Baik dan Tulus

Seseorang berbuat baik belum tentu akan merasa tulus, tetapi orang yang tulus sudah tentu dia berbuat baik

Kebenaran moral mengajarkan bahwa berbuat baik itu harus disertai ketulusan. Tapi apakah ketulusan berbuat baik benar-benar pilihan yang paling tepat?

Gw tau gw bukan orang yang baik. Tapi gw berusaha selalu tulus.

Maksud gw, kalo gw berniat menolong orang lain, maka gw akan menolong nya dengan sepenuh hati. Tanpa prasangka, tanpa mengharapkan pujian atau timbal balik. Mungkin ucapan terima kasih aja udah cukup buat gw.

Gw ga akan pura2 baik sama seseorang, ngasih bantuan tapi dibelakangnya ngedumel, ngomongin atau ga ikhlas. Kalo gw ga mau nolong atau ragu2 mo nolong seseorang, maka gw akan menolak menolong orang itu dengan berbagai cara penolakan.

Jadi apakah gw tulus?

Dapat teori “tulus” dari MP nya seseorang

Seseorang baru bisa dikatakan bersikap tulus jika unsur afeksi lebih kuat mempengaruhi tindakan, sudah tidak peduli lagi dengan optimalisasi keuntungan dan konsisten melakukan kebaikan walaupun kadang menimbulkan dis-insentif bagi diri sendiri.

Bingung ga lu??

26 thoughts on “Baik dan Tulus

  1. berasa denger omongannya Mario Teguh wakakakaka..tapi iya sih teh, gue lebih pilih untuk merasa tulus dari pada memberikan sesuatu dengan maksud menolong tapi di dalam hati gak ngerasa sepenuhnya ikhlas

  2. tapi kalo gw nuy, lebih banyak perasaan “ga enak”. jadi walaupun gw ga ikhlas, tetep gw kerjain…. kecuali ama orang2 tertentu, yg kalo gw tolak permintaannya akan mengerti….

  3. sticyo said: tapi kalo gw nuy, lebih banyak perasaan “ga enak”. jadi walaupun gw ga ikhlas, tetep gw kerjain…. kecuali ama orang2 tertentu, yg kalo gw tolak permintaannya akan mengerti….

    gue juga kadang gitu sih, dulu malah sering tapi yang ada malah kesel sendiri dan merasa kok gue jadi munafik gitu ya, jadi makin kemari makin dikurangi. Kalo bener2 kepepet baru deh bilang ok😀

  4. erm..guwe lebih kearah ihklas kali ya kalo mau ngelakuin apa aja buat org lain..ikhlas tuh tulus nga ya?tapi guwe setuju paragraf terakhir..bahwa tulus tuh lebih kearah memberikan perhatian yg lebih bhakan ccenderung berlebih hehehhe tanpa mikir untung/rugi walo bahkan hasil akhirnya malah merugikan diri sendiri…satu lagi teori guwe org paling tulus tuh kalo lagi jatuh cinta..semua dilakukin inthe name of lovemakanya tulus sering banget beriringan dgn kata cinta..li9htzan93 lagi kumat juga nih teh hehhehehee

  5. li9htzan93 said: satu lagi teori guwe org paling tulus tuh kalo lagi jatuh cinta..semua dilakukin inthe name of lovemakanya tulus sering banget beriringan dgn kata cinta..

    Begitu cinta udah ilang, langsung berasa rugi bandar deh…. hehehehe

  6. berarti cinta ga tulus dong Nao…Soale lu melakukan semua kebaikan atas nama cinta dengan harapan si dia mencintai lu balik.Kalo dia ga cinta lagi, jatuhnya lu bete n dendam pengen ngebales. iye ga sih?

  7. khan tulusnya pas mencintai..kalo udah kelar or udah dapet psri nga tulus hauauauuaau bukannya org kalo lagi cinta nga mengharap apa2 selain kebahagian org yg dicintai? guwe nga tau..belompernah jatuh cinta wakakakkakaka

  8. inget lirikna deh..jika surga dan neraka tak pernah ada..akankah qt tunduk padanya *bener gak sie*means..biasanya manusia itu bertindak karna ada sesuatunya..kalo gak ada 2 itu apakah qt tetep nyembah tuhan?ehmm kalo mnurutku semua tindakan qt itu didasari oleh suatu alasan..bisajadi alsannya simple..coz ur mi pren..ya aq baek padamu..gitu..eh gitu gak sie??hehehehe

Leave a Reply

