Detective theme : Ga penting

Kali ini lebih menitik beratkan pada cerita detektif nya, bukan polisinya. Bagaimana proses penyelidikan dan menemukan jawaban serta penjelasan logis dari sebuah kejadian misterius. So saya merasa agak beda dengan cerita tentang suka duka jadi aparat negara yang reviewna saya tulis disini.

1. Galileo
Cerita tentang seorang detektif baru Utsumi Kaoru (Shibasaki Kou) yang dibantu oleh seorang dosen fisika Yukawa Manabu (Om Fukuh) dalam memecahkan kasus. Well, sebenerna sih sang dosen tidak benar2 memecahkan kasus, tapi hanya memberi jawaban secara logis/ilmiah atas kejadian2 aneh yang menyebabkan kematian. Kejadian2 yang berbau supranatural dan membuat para polisi bingung, dijelaskan secara ilmiah, seperti fenomena human combustion, rumah yang bergoncang setiap jam 8 malam, atau jiwa yang melayang keluar dari tubuh.

Secara umum, penjelasannya cukup logis dan meyakinkan, hingga saat saya mulai terganggu dengan adegan2 Yukawa sensei menulis2 rumus. Adegan yang ada disetiap episode ini mau ga mau membuat saya memperhatikan apa sih yang ditulis itu, dan apa hubungannya dengan kasus yang ditangani. Ehm….. saya mulai merasa adegan ini agak dipaksakan dan berkesan tempelan karena rumus2 differensial yang ditulis agak2 ga nyambung dengan kasusnya sendiri *Adegan yang ga penting gitu lo*

Eniwei, pelem ini cukup seru dan menegangkan kok. Meskipun Om Fukuh terlalu keren buat jadi dosen fisika, tapi interpretasi na sebagai jenius yang aneh cukup kena, dan chemistry na ama Shibasaki Kou cukup bagus. Buat yang mulai bosen ama drama2 percintaan, dorama ini bakal bikin ketagihan nonton pelem detektip. Recomended kok! Worth to collect. 4 bintang dari gw.

2. Detective Conan 2
Shinichi Kudo (Shun Oguri) kembali ke tubuh asalnya dalam bentuk detektip SMU karena secara tidak sengaja meminum sejenis arak. Ternyata hal seperti ini bukan hanya dialami Kudo sendiri, tapi juga Ai Haibara (Yuu Kashii) yang merupakan tokoh kunci dari kelompok Black (untuk tau cerita latar belakangnya, mesti nuntun anime nya dulu). Kasus yang ditangani kali ini adalah pembunuhan terhadap miss Japan di sebuah acara televisi yang disiarkan secara langsung. Situasi bertambah sulit dengan munculnya Haibara di layar tv, dengan demikian kelompok Black dapat melacak keberadaan Haibara/Sherry. Shinichi pun harus memecahkan kasus pembunuhan ini sambil menyembunyikan Shery, serta berkejaran dengan waktu sebelum dia kembali ke tubuh kecilnya lagi.

Menurut gw informasi yang ingin disampaikan terlalu banyak. Tentang kelompok Black, tentang Ai Haibara, tentang hubungan antara Shinichi – Haibara – Ran. Sehingga cerita tentang pembunuhannya sendiri jadi semacam tempelan. Disini ceritakan kalo Ran Mouri (Tomoko Kurakawa) sedikit curiga pada hubungan Kudo – Haibara. Tapi Ran memilih untuk mempercayai Kudo *dengan alasan yang kurang begitu jelas*

Cukup seru sih, lebih bagus dari yang pertama, tapi tau kenapa ga ada kesan yang mendalam. Saya malah cenderung udah lupa sama jalan ceritanya. So 3 bintang aja.

3. Deru Toko Demasho
Keluarga Kamei tiba2 bangkrut dan Shizuka (Horikita Maki) sebagai anak pertama harus menanggung hutang yang cukup besar. Kemudian datang Nonaka Hiromu (Tanihara Shousuke) pengacara pencinta seragam cewek SMU yang kemudian memperkerjakannya sebagai asisten bagian penyelidikan. Bersama mereka bahu membahu memecahkan kasus per kasus.

Meski di awal cerita ada kesan misteriusnya, tapi nuansa komedinya kental banget. Kita bisa dibikin ketawa ngakak dengan ringan dan ga perlu mikir dalem soal ceritanya. Skenarionya sih menurut saya agak2 recehan dan ga berbobot sama sekali, tapi bener2 bisa bikin kita ketawa.

Cuman satu komentar saya abis nuntun pelem ini, “Ga penting banged”. Film konyol adaptasi dari komik, tentang seorang detektif/pengacara yang dibantu oleh sorang siswi SMU dalam memecahkan kasus. Penuh dengan adegan2 ga penting, dialog2 ga penting dan karakter2 ‘ga penting’. Buat yang seneng pelem konyol dan lucu, yang satu ini cukup layak ditonton untuk lucu2an. Sayangnya, enggak buat gw. Yah, demi sekedar hiburan saya rasa cukup 2 bintang.

4. Kuitan
Satu lagi pelem tentang detektip aneh. Sepertinya Jepang ga pernah keabisan ide tentang karakter2 unik detektif. Kali ini adalah detektif pencinta segala jenis masakan Takano Seiya (Higashiyama Noriyuki) yang bersenjatakan chopstick baja, yang kerjaannya makaaaaaaaaaaaaannnnnnn melulu hingga dijuluki Cuizine no Tantei (Kuitan). Takano memperlakukan sumpit bajanya bagaikan pedang milik samurai, berulang kali sumpit ini menyelamatkan hidupnya. Selalu memecahkan kasus mengandalkan indera penciuman dan perasanya yang sensitif terhadap makanan. Dibantu oleh Noda Ryousuke (Morita Go) yang tergabung dalam Holmes Agency, kantor detektip swasta yang asalnya hanya menangani kasus2 kecil, akhirnya mendapat kesempatan membantu kepolisian memecahkan kasus2 pembunuhan.

Dorama ini lucu kok ceritanya lumayan menarik, tapi banyak banget adegan2 makan yang agak berlebihan jadi rada menyebalkan *Bikin gw laper melulu*. Meskipun begitu ada juga sih adegan yang mengharukan dan dramatis, tapi secara umum drama ini lucu dan refreshing. Akting Morita terutama di 2 episode terakhir boleh juga. Gw suka chemistryna dengan Higashiyama san (Jadi inget penampilan mereka berdua di konser Voyager). Sepertinya mereka memang akrab di luar panggung.

Kesan gw waktu nonton dorama ini adalah Morita tampak Kereeeeeeen!!! *komen ga penting dot com*. Maaf kalo penilaiannya jadi subyektif, faktor Morita yang menjadi nilai plus dorama ini. Akhirna gw ngasih 3,5 bintang deh.

18 thoughts on “Detective theme : Ga penting

  1. Deru Toko Demasho, ini sempat mo beli di Ambas… tapi kok gambar covernya kurang meyakinkan buat ditonton… untung ndak jadi beli..he..he.he..Detektif Conan 2…. haik… pasti ditonton…^^

  2. aku tak tahu dia om2!!! :))gile, radar om2 gw makin hari makin kenceng aje dorama detective lg : jikou keisatsu, yang maen kang mas Jo Odagiri

  3. haiqa said: kuitan dapet di doramalover.comsbg ichiban na go, mestinya erin dah nuntun dong…asli episode terakhirna ngakak abis liat go.

    iya mbak….hiks..hiks…makanya aku serasa udah gagal jadi Go ichiban T______Tbatal terus sih belinya, gara2 ngumpulin gakkou mulu >__<!–

  4. Conan2 lebih bagus dari yang pertama ya, Fi? Udah hampir sebulan aku di oleh-olehi Conan2 sama yayangku, tapi sampai sekarang belum ditonton, habis yang pertama nggak begitu seru. Udah gitu, lagi sibuk nonton V6😀

  5. Nggak bisa nonton V6, Fi… (T_ T) Yang Summer Dream B nya nggak mau diputar, kayaknya dia mogok…habis aku nonton yang A terus kali ya (*^-^*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s