Rabun Senja

Buat yang udah nonton You’re Beautiful, pasti tau dong kalo si Tae-kyung itu penya penyakit rabun senja atau diterjemahinnya Dark Blindness. Kalo menurut wikipedia nih Rabun senja atau rabun ayam (nyctalopia) adalah sebuah penyakit mata yang menyebabkan penderitanya kesulitan melihat jika kekurangan sumber cahaya.

Penyakit ini diakibatkan oleh kekurangan vitamin A. Istilah rabun ayam alias rabun senja ini berasal dari kondisi ayam yang sulit melihat dengan baik ketika senja. Di saat seperti ini mereka tidak menyadari apa-apa apabila ada bahaya didekat mereka. Jika mereka kaget, mereka akan terbang dan menabrak sana sini.

Secara gw juga punya penyakit yang sama, gw ngerasa kesindir banget LOL. Gw ngikik2 ndiri liat sikap na si TK ini kalo lagi dalam kegelapan. Soale gw tau apa yang dia rasakan, hihihihi. Sebenerna gw ga jadi buta, cuman jarak penglihatan gw terbatas banget. Udah mah mata gw minus 3,5 yang kalo siang aja jarak pandang gw tanpa kacamata cuman 3 m. apalagi kalo malam.

Karena kekurangan ini pula, Aa suka panik dan ribut banget kalo gw magrib2 masih di luar rumah dan bawa mobil. Karena jarak pandang gw juga jadi sangat terbatas pada saat magrib. Apalagi di Bandung yang lampu penerangan jalan umumnya minim sekali. Beda ama di ibukota Jakarta yang terang benderang, makin malam makin banyak lampu yang nyala lucu2. Terutama di jalan2 protokol.

Beberapa temen yang pernah nginep dirumah gw pasti tau kalo gw ga bisa tidur dalam gelap. Jadi gw lebih milih lampu dinyalain atau minimal ada setitik cahaya yang bisa nerangin muka gw.

Waktu gw di Kalimantan dulu, rumah gw di hutan dan belon ada listrik, dan kalo malem pake genset untuk penerangan satu komplek. Suatu ketika gensetnya mendadak mati dan sekililing gw gelap gulita. Secara ini di hutan dan bener2 ga ada penerangan apapun. Gw terbangun dengan panik dan napas gw sesek banget. Dan gw pun nabrak2 kesana kemari persis kayak ayam yang panik.

16 thoughts on “Rabun Senja

  1. Bagoooos this week theme everythng related to TK hahhahaTadi kirain mau ngebahas betapa banyak yg rabun senja nga ngeh-an sama semua peran JGS hehheEh tapi gw nga tau loe rabun senja teh.

  2. mba..kalo sekarang aq kbalikannya rabun ayam..kalo kbanyakan sinar malah pusing..sebel…apalagi kalo liat sinar kelap-kelip..pusinggggggbrarti disebut rabun maya dunk..hihihihihi..eh mba..itu ada hubungannya ma kbiasan tidur dg lampu terang gak??bisa sembuh gak sie?

  3. sama banget…aku juga rabun ayam…kalo ga pake kacamata sungguh2 menderita…. kalo dah sore or cuaca mendung, jangan harap bisa liat cowok cakep… semua bermuka rata!

  4. aku juga punya silinder, yg aku tau itu juga berpengaruh sama cahaya yg masuk ke mata. makanya aku kalo liat warna item, itu jadi hitam keabu2an… kan mba fiya pake kacamata? mang kalo sore masih rabun juga mba?

  5. widwod said: eh mba..itu ada hubungannya ma kbiasan tidur dg lampu terang gak??

    Biasanya orang yang rabun senja ga suka tidur dalam kegelapan. Gw ga tau apakah ada hubungan sebab akibat. Tapi penyebabnya sih kekurangan vitamin A.Mungkin kalo banyak2 makan vitamin A bisa sembuh.

  6. sticyo said: kan mba fiya pake kacamata? mang kalo sore masih rabun juga mba?

    Kacamata cuman membantu penglihatan gw Es. Artinya kalo ga pake kacamata, bakalan lebih parah.Jadi misalnya kalo sore, jarak pandang gw dengan kacamata 10m. Tanpa kacamata 1mTapi kalo siang, penglihatan gw lebih baik. 3m kalo ga pake kacamata.

  7. aku juga ga bisa tidur gelap2an mba, sesek.. andaikan emang terpaksa gelap2an pasti matanya harus kearah berkas sinar terakhir yang tersisa si malem itu. banyak2 makan wortel mba, biar go mi nam nya pulang…:-|

  8. sempet mikir klo gw jg rabun senja, soalnya klo lewat magrib mata gw jg susah ngenalin daerah sekitar gw…prnh kejadian gw plg jalan kaki *dr rmh sepupu yg letaknya ga jauh dr rmh* trus di jalan itu gw ditegur teman, gw clingak clinguk nyari temen gw itu krn gw sama sekali ga tau dia berdirinya dimana LOL apa itu termasuk rabun senja? tp gw ga takut tuh klo tdr di kegelapan…malah gw lbh ga suka dgn lampu yg terang benderang, palagi klo siang hari >.<

  9. haiqa said: Kacamata cuman membantu penglihatan gw Es. Artinya kalo ga pake kacamata, bakalan lebih parah.Jadi misalnya kalo sore, jarak pandang gw dengan kacamata 10m. Tanpa kacamata 1mTapi kalo siang, penglihatan gw lebih baik. 3m kalo ga pake kacamata.

    aku juga kalo ga pake kacamata pasti rabun aku mba… mau siang, mau malem… :(kalo lagi pake kacamata, pasti didalam hati aku bilang… Subhanallah, semua jadi indah…(beneran loh)emang kalo siang lebih lumayan….

  10. iya mba, klo ada cahaya ga masalah ^^tp herannya lg, klo mati lampu di banding org di rmh gw lbh sigap nyari senter ato lilin na LOL sampe2 gw bilang krn rabun senja gw itu akhirnya gw dikasi mata kucing LOL gw jg lbh cepat ngapal jalanan klo malam dibanding klo siang LOL…gw pake insting kali y jalan na, abis klo siang gw bisa tersesat, tp klo malam kaga LOL

  11. wah, fi, elu rabun senja yach? ngga nyadar…pas nginep pertama lampu terus nyala khan krn rysma terus ngopyyg kedua kmrn g ketiduran dulu😛 tp wkt kita plg dr dufan kmrn gelap2 ngga papa khan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s