Ghibli’s Movies : Magical Adventure

Studio Ghibli adalah sebuah perushaan pembuat film animasi di Jepang yang didirikan oleh Miyazaki Hayao. Tidak seperti film2 anime Jepang pada umumnya yang biasanya merupakan adaptasi dari manga, film Ghibli lebih terkesan independent dan berbeda. Pelem2nya lebih imajinatif, emosional dan edukatif.

Film2 Ghibli ini selalu sukses dipasaran Amerika, bahkan Disney sering membeli hak distribusinya secara international, tentu saja dengan di dubbing ulang menggunakan bahasa inggris, dan sejumlah artis terkenal sebagai pengisi suaranya. Ghibli sendiri sudah memproduksi film model gini sejak tahun 1984. dan sudah puluhan film dihasilkan, tapi yang mau gw bahas disini cuman 3 pelem yang berkesan banget buat gw.

Mononoke Hime (Princess Mononoke)

Pelem Ghibli pertama yang gw tonton, dan langsung jatuh hati. Gw tonton gara2 pelem ini sering disebut dalam novel serial Princess Diary. Setelah pencarian panjang, akhirna gw dapet juga dengan harga yang agak mahal *untuk ukuran bajakan*….. dan ga nyesel.

Pangeran Ashitaka (voice by Matsuda Yoji, versi disney by Billy Crudup) terkena gigitan beracun bintang yang dirasuki setan. Untuk itu dia harus membunuh bintang tersebut demi menyelamatkan hidupnya. Dalam pencariannya kesuluh penjuru hutan, Ashitaka bertemu dengan San (Ishida Yuriko, Claire Daines) yang dibesarkan oleh srigala. San membenci manusia yang selalu merusak hutan dan membunuh binatang2 tak berdosa.

Well, pesan moral dipelem ini jelas banget!! kayak slogannya WWF “Save the wildlife” tapi gw suka cara ghibli menyampaikannya. Bermain2 dalam imajinasi tentang kekuatan arwah pepohonan penunggu hutan, kodama, dan makhluk2 magis lainnya. Belakangan baru gw tau kalo pelem ini satu2nya pelem Ghibli yang tidak mengandung unsur ‘terbang’.

Howl’s Moving Castle

Sampai saat ini, pelem Ghibli terbagus menurut gw. Seru, imajinatif dan kompleks. Diadaptasi dari novel karya Diane Wynne Jones, pelem ini bersetting eropa di masa perang sihir, dimana para penyihir memegang peran penting dalam mengendalikan sebuah negara, dengan konflik politis, cinta dan pengkhianatan.

Howl (Kimura Takuya, Christian Bale) adalah penyihir muda yang menjadi tumpuan negara untuk memenangkan perang. Sebenarna Howl sudah muak dengan segala perang itu, tapi dia ga bisa meninggalkan tanggung jawabnya. Sampai suatu hari dia bertemu denga Sophie (Baisho Cieko, Jean Simmons) yang dikutuk jadi nenek2 oleh seorang penyihir jahat. Sophie yang baik hati bersedia merawat Howl yang kelelahan, hingga Howl jatuh cinta pada Sophie.

Nonton pelem ini bener2 berpetualang di magical world. Scarecrow yang bisa loncat2, rumah yang bisa berjalan, api yang bisa bicara dan penyihir ganteng yang bisa ganti2 warna rambut. Dan yang lebih bikin gw suka adalah kisah cintanya yang lebih transparant daripada Mononoke Hime ato Gedo Senki.

Spirited Away

Pelem yang meraih berbagai penghargaan, mulai dari Festival Film Berlin sampai Oscar, dan merupakan film animasi terlaris dalam sejarah Jepang. Sebuah film tentang dunia lain yang gelap, misterius dan magis. Jujurly, gw ga terlalu suka pelem ini karena kesannya gelap banget.

Ogino Chihiro (Hiiragi Rumi, Daveigh Chase) tersesat didunia arwah yang mengerikan. Dimana semua orang bagaikan dikendalikan oleh suatu kekuatan untuk bekerja tanpa berpikir ato protes. Chihiro ingin keluar dari dunia itu, tapi tak ada yang membantunya. Secara tidak sengaja Chihiro ketemu Hakku (Irino Miyu, Jason Marsden) yang kemudian membantuya keluar dari dunia itu.

Meski ceritanya original, tapi gw agak2 ga suka karena terlalu banyak makhluk2 jelek tampil disini. Dan kesan gelapnya terasa banget. Ga cocok sebagai pelem anime menurut gw. So, biarpun dia dapet penghargaan sebagai satu2 pelem animasi berbahasa asing yang pernah dapet oscar, tapi gw lebih suka 2 pelem sebelumnya.

Masih banyak lagi pelem2 ghibli yang sedang gw tonton *thanks to qnuy* Gw dah nonton Tales of the earthsea, Nausicaa, Tonari no totoro, Kiki’s delivery service, Castle in the sky dan Cat returns. So far belum ada yang sebagus ke-3 pelem diatas. Tapi nonton pelem2 Ghibli bener2 menyenangkan buat gw yang suka pelem2 fantasy. Bagaikan berpetualang didunia sihir nya Harry Potter……

7 thoughts on “Ghibli’s Movies : Magical Adventure

  1. deshou? Gibhli anime has its own magic. Selain menghibur dan imajinatif gue suka banget tiap pesan moral yg ada di tiap cerita.

  2. wah ternyata byk jg hasil produksinya yach? ntar mo hunting di petani ahyg udah punya baru spirited away. dah lama g belinya baru tau ternyata 1 produksi sama tales of the earthsea

  3. Belon nonton grave of the firefly, Tan…Qnuy, iya nuy… bener2 beda kesannya yah?Sophie : benul 1 produksi ama Tales of the earthsea-na iJun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s