Nabi Chaidir

Seorang teman menulis status di Facebook “Apa yang dilakukan ibu Ani (Sri Mulyani) dalam rangka penyelamatan Bank Century (dan efek dominonya yang mungkin terjadi) mengingatkanku pada apa yang dilakukan oleh nabi Chaidir pada waktu menghancurkan sebuah perahu“.

Tulisan ini membuat gw tertegun sesaat. Nabi Chaidir? Perahu? Yang mana ceritanya ya? Apa maksudnya…….?? Gw tau ada Nabi Chaidir yang disebut2 dalam kisah Nabi Musa. Tapi gw begitu ingat ceritanya secara keseluruhan. Oleh karena itu gw googling dan mencari2lah di dunia maya.

+++++++++++++++++++++++++++++++
Ketika Nabi Musa/Moses diperintah oleh Allah SWT untuk belajar kepada seseorang yang lebih alim, ia bertemu dengan Nabi Chaidir/Khidir/Khidr yang kemudian membolehkan Nabi Musa menjadi muridnya asal bisa bersabar dan tidak bertanya apapun tentang yang ia lakukan, sampai ia sendiri yang akan menceritakannya.

Nabi Musa mengikuti Nabi Chaidir dalam sebuah perjalanan dimana Nabi Chaidir membocorkan perahu yang mereka tumpangi, membunuh seorang anak kecil dan mendirikan sebuah rumah di desa yang penduduknya kafir dan menolak agama mereka. Nabi Musa gagal untuk bersabar dan bertanya kenapa Nabi Chaidir melakukan hal itu.

Jawabannya adalah rumah tersebut untuk melindungi anak yatim pemilik tanah tersebut dari kaum kafir yang mengincar harta karun dibawah rumah tersebut. Sedangkan anak yang dibunuh adalah anak yang kelak akan menyebabkan kedua orang tuanya berada dalam kekufuran. Dan perahu yang dihancurkan adalah untuk mencegah agar perahu tersebut tidak dirampas secara paksa oleh raja yang berkuasa di daerah itu. (Lihat disini, disini, disini dan disini)
++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Mmmmmm……. Analogi nya….?
Bank Century, perahu bocor dan raja yang berkuasa??
Cocok ga?

9 thoughts on “Nabi Chaidir

  1. auk gw juga Es…. heheheheSengaja membocorkan Bank Century untuk menyelamatkan pemiliknya dari penguasa yang dzalim???Dari sumber lain :Sesungguhnya Bahtera yang dirusak Nabi Khidir AS itu bukanlah kepunyaan orang satu, melainkan milik orang-orang miskin yang lebih dari satu yaitu 10 orang. Dan perahu itu merupakan warisan dari orangtuanya serta hanya itu kepunyaan satu-satunya sebagai sumber mata pencaharian 10 orang bersaudara, yakni hasil menyebrangkan orang dengan perahu itu. Ke-10 orang itu hidup diwilayah seorang penguasa (Ratu atau Raja) yang kaya yang membangun Rumah Panggung dengan 360 menara yang tidak kecil. Satu menara ada satu perempuan cantik. Raja yang mementingkan diri sendiri, mementingkan kesenangannya diri. Harta benda rakyatnya juga dirampas untuk dimilikinya. Jadi kerjanya Sang Raja itu merampas apa-apa yang dimiliki rakyatnya, Rumah Bagus, pertamanan indah, gedung tinggi menjulang langit, perahu yang kuat dan baik, wanita-wanita cantik dan lain-lainya semua hanya dimiliki raja.Raja bersenang-senang diatas kesengsaraan rakyatnya yang miskin dan menderita. Itulah maka Nabi Khidir merusak perahu itu dengan maksud agar perahu orang miskin yang terlihat bagus itu tidak dirampas Sang raja.Tapi analogi gw masih mentok nih….Kalo perahunya dirusak, bagaimana 10 orang itu mencari makan??

  2. munkin perahu itu bisa diperbaiki lagi..jadi ga diambil sketika itu juga..heheheeh aq baru tau kalo ada 4 nabi yg idup lho..stauku cuma 2..Nabi Ilyas ma nabi Idris..ughh mo donlod ceritana..kok ada limit donlod Ip ya..hiks..

  3. mo donlot yang mana Wid??Legenda nya, ada 4 nabi yang masih hidup sampe sekarang 2 nabi di bumi (Nabi Chaidir dan Ilyas) dan 2 nabi di langit (Nabi Idris dan Isa)

  4. kalo opini pribadiku..masih bisa..asal sistem nya di benahi secara total dan orang2 yg bertanggung jawab harus mempertanggungjawabkan semuanya.uangnya di balikin.Pake hukuman yg memiskinkan..bukan hanya dipenjara, tapi harta bendanya dilelang untuk nutup smua kerugiannya, bukan negara yg nanggung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s