Obrolan keluarga

Tadi pagi gw dapet email dari suaminya kakak gw yang di Surabaya. Gw cukup surprise karena kakak ipar gw ini jarang banget nelpon, sms apalgi kirim email. Boleh dibilang ga pernah. Isi emailnya begini

“Tante, punya skema proses pengolahan air PDAM yang berasal dari sungai ga?”

FYI, kakak ipar gw ini lulusan Teknik Kimia ITB. Jadi gw anggap dia tau lah dasar2 proses penjernihan air. So, gw kirimlah beberapa skema yang gw dapet hasil googling.

Ga berapa lama, gw dapet balasannya.
“Kalau process nya di sederhanakan, yang paling sederhana, dengan jenis bahan kimia paling sedikit bisa gak ya…, and apa saja paling diperlukan ?
arahnya memang tidak untuk human sanitasi jadi mungkin sejenis kaporit / Cl bisa dihilangkan.
Terus berapa lama residen time untuk di tiap kolom (sedimentasi). Flokulasi / pengadukan itu sifatnya wajib kah ?”

Sumpe, gw berasa bukan lagi email2an ama keluarga neh. Berasa lagi kerja aja….
Jadi gw balas lah dengan kalimat teknis.
“Air sungainya perlu dites dulu kandungnnya apa, Pakde.
Kalo untuk menghilangkan kekeruhannya (lumpur dlsb) mestinya pake PAC (poly alumunium chloride) atau bahan2 sejenis masih bisa. Waktu detensinya mesti dites dulu pake Jar-test di lab gitu.
Flokulasi itu sifatnya mempercepat terjadinya penggumpalan/penempelan lumpur. Kalo ga mau pake, mesti diganti semacam buffle biar waktu detensinya lebih lama.”

Terus kakak ipar gw ngebales lagi
“Kalau PAC diganti tawas (Aluminium Sulfat), cukup memadai kah ?, adakah rule of thumb dari konsentrasi keperluan bahan tersebut ?”

Berhubung pembahasannya udah berbau2 kimia, gw CC-in emailnya ke adek gw yang dosen Kimia murni di sebuah universitas di Bandung. Berharap dapet dukungan penjelasan atas pertanyaan kakak ipar gw.

Tapi balesan adek gw malah gini
“Dasar anak2 ITB!!!. Kirain……… tumben2an pada email2an. Ternyata……
Biarpun keluarga, tetep aja ya kalo nulis email kayak lagi ngebahas mata kuliah….. Heran!!”


*Gw ngakak2 bacanya…*

15 thoughts on “Obrolan keluarga

  1. janganpanggilakusexy said: mba, pas acara lamaran gak pada ngobrolin cincinnya harus terbuat dari zat apa saja kan ya mba?

    Enggak segitunya lah Tan, cuman ngomongin biaya pernikahan Kalo biaya pernikahan itu di investasikan dengan bunga sekian persen, dan target keuntungan sekian persen, maka akan terjadi ful cost ratio pada tahun keberapa. LOL!!Secara keluarga kaka ipar gw tuh orang ekonomi semua hehehehe

Leave a Reply

