Penyakit Akibat Mouse

Waktu ichal nginep dikosan kemaren, kita berdua punya keluhan yang sama yaitu pegal/kaku otot pergelangan tangan. Kita tau ini pasti karena kelamaan megang mouse, sempet terpikir juga apa karena kita udah tua ya? ampe pegang mouse ga kuat lama2….

Sampe adek gw bilang kalo emang ada penyakit diakibatkan oleh mouse. So, gw googling dong… dan dapetlah…..

+++++++++++++++++++++++++

KOMPUTER memang memberikan banyak kemudahan. Berbagai kelebihan dan program yang ditawarkan barang elektronik ini membuat orang tergantung padanya. Namun siapa sangka jika mouse memiliki potensi bahaya yang perlu diwaspadai.

Setiap hari, frekuensi pergerakan tangan dengan salah satu hardware komputer ini terus bertambah. Pengaruhnya terhadap pergelangan tangan memang tak terasa dalam hitungan menit. Namun untuk orang yang seharian harus menekan tuts dan menggerakkan mouse, Repetitive Strain Injury (RSI) menjadi ancaman serius.

Salah satu gejalanya adalah nyeri pada pergelangan tangan maupun pada jari-jari tangan. Menurut dr Grace Tumbelaka SpKO, Repetitive Strain Injury adalah cedera atau kerusakan yang terjadi pada otot atau jaringan syaraf tubuh lainnya karena melakukan sesuatu secara berulang-ulang dan berlangsung selama bertahun-tahun. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada otot dan jaringan syaraf yang berawal dari suatu perobekan.

Sebagian orang mungkin mengenal Repetitive Strain Injury itu sebagai Carpal Tunnel Syndrome (CTS). “Dalam istilah medisnya biasa disebut dengan gejala mati rasa, ngilu dan lemah akibat iritasi pada bagian tengah otot di sekitar pergelangan tangan,” terangnya.

Cara mengatasi Repetitive Strain Injury tambah dr Grace adalah dengan memijat langsung otot dan serabut saraf yang mengalami ketegangan. Cara lain adalah melakukan olahraga ringan dan berulang kali setiap 30 menit sebelum mulai bekerja.

sumber : selengkapnya baca disini

++++++++++++++++++++++++++++++

Teknik menggunakan Mouse yang benar

  1. Genggaman Mouse – anda tidak perlu mencengkeram—atau mencekik—mouse anda (karena si mouse sudah mati)! Pegang mouse anda dengan lembut untuk menggerakkannya.
  2. Mouse dengan bantuan siku – jangan menggerakkan mouse dengan pergelangan tangan saja. Gerakkan mouse dengan bantuan siku sebagai titik tumpu dan jaga supaya siku tetap lurus dan tidak kaku.
  3. Posisi mouse yang optimal-bersandar di kursi anda (jika tidak punya kursi geser komputer anda sehingga anda bisa bersandar di dinding), lemaskan tangan anda kemudian angkat tangan yang memegang mouse dengan bertumpu pada siku, sampai posisi tangan lebih tinggi dari siku (jadi anda butuh bantalan—mohon jangan gunakan bantal tidur, kecuali jika anda tidak berniat menyelesaikan pekerjaan anda). Jangan menggunakan mouse jauh dari meja atau jauh dari area papan ketik. Disarankan posisi mouse 1-2 inci di atas keyboard disebelah kanan—bagi yang tidak kidal—persis diatas numeric keypad, karena bagian ini jarang digunakan.
  4. Lindungi pergelangan tangan anda – anatomi pergelangan tangan kita tidaklah lurus, tapi sedikit melengkung. Lengan bawah dibentuk seperti ini supaya pergelangan tangan terhindar dari tekanan.
  5. Hindari pembatasan aliran darah – setiap tekanan disekitar pergelangan tangan akan menghalangi sirkulasi darah menuju tangan dan ini akan meningkatkan risiko penyakit.
  6. Jangan gunakan pergelangan tangan sebagai tumpuan-penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pergelangan tangan sebagai tumpuan ketika menggunakan mouse akan melipatgandakan tekanan dalam carpal tunnel, karena dasar tunnel ini merupakan ligamen yang fleksibel yang menyebarkan perubahan tekanan eksternal langsung ke carpal tunnel (bagian atap tunnel adalah tulang sehingga tekanan tersebut tidak bisa disebarkan ke seluruh bagian tangan dan terakumulasi di carpal tunnel). Sebuah tes untuk CTS, yang dikenal sebagai Tinel’s sign, yakni dengan mengetuk bagian pergelangan dekat telapak tangan, dimana pada seseorang yang menderita gejala CTS akan ada gelanyar dan mati rasa.
  7. Hindari Pembatasan Gerakan lengan – dengan bantalan pergelangan tangan yang empuk dan nyaman, membuat kita enggan menggerakan lengan, sehingga hanya menggerakkan mouse dengan pergelangan tangan, yang juga akan meningkatkan tekanan intercarpal.
  8. Jaga supaya mouse bisa bergerak bebas – gerakan mouse harus menggunakan siku sebagai titik tumpu, bukan pergelangan. Segala sesuatu yang membatasi gerakan tangan secara bebas juga akan meningkatkan risiko.
  9. Bentuk mouse – pilih mouse yang sesuai dengan tangan tapi dengan desain sedatar mungkin untuk mengurangi peregangan pergelangan. Jangan gunakan mouse yang terlalu bulat atau melengkung. Gunakan mouse yang berbentuk simetris. Mouse ukuran kecil mungkin memang imut-imut, tapi ini membuat tangan kita cepat lelah, karena tidak seluruh permukaan tangan kita menyenyuh mouse, dan jari serta telapak tangan terlalu tertekuk. Jadi pilihlah mouse yang ukuran agak besar (asalkan jangan melebihi genggaman anda)
  10. Membagi beban – sebaiknya anda berlatih menggunakan mouse secara bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri, untuk membagi beban tekanan. Untuk itu kita perlu memilih mouse yang bisa dikonfigurasi untuk tangan kanan dan/atau kiri, dan mouse yang berbentuk simetris (Jadi anda tidak perlu membeli dua mouse, kecuali yang satu merupakan bonus, atau anda penganut fanatik aliran borosis).

Bukan gw yang nulis, gw cuman copas

23 thoughts on “Penyakit Akibat Mouse

  1. iya mba fi..pergelangan tanganku dah kena..pertamanya sie karna kecelakaan motor pas kuliah..terus pas aq cek..ternyata diperparah karna beban monoton itu..ada cara untuk mengetesnya kok..apakah tangan qt dah terkena ato belum..

  2. susye ngomongnyaa..hehehejempol dilipet kearah dalam, terus 4 jari sisanya lurus.tangan posisi lemes..terus 4jari ini dipegang dan ditarik kebawah.enakan kalo ada sparring partner.kalo urat yang searah jempol sakit..brarti ada masalah tuh..katanya kalo wanita itu emang lazin terjadi, karna mreka banyak kegiatan monoton, kayak meres baju, nguleg deelel.besok kalo ktemu aq praktikan de..

  3. kalo aq dulu dikasi felden dah kalo gak salah..–> bener gak sie, dok?tp gak bole banyak2 chal katanya..yg panas dalamnya katanya sie..*tp larang*

  4. *buat para dokter disni maap yaa…eike hanya mengutarakan berdasarkan pengalaman sajah*tegang knape nao??kolestrol gak, kmu???cek gihhh…tegang abis makan sifud2an gak??ato tegang gak punya duit??ato tegang gara2 kberatan rambut..qeqeqeqeato tegang karna kena ac –> ininih aq suka ngalamin..kao klamaan kena angis pasti leherna jd gak enak..

  5. kalo gw suka sakit kepala mendadak, hati senut2, perasaan jadi sensitif…sebulan sekali pasti ada di sekitar tanggal belas2an gitu… *FYI, gajian tanggal 28*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s