Defensif

Sebenerna sejak 2 sabtu yang lalu, waktu dokter ganteng pertama kali nyinggung2 masalah program untuk punya anak, hidup gw kayak ga tenang dan mulai gelisah. Pasalnya, sang dokter mengajukan beberapa pertanyaan yang bikin gw tercekat dan ga bisa ngomong *karena gw ga nyangka ni dokter bakal nanya pertanyaan itu* FYI, pertanyaan itu pernah diajukan oleh 2 dokter kandungan cewek sebelumnya yang bikin gw males datang lagi ke dia.

Dan ketika sabtu lalu gw harus balik lagi ke dokter ganteng, gw dah rada males karena gw udah nyangka dia bakalan ngebahas hal itu lagi. Tapi karena udah janji, ya gw datengin aja. Selama perjalanan menuju RS, pikiran gw penuh dengan jawaban2 defensif yang akan gw lontarin kalo dokternya nyinggung2 lagi soal itu… Tapi tau napa, pas didepan sang dokter gw ga bisa jawab seperti skenario gw. Cuman bisa diem dan senyum kecut.

Setelah keluar dari ruang praktek, gw bagaikan nge-rewind lagi semua perkataan dokter itu…. Dan jatuhnya gw jadi sakit ati banget, tau2 air mata bercucuran ga bisa berenti *ampe suster2 pada ngeliatin* dan di mobil gw nangis tersedu2 kayak abis ditinggal mati anjing kesayangan *padahal gw ga pernah punya anjing* Kemudian meluncurlah semua jawaban defensif gw…… Dilanjutkan dengan pertanyaan2 retoris yang ga perlu jawaban. Hiks!!

++++++++++++++++++++++++++++++++++++
dr : Masih semangat pengen punya anak???
gw : mmmmmmmmm ———-
dr : Mau ikut program ga? lamanya 6 bulan.
gw : Tapi dokter, saya sering keluar kota.
dr : Waduh, bisa diatur ga kerjaannya? Suami bagaimana?
gw : Saya kerja di jakarta dok, Suami di Subang. Kita ketemu kalo weekend aja….
dr : Ooo, pantesan. pasti ini penyebabnya
gw : ——————————-
dr : Jadi siapa yang mau ngalah? Apa lagi sih yang di cari?
gw : emang kenapa dokter? *gw mulai nyolot* saya udah pernah tinggal bareng di jakarta selama 3 tahun juga ga hamil2.
dr : Kalo ikut program, saat ovulasi harus bareng selama 1 minggu terus menerus setiap hari.
gw : —————–
dr : Harus ada yang mo ngalah….
gw : *mulai bete* nanti saya bicarakan sama suami saya.
dr : Iya. Harus dicari jalannya ya?? Nanti kalo ga punya anak gemana??
gw : @#$%^&* ————
++++++++++++++++++++++

Serah lu mo ngomong apa deh dok!!
Emang napa kalo gw ga punya anak? kalo misalnya gw bilang ga mau punya anak, lu mo bilang APA???
Emang salah kalo frekuensi sex kita cuman seminggu sekali?? Salah juga kalo kita fine with it and happy with it??

Dr tanya apa yang gw cari?? pasti duit lah!! dokter ga pernah ngalamin susah sih ya?? nganggur ga punya kerja… kesana kemari cari kerja. Mencoba survive diantara tekanan keluarga…… So, salah kalo gw sekarang cari duit??

Trus gw telpon Aa sambil nangis….
“A, apa kita pisah2an gini teh, karena salah satu dari kita ga ada yang mau ngalah??*
Aa bingung trus nanya
Aa : Neng diapain ama dokter?
Gw : Disuruh ikut program punya anak
Aa : Dipaksa sama dokternya?
Gw : Enggak……
Aa : trus kenapa nangis??
Gw : Menurut aku, anak itu sedikasihnya Tuhan aja. Ga perlu kita usaha kesana sini buat punya anak. Emangnya salah ya kalo selama ini kita ga pernah usaha keras buat punya anak?
Aa : Yaudah… gapapa kan? selama ini ga pernah jadi masalah kan??
Gw : iya…
Aa : trus kenapa atuh??
Gw : Ga tau…
Aa : Udah pulang aja… jangan kelamaan di rumah sakit.

44 thoughts on “Defensif

  1. aduh, sedih bacanya T_T Dokter kandungan kebanyakan begitu kali ya? krn keseringan nanganin kasus kayak gini jadi enteng aja ngajuin pertanyaannya, pdhal belum tentu pasiennya bisa nerima.sabar ya Teh, menurut gue Teh Fiya udh punya hadiah terbesar yg Allah kasih, suami yg setia, sabar dan pengertian. Kalo sampe sekarang blm ada teh fiya atau Aa junior at least you still have each other *hugs*

  2. hmm…sorry fiya, tdnya gw pikir lo rutin ke dokter kandungan krn dlm rangka program mau punya anak. bukankah? sabar ya bu….semua akan indah pd waktunya. klo udah saatnya, insya allah ntar akan punya baby…(“,)

  3. ihh..kok jadi ikutan mewek yak gw bacanya mbakk? fase hidup gw blum sejauh mbak Fi, gw blum masuk fase rumah tangga, blum juga fase punya anak, jadi gw merasa tambah sedih bacanya…mbak fi sabar yak…..

  4. Cih..Kalo menurutku dokter emg kalo ngmg suka ngga pake empati mba. Maksud mereka si mgkn emang bener, cuma yg namanya pasien kan kalo dateng pastinya dgn kondisi yg macem2. Sukur2 emang dia niatnya pgn bantu dan bkn pgn duitnya aja. Maw kemanapun pasti bakal ada aj yg ngmg kaya gt, sing sabar y mba.

  5. rasanya dokter itu mau ditinju ya…aku bukti kalo omongan dokter itu gak sepenuhnya bener teh,aku brenti kerja, ngikutin semua saran dari dokter ajahasilnya, uang banyak habis, badan tambah gemuk, wajah tambah berjerawat,program bertahun-tahun belum berhasil juga *masih sabar*jadi sekarang tenang ya teh,.. Insya Allah sudah ada ketentuannya dari Allah*hug teteh*

  6. Jadi ikutan sedih bacanya…*pelok Mbak Fiya*Ga apa-apa Mbak, semua kan udah diatur Allah. Siapa tau pas Mbak nyantai-nyantai, tiba-tiba hamil ^^Kata kakakku sih, biar long distance tapi bisa hamil juga kok. Soale kakakku kan long distance juga ama suaminya, dia di Medan iperku di jakarta (sekarang, dia di Sby iperku di Bandung). Kumpulnya kalo pas ada libur panjang or pas lebaran doang, tapi diriku tetep dapet ponaan tuch..Jadi tenang aja Mbak :)kayak kata D’massiv “syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah” (halah…..)

  7. qnuy said: Dokter kandungan kebanyakan begitu kali ya?

    Dipikirna semua yang dateng kedia, kalo ga lagi hamil, pasti lagi pengen punya anak…Makasih ya Nuy…Gw bersyukur karena Aa bukan tipe yang nuntut macem2 ke gw sih…Selama ini aa udah jadi temen yang paling baik buat gw.

  8. reenna said: orry fiya, tdnya gw pikir lo rutin ke dokter kandungan krn dlm rangka program mau punya anak. bukankah?

    Bukaaaaaaaaaaaannnnnnnn hehehheAkhir2 ini haid gw bermasalah rina, kadang 2 bulan sekali keluarnya. trus kalo keluar banyak banget ampe berceceran dilantai. Dan kadang sebulan ga brenti2.Makanya gw kedokter buat cari tau masalahnya apa…Eh, malah diutik2 soal ga punya anak.

  9. janganpanggilakusexy said: tapi kayana pertanyaan gue bakal pribadi banget sifatnya

    Mau tanya apa Tan?? Gaya bercinta gw sama Aa??Biasalaaah… seperti umumnya dipelem2 BF gitu…

  10. unee333 said: Kalo menurutku dokter emg kalo ngmg suka ngga pake empati mba.

    kata adek gw, kali dia bingung ama penyakit gw…Ga bisa jawab gw sakit apa. Jadi di alihkan ke masalah program punya anak.*mungkin juga ye….*

  11. annisaleksono said: Insya Allah sudah ada ketentuannya dari Allah*hug teteh*

    pelok balik Nisaa….Iya Nis, gw juga tau kalo usaha kemana2 pun kalo belon waktunya sih ga akan ada hasilnya juga…. Makanya gw males usaha2 gitu. Gw usahanya di ranjang aja deh…

  12. akaneko666 said: Kata kakakku sih, biar long distance tapi bisa hamil juga kok.

    Na adek gw? Suaminya di Freeport Irian sono. Pulangnya 6 bulan sekali…. Anaknya udah 2.Tiap hamil ditinggal ama lakinya… Ntar balik2 pas udah mo ngelahirin…

  13. maaf mba fiy, tp klo mnrt gw mgkn aja mslh haid mba itu berhubungan dgn mslh hormonal yg terkait dgn mba sampe skrg blm punya momongan…tp gw jg bukan dokter sih jd ga tau hal yg sebenarnya gimana…cuman kebetulan terlintas di kepala kemungkinan spt itu gomen klo salah ucap m(_ _)m

  14. katanya sih gitu… menurut dokter hormon gw ga seimbang jadi haid nya ga keruan.Jadi logikanya kan yang diobatin hormonnya…… makanya gw bolak balik dateng ke dia.kali aja kalo hormon gw dah sembuh, gw bisa punya anak.Jadi bukan sebaliknya.

  15. kepikiran utk mematahkan omongan dokternya gak mbakklo ikutan program yg seminggu itu, bisa apa gak menghasilkan..*sok-tau-ama-sok-yakin-amat-tuch-dokter.sebenernya gue lebih setuju prinsipnya mbak fi, kalo anak itu sedikasihnya ama Allah,buktinya mamaku dulu punya anak pertama lama,padahal orang dulu loh,namanya emang blom rejeki….

  16. tp mba, ngobatin ato nyeimbangin hormon mgkn hrs dgn obat2an kimia gtu, jd na mgkn si dokter mikir klo ada cara alami utk ngatasin mlsh hormon knp ga pake cara alami itu… hehehe, sekali lg gw sok sok-tau :p gomen mba, bukan maksud mo ngebelain si dokter ganteng, tp cuman mo ngungkapin pendapat aja ^^

  17. jyllchan said: jd na mgkn si dokter mikir klo ada cara alami utk ngatasin mlsh hormon knp ga pake cara alami itu…

    cara alaminya teh apa?? dengan cara hamil gitu?Jadi hormon seimbang dulu baru hamil… apa hamil dulu baru seimbang hormonnya?Menurut lu pegimane Jyll??

  18. Program enem bulan dan tiap masa subur musti “honey moon” seminggu penuh? Maksa banget sih dokternya mba?*Peluk mba fi* pantesan kok ada yang aneh hari sabtu kemarin. Ternyata ini toh penyebabnya. Lah mb,kalo dikau ke sang dokter bukan untuk program bikin anak,ngapain dia ngebahas ya? Dokter yang aneh. Sabar ya mb fi,idem sama teman2 smwa,semua indah pada waktunya plus semua indah karena aa selalu disisimu ^^v

  19. haiqa said: cara alaminya teh apa?? dengan cara hamil gitu?Jadi hormon seimbang dulu baru hamil… apa hamil dulu baru seimbang hormonnya?Menurut lu pegimane Jyll??

    iya, bisa jd dgn mba hamil hormon jd seimbang…bukannya mslh haid itu mba baru alamin belakangan ini kan ya? ato pernah ngalamin dulu pas sblm nikah ato awal2 pernikahan? saran si dokter utk ngejalanin terapi yg 6 bulan itu cuman utk bantu spy mba bisa hamil, dan stlh mba hamil dgn sendirinya mslh hormonal mba fiya terselesaikan jg…itu mnrt gw mba mgkn naif klo gw bilang pendapat gw itu muncul krn sering denger org bilang ke gw klo migran yg sering gw alamin itu krn mslh hormonal jg krn gw blm nikah, seandainya gw udah nikah mslh migran gw itu pasti dgn sendirinya hilang…org yg bilang ke gw prnh ngalamin hal yg sama… ^^

  20. Sejak kawin gw cukup sering ngalamin ga haid sampe 3 bulan… *waktu belon merit mah baik2 saja* kira2 waktu umur gw 28th trus pas 33 th juga. dan sekarangDokter2 kandungan yang dulu2 juga bingung liad gw…. Ga haid, tapi ga hamil…Rahimnya udah diperiksa, di usg, diukur… dll… deh.. tetep ga ketauan sebabnya.Sementara ga ada yang salah ama alat reproduksi gw.Tapi gw perhatiin kalo gw agak stress pasti siklus gw berantakan.Program 6 bulannya kan dikasih penyubur juga Jyll… ga alami2 banget.Trus dipaksa harus ML tiap hari. Nah kalo kita lagi ga pengen??Kalo ga berhasil, katanya ada metoda ditiup rahimnya *yang katanya sakit banget*sodara gw ada yang udah ditiup ga hamil juga.Ya sudahlah… pada intinya gw ga mau ikut program itu.Buat gw sih, selama rahim gw baik2 aja.. ga ada kista, miom, kanker atau penyakit2 rahim lainnya, udah cukup bersyukur….

  21. so berarti mslh hormonalnya berhubungan ama stress dong mba, bukan krn ga hamil…lagi2 mnrt pendapat awam kek gw ^^ ya iya mba, yg penting mah mba sehat2 aja, trus suami jg ga maksain mo punya anak, keluarga jg ga ngerecokin soal keturunan…tinggal kita-nya yg berserah ke Yang Kuasa, siapa tau emang blm saatnya kan ya ^^ btw mba, apa mgkn mslh hormonalnya krn jarang ML? *tiba2 kepikiran kek gtu LOL* selain krn stress maksudnya ^^

  22. Betul sy tebak jg kemungkin besar ketidak seimbangan hormon yg bikin haid tdk teraturKemarin d oprah dbahas tuh setiap orang terapi hormonnya costumized (beda2) jd musti sama dokter asli, ada dua tes darah (lupa namanya) yg bisa dilakukan buat cari tau hormon mana yg kurang (esterogen, progesteron, atau testosteronnya), trus klo pake obat hormon pake yg biogenetik (sesuai dgn hormon alami tubuh kita) jgn yg sintetik katanya, coba aja mba cari dokter lain yg lebih ahli

  23. myverve said: kalo kaga pernah ML jadi gila dong mbak *angkat tangan-hahahahaha*

    Minimal agak kurang waras kayakna Tatz hahahahahaha*teori yang makin lama makin ngawur*

  24. haiqa said: gw stress karena jarang ML?? *ngasal*

    maksud gw ketidakseimbangan hormonalnya mgkn disebabkan 2 hal, stress & jarang ML ^^ tp bisa jg sih stress krn jarang ML xD

  25. mba fi…..*hugs* *telat banget nie*yg penting ikhlas ajah mba..tetanggaku juga baru di tahun k-13 pernikahannya baru dapat anak..jd emang kalo Allah blm ngasih mo bilang apa..Fighting mba…

  26. Cuekin aja Mba, sepanjang Suami kita fine2 aja napa org lain yg heboh….BTW Stress jarang ML??? tambah ditahan tambah seru kayaknya mba n bnyk nemu “gaya” baru yg bikin aa terpesona…..

  27. hihihihi.. biasanya juga gw cuek. Tau napa kemaren sensi banget.Sekarang Aa kerjanya tiap ari godain gw “jadi neng ga mau ngalah nih??” Gw manyun, Aa makin cekikikan HU uh!!Gaya baru?? Kayakna yang dipelem2 BF udah dicobain semua hehehehehe

  28. Duh…si Aa pengertian bangetjangan sampai jadi beban pikirancoba bicarakan sama Aa sepakatnya dari berdua bagaimana…ke dokter atau tidak…ikut atau tidak ikut program…dan hal2 lainnyaApapun itu didoakan yang terbaik buat mbak Fi

  29. laras & acid : makasih ya…Sebenerna sih gw sama Aa emang udah ga mau ikut program2 semacam itu…apalagi sekarang, umur gw udah tuwir yeee…Kalo emang mau, udah dari umur 28-30 gw ikut program. Cuman dulu Aa masih di kalimantan jadi susah cari waktunya buat ke dokter.Nah, pas kita sempet ngumpul di jakarta, udah ga kepengen lagi ke dokter2 itu…begitu ceritanya Cid….Nah, biasanya juga gw cuek kalo ada orang ngomong macem2…Ga tau nih, sekarang malah terpengaruh..

  30. Uhm.. Memang sich Mbak, soal haid itu ada hubungannya sama kehamilan. Dari pengalaman Mama-ku sich gitu, beliau haidnya juga bisa sampe beberapa bulan sekali, pas hamil aku, baru ketahuan kalo ternyata ada tumor di indung telur makanya haidnya lama.Kalo untuk kasusnya Mbak Fiya, pastinya beda, tapi memang mungkin ada hubungannya dengan kehamilan. *sok tau dot com, maaph*Berhubung aku belum mengalami tahap seperti Mbak Fiya (bahkan bakal nikah atau enggak aja belum yakin), jadi aku enggak tau gimana rasanya diposisi Mbak Fiya. Cuman… Yang aku tau, kalo seseorang sudah sampai batas dari yang bisa dilakukan, cara terakhirnya adalah bersyukur dan bersabar.Mudah2an dengan begitu Mbak Fiya & Aa-nya dikasih ketabahan yang lebih dan dikasih sesuatu yang lebih indah sama Allah SWT.Ayo semangat Mbak… Jangan pesimis dan jangan nyerah. ^^

Leave a Reply

