosen Fisika Lingkungan

Dosen pengajar dari jurusan Fisika Teknik ini berperut gendut dan bermata sipit. Bicara lancar tentang suara, cahaya dan gelombang serta efeknya terhadap lingkungan. Secara topik tugas akhir saya berkaitan dengan hal ini, maka saya pun berusaha rajin menghadiri kuliah2nya, tapi susahnya si Bapak ini kalo ngajar pake bahasa Indonesia berlogat Bali yang campur aduk dengan bahasa Inggris logat perancis. Dan sekali lagi saya pun pontang panting berusaha mengerti. Dan seperti watak saya kalo udah ga ngerti, maka saya pun jadi sering bolos……………

  1. Dosen Geohidrologi

Dosen ganteng dan flamboyan dari jurusan Geologi. Mukanya bersih, kulit putih dan berkumis tipis. Secara jurusan geologi jarang banget ceweknya, maka kalo ngajar di jurusan gw dia kesannya semangat banget *25 dari 60 mahasiswa kelas gw cewek* Udah gitu, dasar2 cewek2 nya juga ganjen2 *termasuk gw* maka kami pun selalu ikutan semangat menghadiri kuliahnya. Sayangnya kuliah geohidrologi ini buat saya tak lebih dari sebuah kuliah tentang hal yang abstrak. Ngomongin sesuatu yang jauh didasar bumi yang bentuknya ga pernah saya lihat dan susah banget buat dibayangkan. So seganteng apapun dosennya tetep ga bisa mendongkrak nilai gw di kuliah ini. Untungnya Aa kuliah di jurusan pertambangan yang dapet materi Geologi model gini dari tahun pertama. Jadi gw lebih banyak bolos kuliah dan memilih belajar sama Aa di perpustakaan *belajar apa belajar*. So, lumayanlah……. pacaran bawa hasil juga.

Kalo dipikir2 lagi, ternyata saya ga pernah serius mengikuti kuliah ya…. Banyak bolosnya, banyak ga ngertinya, banyak ngarangnya *uyuhan rek bisa lulus oge*.

So andaikan dosen2 ku ini secakep dan selugas Yukawa sensei……. Aduh, mungkin gw ga perlu banyak bolos kuliah.

25 thoughts on “Dosenku ganteng sekali…… ;p

  1. sama mbak!!! dosenku juga ga ada yang cakep. udah tuwir semua, rambutnya aja udah pada putih semua.kaya’nya dosen ganteng cuma ada di dorama deh. kalo di dunia nyata, yang ganteng2 ga mau jadi dosen kali yaaaaa……

  2. gak pernah dapat dosen yang ganteng2… dosen2nya udah pada sepuh2, klo ngajar cuma presentasi trus fotocopy bahannya, jadi sering bgt bolos kuliah ato gak masuk kelas tapi cuman ngobrol aja. Dipikir2, kita2 dulu termasuk bandel2 ya…

  3. (mbak sorry OOT)kalo gue pernah dapet klien yang cakep bangetjadi pas kalo diskusi ama beliau yang ada gue grogi banget and sering gak konsen….abis liat mukanya, duduknya deketan….jadi speachless hehhe

  4. mba fiya anak teknik sipil ya??? dakuh paling benci pelajaran hidrolika, …ga pernah mudeng padahal dosennya lumayan enak..tapi kalo lagi ngerjain tugas dan ujian…ga ada yg bener…hiks

  5. mba, kenalin atuh ama asisten dosen hidrolika nawakakakaka……kalo gue seh jangan harap dapet dosen cakepdosen genit seh banyak XDDDDdosen mengawinin mahasiwi juga adadosen menghamili mahasiswi juga adawakakakakaka

  6. unee333 said: dosen kalkulusku dulu lumayan ganteng tu mbaumur baru 30, rambut ala F4. ga pernah marah kalo ada yang telat. suka becandatetep aja dapet Ehwahah

    Unee, gw ga perlu ngulang Kalkulus tapi ikut ujian ke tiga hehehe….Tapi kalo kayak F4, mungkin gw bakalan ga lulus. dan memilih ngulang tahun berikutnya biar bisa memandang pak dosen lagi hehehehe…

  7. rielakelinci said: Kalo Fuku Chan jadi senseiku, pasti drooling….. apalagi kalo Kimu yg jadi sensei nihongoku.. pasti lebih isshou kenmei dehhh hihihihi

    Gw ga mau iJun jadi dosen gw huhuhuhu….ga bisa dipacarin hahahaha…

  8. sticyo said: mba fiya anak teknik sipil ya??? dakuh paling benci pelajaran hidrolika, …

    Gw jurusan Teknik Lingkungan neng, bukan sipil.Cuman banyak mata kuliah yang ngambil di sipil.Actually gw cukup suka ama hidrolika dan segala sesuatu yang berbau mekanika. yang gw bete banget malahan yang bentuknya fisika gelombang atau semacam nya.

  9. janganpanggilakusexy said: mba, kenalin atuh ama asisten dosen hidrolika nawakakakaka……

    Aduh mendingan ga usah deh Feb, lu bakalan ilfil ngedengerin omongan dia.Ga intelek banget hehehe…

  10. cafecreme said: Ada lagi dosen ITB yang ganteng, lbh dari 10 thn yg lalu sih ngajar di teknik mesin. Tapi sejak dia pacaran sama temen gue jadi ga ganteng lagi… hiks…

    Dosen Mesin?? sapa ya?? mungkin gw kenal.Gw pernah ngambil mata kuliah di mesin “pompa”

  11. xoxolea said: ini koq jadi ngomongin dosen ITB mulu sih?hmmm…. jangan2 anak2 ITB kerjaannya ngempih mulu nih……

    Wakakak…. emang anak2 ITB nih pada kurang kerjaan.

  12. dosen cakep ada si..1. Pak Arif..cakep2 tp Jogja bgt..agak lelet dlm sgala hal..pinter tp ga bisa ngomong..2. pak Andi–> waktu aq masuk di lg sekolah lg, tp dah denger rumornya dr kakak kelas, bgitu dia pulang..emang kliatan gantengnya..sayank ga pernah diajar ma dia..3. Bapak y tukang nongkrong dimall –> dosen dari MIPA, sukanya ngabsen satu2..kalo qt abis maen kmall, pasti ketahuan ma dia..ga ganteng babar blas tapi dia..4. yang lainnya biasa bgt..

  13. Hmmm dosen ganteng ya…..Waktu masih kul, ada juga tuh di kampuz gw:1. Pak Alfian dosen SIA Sebenernya se tampangnya biasa aja, tapi klo dah ngajar kayakny dy memancarkan karisma gmn gtu… yg bikin dy keliatan cakep. Kul na se membosankan, tp ngeliat dy jd ga bosen.2. Ko Rusdy, asdos Lab. Audit Gantengnya minta ampyun meskipun ngajarnya ga jelas. Mana suka mondar-mandir gtu di kelaz, jdnya pd suka pura2 nanya gtu ma dy he3 tmsk gw ^^.

  14. unee333 said: *malu* hihii… nimku 154 mba ^ ^

    Kalo TL kan 153…. trus sipil 151.Jadi dirimu apa ya neee?? Planologi?? Geodesi?? ato arsitek?kalo arsitek bukannya 152?

Leave a Reply

