Coccaine Cola

Sebenerna judul blog ini mau *ola-*ola, cuman takut dibilang iklan, jadi gw rubah aja.

Karena tadi ada yang membahas mengenai kadar caffein dan coccaine dalam minuman cola, maka gw jadi terinspirasi untuk membuat tulisan ini.

Well, buat temen2 yang sering hang-out ama gw pasti tau betapa gw addicted sama minuman berkarbonasi yang sering disebut cola. Mau yang merknya Pep**, ato Co** ato sejenis laennya. Ga tau kenapa, gw ngerasa kalo minuman tersebut bisa membantu gw untuk “stay awake” alias tahan begadang. Sebenerna ga heran sih, secara itu minuman mengandung kadar caffein yang cukup tinggi. Jadi boleh dibilang minuman ini bisa dikatagorikan sebagai energy drink. hehehehe…

Waktu masih kuliah dulu, kaka ipar gw (dulu masih calon) ngasih tau kalo minuman cola itu asalnya dari daun Coca, bahan dasar yang sama yang digunakan untuk membuat coccaine. Agak kaget sih sebenerna, cari tau sana-sini dan dapatlah informasi bahwa asal muasal minuman Coca ini adalah dari seorang ilmuwan kimia asal Italia, Angelo Mariani, menciptakan minuman tonikum bermerek Vin Mariani (dipasarkan sekitar akhir abad ke-19) dengan menambahkan ekstrak daun Coca pada tonikum tersebut, atas dasar khasiat yang ditimbulkannya, yaitu menstimulasi sistem syaraf pusat. Kandungan kokain dalam tonikum tersebut adalah sekitar 6 – 7,2 mg per 100 gram. Seorang pebisnis Amerika, John Styth Pemberton, membuat minuman sejenis di awal abad ke-20, dan mempatentkannya dengan nama Coca – Cola, namun, setelah Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS menyatakan bahwa ekstrak daun Coca dilarang dijual secara bebas, kandungan ekstrak daun Coca pada Coca – Cola dihilangkan dan diganti dengan caffein untuk mempertahankan efek stimulan-nya.

Gw pernah baca dimana ya, ada tulisan tentang jumlah caffein dalam minuman cola ini, makin “dark” larutan cola nya makin banyak jumlah Caffeine nya. So, diet-coke mengandung caffein lebih banyak daripada yang jenis biasa.

Demikian sekilas info
info lebih lanjut disini, disini dan disini

19 thoughts on “Coccaine Cola

  1. Yang gw heran, gw ga tahan minum kopi….Jantung gw suka berdebar2 tak terkendali kalo gw minum kopi. Bukannya membantu gw berkonsentrasi malahan jadi gelisah dan ga bisa tenang.Efekna mirip ama kalo gw abis liat Mang iJun *teteuuuuppp*

  2. Hue… Baru tau.Untung aku gak pernah minum sich (minum tapi jarang sekali)… Gak boleh sama dokter karena kalo banyak minum soda jadi bikin aku tambah gemuk. Hehehe…Ternyata mengandung kafein juga, berarti kalo dikonsumsi banyak2 rada berbahaya juga ya…Thanks infonya Mbak.. ^^

  3. haiqa said: Efekna mirip ama kalo gw abis liat Mang iJun *teteuuuuppp*

    hahahahaha…. lol loltp emang bikin addictedaku jg kl udah mulai minum, besoknya… besoknya… besoknya jadi pengen lagi…lagi…dan lagi…

  4. hoho tadi ga saya baca mereka dulu punya kandungan cocaine waktu cocaine masih legal di sana sekarang diganti caffein tp masih ada ekstrak coca leaf *nah loh*quote:Coke had cocaine in it long ago; it is flavored with an extractfrom the coca leaf (the plant from which cocaine is extracted).Back a long time ago cocaine was being touted as “the new aspirin”and was available from the corner drug store, just like aspirin.Then people started getting addicted to it, it was madeillegal in the US, and Coke susbtiuted caffeine for the cocaine togive the drink a “lift” without the addiction…but the coca leafextract is still used in Coke as far as I know.http://www.newton.dep.anl.gov/askasci/gen99/gen99040.htmtapi daun coca kalau dikunyah bergizi loh XDDkatanya “Coca leaves are rich in vitamins, protein, calcium, iron and fiber.” tp sayangnya merusak gigi jugahttp://www.cocaine.org/cokleaf.html

  5. aku ga suka minum coke, minimal minum fanta. supaya melek, biasanya minum coffe mix, itu juga bukan karna bikin aku ga ngatuk. tapi bikin aku mules, kan ga jadi ngantuk tuh….hahahah…baka*kalo minum kopi, apa aja, langsung ditanggung mules!*

  6. gak bisa minum bginian..pasti langsung kumat maagna..kalo mo melek cukup segelas coklat anget, teh anget ato duit berwarna merah dicolokkan ke mata..huehehehe

  7. Tiap blanja bulanan gw slalu bli 2-3 botol cola jg mbak jd slalu ada dirmh and abis aja tiap bln ^^ ktna bs diabetes jg kl kbnykan! Tp kalo diluar gw lbh addict teh botol kl dirmh br cola,ga suka fanta dll seh..

  8. Huahahhahha gw justru minum cola kalo hari prtama ‘dapet’ jadi keluarnya banyak dan pol plus mules2 nga jelasnya ilang tapi mang siiih gw juga rada nga bs stop kalo minum kola apalagi pake es maknyusss

  9. wah.. tante makasih infonya.. lumayan buat nambah pengetahuan ^^sekarang lagi gak demen, abis minumnya bikin lidah jadi aneh.. gara2 sodanya itu.. hhahahabikin merem melek waktu minumnya hahahah

  10. ya ampun…kayaknya ahrus berenti minum ini nih..takut ah..secara 1 liter botol besar abis dalam waktu sehari..tau sendiri lah disini panasnya amit-amit jabang baby…tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkk!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s