Yonimo Kimyouna Monogatari : Cerita2 aneh

Yonimo adalah drama tv spesial (semacam FTV) yang diputar 1 atau 2 kali setahun. Drama ini sudah ada sejak tahun 90an dengan mengusung tema2 aneh, misterius atau horor. Gw sendiri (yang ngakunya ga suka pelem2 horor) udah nonton beberapa episode dan merasa terkesan ama cerita2nya. Karena itu gw pengen bikin review 3 episode yonimo yang cukup berkesan buat gw.

Mulai dari yang paling baru
2009 : The Law of recycling suicides
cast : Ikuta Toma

Tingginya angka bunuh diri di Jepang mungkin menjadi dasar penulis skenarionya untuk mengangkat tema ini. Menurut pendapat gw, orang Jepang ini orang yang cenderung mudah membuang nyawanya sendiri. Bahkan sempet kepikiran ama gw kalo orang Jepang itu berani mati tapi ga berani hidup.

Sepertinya pemerintah Jepang punya ide aneh untuk mengatasi masalah ini. Dibuatlah suatu unit khusus yang akan me-recycle hidup orang2 yang melakukan bunuh diri. Namanya juga barang yang di recycle, maka sudah pasti bentuk dan fungsinya sudah tidak seperti asalnya lagi. So, para re-cycle person ini pun dibuat bagai barang tak berharga dan dijadikan bahan percobaan obat2an beresiko tinggi, atau pertukaran sandera atau singkatnya jadi orang yang akan dikorbankan kalo ada peristiwa2 berbahaya. Betapa tidak berharganya nyawanya. Emang sih, kalo diri sendiri ga menghargai nyawa kita, jangan harap orang lain mau menghargainya.

Dan Ikuta Toma (sapa sih nama karakter dia disini) yang berkali2 selamat dijadikan bahan percobaan berikutnya dan berikutnya lagi, akhirnya menyadari bahwa dia sebenernya masih pengen hidup.

2006 : Yesterday Park
Cast : Dohmoto Koichi

Kalo kamu tahu bahwa sahabat kamu akan meninggal sore ini karena kecelakaan, apa yang akan kamu lakukan? tentu saja berusaha keras menyelamatkan temanmu itu atau setidaknya mencegah sang teman untuk tidak lewat jalan tersebut. Tapi apakah hal itu akan membawa kebaikan?

Koichi (gw lupa nama karakternya disitu sapa) mengalami penyesalan karena sahabatnya meninggal dalam perjalanan pulang sehabis maen baseball dengannya. Dia menyesal karena sempet menolak untuk mengantar dan ga bisa mencegahnya. Kalo saja…. andaikata…. dan seribu pengandaian lainnya menggelapkan pikirannya. Anehnya ke-esokan harinya Koichi bagaikan mengalami pengulangan hari (groundhog day) dan sahabatnya belum meninggal. So, dia berusaha keras menyelamatkan sahabatnya itu. Memang temannya ini berhasil diselamatkan, tetapi kejadian yang lebih tragis menimpa keluarga temannya itu. Dan Koichi pun lebih menyesal.

Esoknya kejadian ini berulang lagi… dan lagi… dan lagi… Setiap kali Koichi berhasil menyelamatkan nyawa sahabatnya dan keluarganya selalu ada kejadian yang lebih tragis lagi buat orang lain dan memakan korban jiwa lebih banyak. Koichi sadar bahwa meninggalnya sang sahabat adalah untuk menghindari korban jiwa yang lebih banyak lagi. Pesan yang gw tangkep adalah semua kejadian pasti ada hikmahnya, tidak perlu menyesalinya secara berkepanjangan. Tuhan pasti punya rencana dibalik semua peristiwa.

1995 : Toilet Graffiti
Cast : Takuya Kimura

Ga cuman di Indonesia, ternyata di Jepang juga yang namanya WC umum tuh pasti banyak tulisan2 corat2 ga penting. Cuman kali ini graffiti di toilet sebuah stasiun kereta di Tokyo agak aneh. Karena tulisan2 ini bagaikan peringatan bahwa akan terjadinya sesuatu hal.

Kimura Takuya tiba2 terkunci dalam toilet itu dan mengalami malam penuh teror dan horor. Sumpah gw takut banget liadnya. Sport jantung pisannnn…!!! Dia harus melawan kekuatan yang ga diketahui dari mana datangnya. Sampe akhirnya Takuya pingsan dan terbangun keesokan harinya. Dan ternyata semua tulisan itu ga ada, bahkan toilet pun tidak terkunci (pintunya aja ga ada).

Ini pelem yonimo paling horor yang pernah gw lihat *agak nyesel nontonnya, soalnya gw jadi takut pergi ke toilet sendirian* Tapi endingnya bagus deh.

+++++++++++

Well, masih ada beberapa film yonimo ini yang udah gw tonton; misalnya yang Matsujun, yang SMAP spesial, Inocchi dll.
Tapi yang paling bagus ya yang 3 ini…