[India] My Name is Khan : Muslim bukan terorist

Rizwan Khan (Shah Rukh Khan) menempuh perjalanan panjang untuk bisa menemui Presiden Amerika Serikat. Sebenernya tujuan cuman satu, dia mau bilang kalo kaum muslim itu bukan terorist. Hanya karena keterbatasan dia sebagai penderita autis, dia hanya berpikir sederhana dan ingin menyampaikan pada pak presiden “My name is Khan and I am not a terorist”.

Semenjak serangan 11 September 2001, Amerika Serikat bagaikan kebakaran jenggot dan merasa dipermalukan. Bagaimana tidak, negara adidaya yang paling canggih sistem keamanan dan militernya, bisa kecolongan di dalam negerinya sendiri. Teroris berhasil masuk ke dalam negeri dan menghancurkan simbol2 kekuatan Amerika baik di bidang ekonomi maupun militer. Setelah kejadian itu rakyat amerika jadi parno. Mereka yang pada dasarnya sudah rasis, makin menjadi2 rasisnya. Dan kaum muslim di Amerika pun menjadi bulan2an di negaranya sendiri.

Meskipun pelem ini memakai setting amerika pasca 9/11 attack, tapi ceritanya bukan tentang kondisi masyarakat amerika saat itu melainkan tentang perjalanan hidup seorang anak manusia yang teraniaya oleh keadaan. Lahir sebagai muslim di India, negara yang mayoritas beragama Hindu, membuat hidup Rizwan terpinggirkan. Ditambah lagi, ia menderita autism dan dianggap idiot oleh para tetangganya. Ketika kemudian dia hijrah ke amerika, ternyata Rizwan masih juga tak dianggap. Well, tipikal pelem india yang selalu menceritakan sejarah hidup pemeran utamanya.

Gw pribadi menganggap pelem ini sebagai bantahan terhadap image kaum muslim yang selalu dianggap radikal dan teroris. Mencoba mengklarifikasi apa yang dimaksud dengan Jihad itu sebenarnya *dengan secuplik adegan tentang Dr. Feisal Rehman, yang tepat sasaran banget*. Dan yang paling penting, pelem ini seperti mengingatkan arti “IMAN” yang sesungguhnya bagi kaum muslim *at least buat gw*

Gw ga tau apa latar belakang Karan Johar *sang sutradara* setau gw dia bukan muslim, tapi dia cukup berhasil menyampaikan pesan yang ingin disuarakan oleh kaum muslim sedunia. Well, dengan bumbu lebay seperti umumnya pelem Bollywood, pelem ini cukup menarik sehingga penonton ga merasa boring nonton pelem lebih dari 2 jam. Dan sejarah baru dalam pelem2na SRK, No dancing this time. Setidaknya tarian masal ala India itu ditiadakan, diganti dengan adegan slowmotion yang membuat kesan India nya tetep terasa. 4 Bintang.

22 thoughts on “[India] My Name is Khan : Muslim bukan terorist

  1. aq ksindir banget pas dia sholat di jalan..apa ya kutipannya, tp intinya kalau mau ibadah jangan memperhatkan sapa dan dimana qt berada..kalau waktu sholat ya sholat..ahhhhh ksinddiiirrr..mudahnya ngejamak gara2 nonton pelem pas magrib.ampuni aq ya Allah..

  2. Tokoh ibunya Rizwan mirip ama ibunya Forrest Gump. Gw jadi mikir, punya anak autis itu cobaan bagi para orangtua dan membuat mereka jadi lebih bijaksana.Widhi : iya Wid…. gw juga kesindir hehehehe

  3. menurut guwe wid itu the best quote bangetibadah tidak ada hubungannya dengan orang ataupun sekitar, tapi pada kepercayaandan rizwan sholat dijalan..guwe ketabok hehhehehe..bahkan buat guwe yg berdoa cuma tinggal tutup mata aja masih malu …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s