Mother – Daughter Relationship

Buat orang2 yang pernah ketemu nyokap gw pasti tau atau minimal punya kesan bahwa nyokap gw galak dan straight to the point. *Esty pernah kena getahnya, Sorry ya Es…* Ga pernah ragu2 bilang masakan seseorang itu ga enak, didepan orangnya langsung, meskipun sedang diundang makan dirumah orang itu *siapapun dia, biar besan sekalipun*

Nyokap gw tipe orang tua yang ngatur dan selalu mengkritik anak2nya. Bahkan sampe kami menikah dan punya rumah sendiri pun, nyokap gw masih suka ngatur dan mengkritik cara kami menjalankan rumah tangga. *Untung ga punya anak cowok, kalo ada, pasti kesian yang jadi menantunya*

Kalo nyokap gw ke Surabaya, ke rumah kakak gw, pasti seribu komen dilontarkan. Mulai dari dapur yang berantakan, sampe warna gorden yang ga matching ama sofa. Gw sangat salut ama Kakak gw dan suaminya yang sangat cuek *pasangan paling cuek yang pernah gw tau* Ga pernah diambil pusing ama omongan orang, mo itu bos nya, tetangganya, kakak iparnya, ato bahkan nyokapnya sendiri. Beda ama adek gw yang sangat perasa dan sering pundung *sakit ati* karena nyokap.

Kalo gw adalah tipe pembantah. Waktu SMA/Kuliah tiada hari tanpa bertengkar sama nyokap. Penyebabnya macam2 mulai dari terlalu sering pulang malem, ampe soal cowo gw yang preman *secara Aa dulu tipe cowo gondrong dan bad boy banget* Anehnya setiap pertengkaran selalu berakhir dengan gw yang nangis dan pada akhirnya gw selalu ngerasa bersalah dan tertekan. Bahkan sampe setelah menikah pun, gw masih sering merasa begitu.

Gw adalah orang yang jarang terintimidasi oleh orang lain. Kalo ada orang galak sama gw, gw akan lebih galak. Dia jutek, akan gw bales jutekin. Dan kalo orang itu ngatur gw, maka akan gw lawan dengan cara gw sendiri. *Sebelum ngatur orang laen, liad diri sendiri dulu deh!!* Tapi menurut Aa, cuman nyokap gw yang bisa bikin gw stress dan gelisah. *bahkan hanya dengan sebuah permintaan aja*

Beberapa tahun terakhir, gw mencoba berdamai dengan nyokap gw. Berusaha untuk ga ngebantah dan ga ngerasa sakit hati ama apapun yang diomongin nyokap. Gw mesti nerima sifat nyokap gw apa adanya, ga bisa dirubah lagi…. dan ga bisa dihindarin juga kan? *dia nyokap kandung gw gitu lo…* Tapi namanya jejak masa lalu, emang susah hilangnya.

Kalo nyokap bilang mo kerumah gw, maka gw bakalan sibuk beberes, dan nyiapin apa aja yang sebenerna ga perlu *karena pasti tetep dikritik ama nyokap gw* Gw tau gw seharusnya ga ngarep pujian dari nyokap. Ga dikritik aja udah bagus deh. Tapi tau kenapa kalo denger kritikan dari mulut nyokap gw, tetep ada rasa kecewa di hati gw *kecian yah gw?*

Waktu gw kos di Pancoran, nyokap pernah nengok dan bilang kalo kamar gw berantakan dan ga pernah diberesin. Padahal itu baru gw beresin sehari sebelumnya, yang bener2 beberes gitu…. karena nyokap mau dateng. Gemana kalo nyokap inspeksi mendadak? Pasti ceramahnya panjang x lebar x tinggi.

Nah, hari minggu kemaren nyokap bilang mo ke Jakarta, gw grogi karena belon sempet beresin kamar di kosan. Sepanjang perjalanan gw mikir apa yang ga beres di kamar gw *ampe Aa senyum2 ndiri liad stress nya gw, dan ngelus2 punggung gw karena kesian* Dan bener aja, begitu nyampe, nyokap buka lemari, liad keliling kamar dan yang pertama dikomentarin adalah…….

“Poto siapa yang kamu pajang?” dengan nada tajam dan menusuk.

Hah?? Kaget gw… poto? Poto sapa?

*jedang!!!*

Baru inget gw ada poster mang ijun segede gaban di kamar gw
hehehehehe ……..

51 thoughts on “Mother – Daughter Relationship

  1. hehehe…si mbak…iya mbak,,,aku juga sering bgt ngelawan nyokap…bahkan kadang aku nggak nurutin tuh kata nyokap (klo emg lagi males disuruh)*anak durhaka*klo masalah beberes rumah,, aku sampe di-cap… “kapan nie anak berubah??… mo nunggu ampe kapan baru bisa berubah??” sangkin seringnya aku ngelawan klo si mami udh mulai protes masalah aku yg mls beresin rumah…hehehe,,,…mo gimana lagi mbak,, tuh emak kita juga…hehehe…

  2. hwahahaha,.. mamanya sampe buka lemari teh? *alhamdulillah mamiku gak sampe buka lemari* mami di rumah juga bilang rumahku berantakan, padahal aku hobi bebenahtapi masih kalah jauh lah sama nyokap, secara mereka juga gak ada kerjaan lain kan?sampe pohon aja dilap satu-satu daunnya, hahaha buang waktu.tapi positifnya kita jadi semangat beresin rumah kan teh, sama tau nyokap khilaf dan muji kita (“>)soal poster mang iun? hahaha

  3. xixixixi…..mba yg ditemuin poto mang ijun doank, poto para brondong jahaman dipasang dmn mpe ga keliatan nyokap…. *kebayang nyokap nemu potona mang ijun, wakakakak*yah, beliau2 ini yg nambah cerita dihari2 kita mba,untunglah nyokap gw trmsk nyokap gaul, walau kdg pengen ngmg bhs inggris sering salah ucap n trz jd cengannya laki n ade gw…. *anak ma mantu kurang ajar*

  4. @Ami : Mau maksa supaya nyokap bisa ngerti gw bahwa ini cara hidup yang gw pilih, kok kayaknya terlalu muluk ya? Mo bilang kalo gw nyaman dengan kondisi begini…. juga ga bakalan digubris….So, gw terima aja deh…… Mo gemana lagi…. @Nissa : Sebenernya bukan buka lemari nya yang gw pusingin… Tapi komen2nya yang suka menusuk dan bikin sakit ati….. Padahal nyokap juga bukan orang yang bersih banget. Kayaknya emang gatel aja mulutnya kalo ga komen *maafkan daku bunda…*@Vika : Mana ada mantunya nyokap gw yang berani ngeledek nyokap. Ngobrol ama nyokap aja jarang…. Kalo pas lebaran, para mantu cowok, bikin konprensi sendiri di teras depan.. hahahaha

  5. waduh teh, kalo nyokap lo ngeliat kamar gue kayaknya bakalan pingsan dgn mulut berbusa deh secara berantakannya sampe bikin yg punya kamar pasrah ga tau mau mulai beberes dari mana jadiny pasrah aja *padahal emang males luar biasa wakaka*ortu sih alhamdulillah plain2 aja, anaknya ga demen beberes ya sud, sering pulang malem gpp asal beneran pulang, ga bisa masak pun ya mau diapain lagi *lho, ini jatohnya bagus apa jelek sih? xixixi..*anyway intinya gimana pun ortu kita yg cuma kita bisa lakuin nerima mereka apa adanya and we love them still.jadi kangen emak gue, emaaak T_Ttrus apa kelanjutannya setelah nyokap nangkep basah elo ama mang ijun? *biar yg punya blog seneng*

  6. thx for sharing ya mbak fiya..nyokap gw juga emang cerewet. tapi kalau masak enak banget. kalau gw pulang tuh dimasakin yg enak2. sampai sekarang kita tiap ari pasti tettelponan cuma nanya masak apa-masak apa and curhat soal menu dan sayuran hahaha

  7. qnuy said: *biar yg punya blog seneng*

    Daku ga perlu sogokan lu Nuy!!! LOL…..Gelagepan cari alesan, akhirna gw boong dikit dan bilang kalo itu dikasih temen gw yang dari Jepang… Oleh2 booo, jauh pula… sayang kalo ga dipejeng *bener2 anak durhaka gw*Dan nyokap cuman melengos saja…

  8. menurut guwe sih udah waktunya teh nyokap loe berdamai dengan calon besan sleingkuha elo..si mang ijun huahuhauauuauauaauua..satu daris sedikit hal yg gw syukuri kalo gw nga begitu kenal sosok emak/ibu/mama/bunda hehehehhehe

  9. wah serem amat nyokap mba fiy…. mungkin kalo aku jadi anaknya, aku pasti jadi yg paling kecil …perasa…kalo dari cerita2 kakak2 iparku ibunya cahyo tipenya kaya ibunya mba fiy deh… alhamdulillah udah almarhum *sayang maap yak* … jadi aku ga pernah diomelin…hihihi… kalo beliau masih ada, pasti aku udah dimaki2 tiap hari…males banget beberes….wkwkwwk

  10. li9htzan93 said: udah waktunya teh nyokap loe berdamai dengan calon besan sleingkuha elo

    Ih, gw pengen tau lo.. mamanya Mang ijun kayak apaan…. *komen ga penting*

  11. hehehe dimana2 motherxdaughter relationship emang rumit yaklo nyokap saya termasuk yg overprotective, mungkin karena saya anak cewe sendiri tp adik saya yg cowo jg diprotect sih akhirnya anak2nya jadi rada spoiled & dependant,pas pertamakali saya nginep di luar udah SMA buat pesantren kilat, keluarga saya nyewa villa aja gitu di samping villa yg saya tempatin, sampai sekarang klo saya pulang telat pasti ditelpon biar cepet pulangmakanya waktu kuliah dan ngekos jiwa petualang saya jadi bangkit, ke event2 jejepangan ampe larut malam, & ngewarnet ampe pagi. untungnya sih sekarang dapet suami yg cuek & pengertian

  12. gue aja yg cuman liat mbak fi di’omongin’ ampe stress liatnyajadi maklum lah klo mbak fi emang bawaannya stress mulu klo deket ibunyatp bagaimana pun itulah ibu, and stuju mbak berdamai lebih enak, menghemat emosi…soal poto ijun, umumnya orang majang poto weeding, makanya dia shock lah liat poto cowok cakep segede-gede gaban hehehe

  13. sticyo said: kalo dari cerita2 kakak2 iparku ibunya cahyo tipenya kaya ibunya mba fiy deh…

    Kebalikan ama mertua gw, Es… Yang ga pernah mau ikut campur ama urusan anak2nya yang udah merit. Mau anak – menantunya lagi bertengkar hebad ampe ampir cere pun, ga pernah berusaha ngedamaikan ato memperuncing suasana

  14. jadi inget ibu di rumah…aq juga kayak gitu n sedang mencoba utk berdamai dg beliau. Klo seminggu aja di rumah aq blm skalipun bertengkar ama ibuku pasti bapak bingung. Aq jg termasuk org yg masa bego tp cuma ibuku yg bisa bikin aq nangis n tertekan *wlo ga sekeras ibumu sih* dan untungnya *ato sialnya* ibuku tipe bertengkar habis itu ya udah padahal aq tipe dimasukin ke hati. Jadi aq blajar buat masa bodo ama omongan orang berkat ibuku, hahaha!

  15. arashihonou said: hehehe dimana2 motherxdaughter relationship emang rumit ya

    iya… kompleks banget. Satu sisi gw pengen jadi anak yang berbakti dan nurut ama nyokap, tapi disisi laen gw pengen jalanin hidup seperti yang gw mau-in sendiri….

  16. estyfeby said: gue aja yg cuman liat mbak fi di’omongin’ ampe stress liatnya

    Sori banget Es…. Esty ampe takut mo ketemu nyokap gw lagi heheheheGw milih buat diem aja. Terima salah. Walo hati gw berontak dan kepala panas ampe keubun2… heheheGa punya foto kawinan yang gede Es…. *jadi pengen bikin neh….*

  17. utakutik said: ibuku tipe bertengkar habis itu ya udah padahal aq tipe dimasukin ke hati.

    Kalo soal bertengkar mah nyokap gw juaranya!! Sama kakak gw pernah ga ngomong ampe 1 minggu!! Kakak gw kan cuek dan keras hati. Ga mau ngalah… Kalo gw ga tahan tuh, pasti gw akhirnya minta maaf duluan.

  18. haiqa said: Kebalikan ama mertua gw, Es… Yang ga pernah mau ikut campur ama urusan anak2nya yang udah merit. Mau anak – menantunya lagi bertengkar hebad ampe ampir cere pun, ga pernah berusaha ngedamaikan ato memperuncing suasana

    wah cuek banget ya… lucu yah, kita sering pengen ibu or mertua yg cerewet itu ‘diem’ tidak berkomentar…tapi pasti ada saatnya kita juga pengen/perlu/butuh mereka berkomentar….

  19. ibuku sih gak betah diem lebih dari sehari jadi biasanya aq yg aksi tutup mulut tapi toh gak bakal lama coz ga tega liat ibuku. Aq sih ga pernah minta maaf…hehehe, gak diajarin sih *keraskepala*

  20. haiqa said: Speechless gw…..

    yaaaaaaaaaaa jangan dong teh Fi.. gw nga kenal deket karena emak guwe hampir 3/4 hidup guwe tinggal diluar negri ikutan bokap dan bokap udah nga ada dia juga tinggal di luar negri so basically i didnt know this mother figure..tapi gw punya tons of aunties yg kurleb kaya nyokaploe secra gw batak dan percayalah tante2 dibatak itu mengalahkan nyokap manapun disatukan wkakakakkabut secara rebel is in my blood semua itu nga ngaruh and since i can take care of my self since i was like 5 yo nothing they can say that can run my life hehehhehe well make it my life and my sisters life hahhahahhaha booooooooooooo curhat niii

  21. li9htzan93 said: nothing they can say that can run my life

    Gw pengen banget begini nih Nao, ama nyokap gw.Nothing my mother say that can ruin my life….Tapi ga bisa nih…. terlalu emotionally attached gw ama nyokap.

  22. jadi ajang curhatan nie..hehehekalo aq ma emak ku itu cara ngomongnya emang kaya orang lg berantem, treak2an..but truly itu cara kamu berdua ngomong, hanya saja dikira2 orang2 qt lg berantem..ehhehehe ampe oom ku protes, padahal beneran ga knapa2.–> bgitu aq kuliah, tetanggaku bilang, kangen ama treakan ku..huehehehekalo masalah beberes mah..emakku dah give up huehehe, dulu pas kuliah juga gitu mba..begitu emak mau dateng beberes deh..tp abis itu pas aq kuliah cuma bilang, mah kalo kurang rapi, mintol diberesin lagi ya..hehehe *anak kurang ajar*

  23. widwod said: kalo aq ma emak ku itu cara ngomongnya emang kaya orang lg berantem, treak2an..but truly itu cara kamu berdua ngomong, hanya saja dikira2 orang2 qt lg berantem

    sama ama gw wid, dirumah yg doyan triak2 tu gw ma nyokap… misua suka marah tuh kalo gw dah triak2, padahal ga berantem… emang bawaan suara yg loud speaker, apalagi yg diajak ngomong triak juga, pasti ikutan kenceng…..

  24. haiqa said: @Ami : Mau maksa supaya nyokap bisa ngerti gw bahwa ini cara hidup yang gw pilih, kok kayaknya terlalu muluk ya? Mo bilang kalo gw nyaman dengan kondisi begini…. juga ga bakalan digubris….So, gw terima aja deh…… Mo gemana lagi…. @Nissa : Sebenernya bukan buka lemari nya yang gw pusingin… Tapi komen2nya yang suka menusuk dan bikin sakit ati….. Padahal nyokap juga bukan orang yang bersih banget. Kayaknya emang gatel aja mulutnya kalo ga komen *maafkan daku bunda…*@Vika : Mana ada mantunya nyokap gw yang berani ngeledek nyokap. Ngobrol ama nyokap aja jarang…. Kalo pas lebaran, para mantu cowok, bikin konprensi sendiri di teras depan.. hahahaha

    hahahaha, konprensi diteras…..jah mba kebalikan para mantu paling jarang n ga betah ngmg ma bokap….jd klo pd ngumpul bokap didlm dgn tipi, anak mantu pd konprensi + ngakak brg diteras eh nyokap gw ikutan pula trz kita2 ledekin nyokap “Bu haji, Pa haji ngambek tuch dicuekin”…. nyokap cuma bilang “sekali2 masa ‘ngetek ma maknya mulu”……. hehehehe,

  25. hahaha.. bokap lu masih netek?? *ga penting*Bokap gw udah ga ada sih, sebelum gw dan adik gw kawin. Jadi ga pernaha ada cerita antara bokap dan mantu cowoknya.

  26. wakakak, alah dibahas….. iye mw nya ditemenin n nempel mlu ma nyokap, *suka ngambek klo dicuekin*nyokap gw lg mang rada2 reman jd dgr kita ngumpul n ngakak dikit lantas aja gabung….

  27. percakapan yang sering terjadi sama emak gue :di pusat perbelanjaan“Feb, pilihin mama eye shadow sama lipstik ya”di kala di kantor, dapet sms“susu habis, beli ke giant ya. sekalian beliin mama bedak”di kala ijin mau nginep“inget jangan seks bebas, baik sama cewek maupun sama cowok” :p

  28. serius gue….emak gue itu boru tambunangue kalo ijin nginep lebih gampang kalo semuanya cewek daripada sama cowok-cowokkalo gue jalan sama cowok pasti udah dikuntitin sama nyokap gue*harafiah, ini beneran terjadi XD*

  29. janganpanggilakusexy said: *harafiah, ini beneran terjadi XD*

    ajegile….kaanlah kita kerumah kau tan…fenomena banget nyokap loe hehhehehiya teh sampe samaan..boru tambunan paling cool yg pernah gw encounter hahahahhahaa

  30. haiqa, kalo masalah beli make up sama baju sih iya. Tapi sisanya, dah beneran gue dianggep kaya anak cowok. Termasuk kalo ade gue belom pulang, yang ditelpon gue suruh maki-maki ade gue. Emak gue gak pernah mau nasehatin ade gue, itu dah jadi tugas gue >.<arashihonou enggak cool juga seh sebener na emak gue. cuman dia pasti bisa liat lah kelakuan anaknya :p prinsip gue ya jadina mirip sama emak gue : “gpp ejke ngelambai, asal jangan buat dosa aja” gitu deh jadi na. cuman bisa mengaggumi dari jauh kalo mandang, tapi gak berani nyemplung gue wkwkwkwkwk

  31. janganpanggilakusexy said: kalo kata temen gue : “yang gak dibolehin kan seks bebas. artina kalo lo nikah di belanda sama lekong gak ada masalah donk cong?!” wkwkwkwk

    wkwkwkwkwkkwwkwk….undang kita2 ya kalo jadi nikah di sono, sekalian tiket pesawatnya ^^

  32. jdi inget pasangan vietnam yg gw ketemu dikereta dari paris yg belain ke amsterdam cuma buat merit hahhahahaayo taaaaaaaann gw dukuuung hehehhehe gw kasih deh gratisan WO –> guwe

Leave a Reply

