Nasionalisme

Berawal dari sebuah email di milist ITB ’89 (milist nya Aa) tentang betapa buruknya sistem pelayanan umum di Indonesia dan bila dibandingkan dengan sistem di Singapura, maka betapa jauh perbedaannya. Sebagai orang yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di Indonesia, Aa tak bisa menyangkalnya. Tapi kok kalo membandingkan dengan negara tetangga yang sudah cukup maju, rasanya ga adil yah.

Email tersebut memancing opini dari para alumnus yang lain terutama yang tinggal di luar negeri. Hampir semua yang sekarang menghabiskan hidupnya di luar negeri, berpendapat bahwa bagaimana pun juga masih tetep kangen dengan kondisi di Indonesia, terutama keramah tamahan masyarakatnya dan sifat kekeluargaannya. Sedangkan para inlanders (alias yang masih cari duit di Indonesia) masih mengeluhkan tentang manajemen pemerintah. Akhirnya terjadi reply2an sengit mengenai berkurangnya nasionalisme di generasi kita.

Sampai akhirna seorang sahabat Aa
yang sudah menetap di Australia (menikah dengan warga setempat dan punya anak disana) menyimpulkan bahwa nasionalisme itu semakin terasa kuat saat kita jauh dari Indonesia.

Well, sedikit renungan menjelang hari Kemerdekaan Indonesia.

sumber foto : sibermedik

18 thoughts on “Nasionalisme

  1. jadi inget temen yang rela pulang ke Indonesia dari Australia hanya karena ingin ikut upacara 17 Agustusan dan lomba balap karung (sekalian pulangnya bawa sambel terasi yang gak ada di Australia sana).Hiduplah Indonesia Raya,..

  2. Sampai akhirna seorang sahabat Aa yang sudah menetap di Australia (menikah dengan warga setempat dan punya anak disana) menyimpulkan bahwa nasionalisme itu semakin terasa kuat saat kita jauh dari Indonesia.———————————————itulah sebab kenapa saya mo hijrah ke Jepang……….*lagi ngigau* XDDDD

  3. nasionalisme??nasi yang kayak apa ya???temennya nasi padang ya??but i luv my country..hidup indonesia..dengan segala keterbatasannya..hehe

  4. rellymarpaung said: itulah sebab kenapa saya mo hijrah ke Jepang……….*lagi ngigau* XDDDD

    rel, di jepang kagak ada liburnya… ga ada libur independence day cuma libur ulang taon kaisarnya aja… coba klo di indonesia… liburnya banyak… natal, taon baru, belum lagi liburan lebaran yang ampe seminggu… dan libur2 kecil lainnya XDD

  5. Banyak sekali kelebihan dari bangsa Indonesia baru dapat kita rasakan dan lihat ketika sedang berada di luar negeri. Semakin luas wawasan serta pergi ke luar negeri, gue malahan semakin cinta dengan Indonesia koq…. (^3^)/Biarpun cinta mati dengan Jepang (maksutnya dengan aktor dan penyanyinya yang guanteng….hehehe) Gue ogah tinggal di Jepun…. (^^;;)

  6. Tul banget ma pernyataan “rasa nasionalis makin kuat saat jauh dari Indonesia”Waktu di Berlin, gw yang kalo di Indo mah boro2 mau dengerin dangdut.Tapi pas di jerman malah nyari2 lagu dangdut.Rasanya ada kekangenan sendiri denger lagu2 dangdut yang biasa gw sebelin banget ^_^

  7. sebenernya indonesia punya banyak kelebihan di balik keterbatasannya, tp kl liat indonesia sekarang apalagi kl dibandingin bangsa lain~terutama kedisiplinan dan ketertiban! sedih ya bo……disini bela2in nyakuin bekas bungkus permen mpe nemu tempat sampah, lha tetangga qo lempar botol aqua seenak udel!!itulah indonesia dengan keragamannya….

  8. BTW .. membandingkan Indonesia dengan negara maju lain seperti singapur gak ada salahnya menurut aku sih.Bahan perbandingan tapi seharusnya untuk membuat Indonesia mengambil hal2 yang bagus dan mengubur hal2 yang buruk.Contoh kecil aja, menurut aku sih kalau kita bandingkan dgn singapur yang bisa menjaga negaranya menjadi negara yang bersih dan orang2nya tertib untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kenapa tidak ?Inget tidak waktu singapur mengeluarkan peraturan “dilarang untuk makan permen karet”Semua mencemooh dan mentertawakan.Tapi singapur jalan terus, akhirnya negaranya makin bersih, gak ada permen karet2 bekas yang menjijikan yang sembarangan di tempelin di fasilitas2 umum.Karena aku juga bete banget liat oranag2 di jalan tol seenaknya aja ngelempar botol aqua keluar mobil.huhhhh rasanya pingin jejelin tu sampah ke mulutnya.gimana indonesia mo bersih kalo masyarakatnya sendiri gak merasa indonesia itu rumah mereka.Temen aku aja yang bule selalu blg .. “yah mereka anggap Indonesia itu tong sampah raksasa. Makanya bisa buang sampah sembarangan”Mereka disini artinya orang2 indonesia sendiri.

  9. xoxolea said: rel, di jepang kagak ada liburnya… ga ada libur independence day cuma libur ulang taon kaisarnya aja… coba klo di indonesia… liburnya banyak… natal, taon baru, belum lagi liburan lebaran yang ampe seminggu… dan libur2 kecil lainnya XDD

    terlalu banyak libur malah menjengkelkan Chie….coz gw. nggak kemana2 juga lagian mo pergi jalan2 jg butuh duit..:(

  10. aku cinta bgt sama indonesiaaa~tp gak sama org2nya!! hehehe~org2 indonesia yg gak tau aturan dan yg gak prnh kenalan sm yg namanya tertib, emang musti dikerasin pake peraturan spt yg diberlakukan singapura,, cuma ya gt, instansi pemerintahnya jg hrs tegas jgn mikirin duitnya doank!hmm, jalur busway aja gak prnh steril dr kendaraan pribadi ya?! emang dasar indon~!! XP

  11. Sama aja kali kalo kita lagi deket sama ortu atau kakak adik, pasti dicuekin atau sering berantem. Tapi kalo udah berjauhan, beuh…..kangennya udah tujuh rupa…*gue gak termasuk!!!*Sejelek apapun Indonesia, itu tetep tanah kelahiran kita. Sejauh apapun kita pergi dari tanah air, pasti pulang balik lagi kesana…atau minimal inget lah sama lingkungan kelahiran…..Karena tiap negara punya ciri khasnya masing2…tapi kebanyakan yang dipunya Indonesia, tidak dimiliki oleh negara lain…hihihii…*apaan yah???*ah, bagaimanapun kita tetap harus memperingati hari kemerdekaan negara kita tercintah ini…

  12. iya bner kta tmen2 dbwh…tmen2 skls sya aja SEDIKIT SEKALI yang sadar akan buang smpah!udh makan mreka seenaknya ada buang sampahnya d kolong meja, d lantai, d lempar ke meja temen,dll. ampe tiap pagi saya pindah tmpt duduk pasti ada sampahnya d kolong…rasanya perbandingan org yg sadar&tdk sadar akan sampah 20:80…hmmm…negara kita kegedean+bnyk pulaunya+bnyk penduduknya+pmerintah yg krg becus jadi aja susah mau berubah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s