Nara – The City of Temples

Bangun pagi di Kyoto dengan kaki sakit. Betis gw pegel banget ga bisa gerak… Padahal udah pengen pipis!! Untung pintu WC nya pas depan pintu kamar gw. Terseok2 jalan ke WC yang jaraknya cuman 3 m berasa 300 m *lebay*

Oia, sebelumnya mau cerita dulu, malemnya dari stasiun Kyoto ke Hostel kita jalan kaki sambil geret koper selama 10 menit!! Mayan jauh. Abis mo naek taxi, petugasnya kagak bisa engrish. Ditunjukkin print-an peta ama alamat hostel, dianya ga bisa baca huruf latin. Yo wislah… kita jalan aja. lebih aman.

Tapi mbak petugas taxi nya ngerasa ga enak ngeliat kita ngeloyor pergi, trus dia nanya apa gitu…. Akhirnya gw bilang “daijobu… daijobu…. we will walk” sambil pake bahasa tarsan lagi… Eh dia bungkuk2 sambil minta maaf, segitunya……

Balik lagi ke acara pagi. Hari kedua, jadwal kita ke Nara. Mau liad kuil2 disono… Liad2 brosur pariwisata nya yang diembat di sta Kyoto kemaren. Kita putuskan naek kereta JR dengan tiket terusan, soale jauh dan rada mahal.

Oke, berangkat jam 9an ke stasiun, mampir di mini market dulu beli sarapan. Gw pengen makan onigiri, tapi ga tau isinya apa… Jadi gw tanya lah pake bahasa tarsan lagi “Gyuu?” sambil nunjuk2 onigiri nya, dia bilang bukan. “Ebi?” bukan juga, Mikir keras gw, mo bilang ikan bahasa jepangnya apaan ya??? Akhirnya nemu juga, “Sakana?” eh dia geleng juga. Trus, gw ditunjukkin yang Sakana yang mana…. Yo wis lah… bia cepet!!

Sampe stasiun kyoto, kita poto2 dulu…. di depan monumen Astro boy!!

Keliatan ga gw nya? eh, Astro boy nya?


Kayakna Tezuka Sensei asalnya dari Kyoto ya? ampe di abadikan sebagai icon Kyoto. Trus poto lagi di depan posternya. Ini poster udah gw taksir dari kemaren…… Cuman ga bisa diembat

Sumpe, Kereeeeeeennn!! *posternya, bukan kita*


Puas poto2, kita langsung cari kereta menuju NARA. Seperti biasa, nanya sama petugas stasiun, ditunjukin lajur berapa. Dan ga lama nunggu, keretanya dateng.

Gedenya pantat gw *ga penting*


Karena berangkatnya udah siang, jadi stasiun udah mayan sepi, dan kita dapet duduk. Kereta ini isinya turis semua… Ada orang China, Bule dan Negro.. Seperti biasa, kita poto2 gantian dalam kereta. Eh, mbak2 dari China nawarin mo motoin kita bareng2….

Saingannya Trio macan


Sesampenya di stasiun Nara, kita jalan menuju tempat kuil2 itu. Wrong Choice!! Nara panas terik! dan jalannya nanjak abis!! So, semua payung dan topi pun dikeluarkan. Belon juga nyampe kuil terdekat, kita malah liad ada shopping street. Dan beloklah kita ke pertokoan itu…. Hasrat belanja langsung menggelora…. LOL.

Liad toko Kimono, mupeng pengen beli. Tahan diri dulu. Ada toko sovenir juga….. Bimbang gw… Akhirnya gw putusin untuk beli minum aja di vending machine hehehe. Murmer!!

Akhirnya sampe juga kita di Kohfukuji Temple. Kuil Budha yang masuk dalam ‘World Heritage’ nya UNESCO. Yang pertama2 dilakukan adalah nyari tempat yang jualan omamori. Hiyaaa…. semuanya pake huruf kriting, jarang yang ada tulisan engrish. Yowis, ntar di tempat laen aja deh….

Ga lupa, poto2….

Mmmmm… Pipit sama Sofie, seneng ama binatang. So, mereka beli makanan rusa tus ngasih makan rusa2 yang berkeliaran di kuil itu, sambil ngelus2 mereka.

I am not animal-lover!! *so, gw nyingkir aja deh!!*


Lanjutkan perjalanan ke Todaiji temple. Sebenernya kaki udah ga mau diajak jalan. Tapi mo naek bis juga kayaknya nanggung… *ga mau rugi dot com* Ya udin, jalan aja deh!!…… setengah jam kemudian baru nyampe. Panas terik matahari, jalan nanjak di Nara National Park. Minuman abis 2 botol….

Akhirnya sampe ke Todaiji Temple. Rame banget!! banyak rombongan anak sekolah. dari SD, SMP sampe SMA….. Mereka kayaknya udah mau musim liburan sekolah deh. Jadi ada study tour gitu…

Ini bukan gerbang kuilnya, cuman rumah biasa.
Tapi gw pengen poto aja hehehehe


Banyak toko sovenir di sepanjang jalan, jadi perjalanan terganggu mulu sama adegan belanja. Akhirnya, nyampe juga lah di gerbang kuilnya.

Foto2 gw di Todaiji temple ga ada yang bagus
*mudah2an para fans semua ga kecewa*


Ini kuil juga kuil Budha, isinya patung Budha segede gaban!! ama patung2 shogun dan dewa2 gitu deh. Konon kabarnya ukuran kuil ini cuman 2/3 dari ukuran aslinya *FYI, kuil ini hasil renovasi tahun 1600an* Bujug dah!! berarti aslinya ni kuil gede banged.

Selese liad2 kuil dan belanja, kita ngaso bentar di taman. Ada rombongan anak SMP deket kita, ribut banget. Trus, 1 cewe itu nanya ke gw, pake bahasa
Jepang. Gw kagak ngerti, gw ajak ngomong engrish, dia ga ngerti juga. Trus dia tanya, “Doko?” nah, kalo yang itu gw tau hehehehe….
Gw tanya mereka darimana? mereka bilang “Japan!!”. Yey!! kalo itu mah gw juga tau….. pipit nanya “Kyoto?” eh dia bilang “Tokyo”..
.. O pantesan….

Trus temennya nanya “Karey Raisu…. Oishi??” gw senyum trus bilang “Oishii….. Takoyaki Oshii” Eh, dia seneng banget sambil teriak2 manggil temennya!! hehehehehe…. trus rombongan itu dipanggil gurunya deh…

Sambil istirahat, liatin ikan koi di kolam… gede2 booo…. Pipit masih punya makanan rusa, gw pake buat ngasih makan ikan…. Eh rusanya ngambek.. jaket gw di tarik2. Dan gw menjerit histeris!! Deuuuu, segitunya sama rusa aja… gemana kalo ketemu harimau ya??

Lanjutkan perjalanan… Makan siang telat, di stasiun Nara. Bingung milih restoran, bingung milih makanan….. Booo, mo makan aja lama…..

Menu makan siang gw… Rice bowl lagi. Kali ini Beef rice bowl.


Abis makan enak dan kenyang!! *kayaknya gw doyan nih, ama rice bowl* Lanjut perjalanan ke Horyuji Temple, naek Bis. Ternyata Jauh Boooo…..
Jauh banget!! ongkos bisnya aja ampe abis 760 yen. Nyampe sana udah ampir jam 5. Kuilnya udah tutup. kita ga bisa masuk ke dalem…

Ya udin, poto2 diluar aja deh….

Berhubung kuil na udah sepi, jadi…….. Langsung bergaya gila2an. yang loncat lah… yang gaya centil lah…..


Keliatan ga, patu baru gw… *ga penting*


Puas poto2, kita pulang… *lagian gerbang2 kuilnya udah mo ditutup ama para biksunya. Yo wis, jalan aja ke halte bus yang tadi. Eh, dijalan nemu vencing machine yang ada gambarnya papi Takuya….. Langsung pengen di poto….

Hikkie… poto ini untuk mu…..


Ampe di halte bus, liat jadwal rute bus…. ga ada satupun yang bisa bawa kita balik ke arah Nara. Lha? piye tha?? Akhirnya kita putusin ke stasiun kereta terdekat aja. Liad peta. Dapetlah stasiun Oji. Kita cari bis nya… Setelah menunggu 20 menit, dateng juga…. Alhamdulillah…. Udah takut ga bisa pulang gw, mana ini tempat jauh dari mana2…

Sampe stasiun Oji, ada super market. liad2 lah kita…. Beli puding mangga harganya 100 yen. Berasa murah…. Pas di kasir, ditanyain mau pake plastik kresek ga?? Gw geleng sambil ngeloyor pergi… *abis cuman beli 1 macem. lagian bisa masuk ditas* Bo… tau2 gw dipanggil2 dan dikejar ama mas kasir… trus gw dikasih duit 2 yen. Bingung gw… ini apaan ya? kembalian? Perasaan harganya 100yen kok. Gw ngasih uang pas kok. Tau2 kejadian yang sama dialamin sofi juga…. Dikejar bo, ama Mas nya buat ngasih duit 2 yen… Akhirnya kita simpulkan kalo harganya 98 yen.

Ga lama gw liat kayak ada leflet gitu yang bilang kalo kita ga minta kresek dari supermarket itu, maka kita dapet diskon 2 yen……
Ooooooo Go Green!!!

Lanjut!! naek kereta ke Kyoto. Ganti di stasiun Osaka. Booo…. kereta penuh banget kayak sarden. Padahal udah jam 9 malem…. Orang2 Jepang pulang kantor jam segini?? Bujug dah!!! Gw udah kepepet ke gencet di deket pintu.
Yo wis, pasrah aja deh… Salah strategi nih!!

Sampe stasiun Kyoto jam 11an. Lagi jalan sambil mikir2 mau makan apa… Tau2 liad tulisan Kyoto Sky garden…. Menarik neh!!
Langsung berubah haluan, ke atas!! Lantai 11. Ini stasiun berapa lantai sebetulnya sih??

Nemuin spot2 lucu dan bagus buat poto2….
Background nya Kyoto Tower

Langsung dijadikan ajang uji coba camera. Kalo mode gini hasilnya gemana… kalo gitu gemana.. kalo pake blits gemana, kalo otomatis gemana… Puas deh gw jadi model….

Kyoto sky garden yang bermandikan cahaya….


Perut udah manggil2 ga tahan….. Akhirnya kita cari makan. Beli Okonomiyaki di restoran Dongburi. Restorannya keliatan mahal dan rame banget. Kita disuruh nunggu, sebelum dapet giliran. pas lagi nunggu, ternyata koki nya cakep2….. masih muda2 dan tinggi2… gw ama pipit ampe toel2an… Alhamdulillah… pas yang dateng ngelayanin kita pas yang cakep. *bukan yang paling cakep sih… tapi dia udah masuk cakep jugalah…*

Sayang, ga ada foto Mas nya, cuman Okonomiyaki nya…. Gomen


Hari kedua sungguh menyenangkan. Ga banyak interaksi ama orang lokal dan ga ada kejadian lucu sih, secara kita perginya ke daerah turis….
Tapi so far…… I am having fun here!!
Masih tertarik menunggu lanjutannya guys?……..

25 thoughts on “Nara – The City of Temples

  1. seru seru! I love Nara, berasa ada di kampung banget hahaha…tempat bersejarah karena ntn nodame disana.Ah sky garden, pasti bagus banget ya teh? jadi nginep di K’s House kan? Tempatnya nyaman kan? Jangan lupa makan di Sukiya, super murah tapi porsinya menuh2in perut ^^

  2. Udah dapet poto pamflet ryomaden, Neee….. *pijitin ye*yang belon phone strap nya. Jonis cuman liad uchiwa Yamapi di Nara, chi…. yang laen ga laku kaley ya??Jadi nginep di K’s house. Hostel bagus nuy!! gw betah disini…Makasih rekomendasinya ya…. *pipit n sofie titip makasih juga ama elu*

  3. Ahhhh~ Nara ternyata bagus ya… Pantesan Inseiko yang suka translatein J-Webnya Toma enggak mau pulang2 ke negaranya dan menetap di sana. Lha asyik gitu tempat2nya…Trus temennya nanya “Karey Raisu…. Oishi??” gw senyum trus bilang “Oishii….. Takoyaki Oshii” Eh, dia seneng banget sambil teriak2 manggil temennya!! hehehehehe…. trus rombongan itu dipanggil gurunya deh…Wew.. Ini berasa kayak kita kalo lagi ke objek wisata ketemu bule trus kita tanya2in aneh2. Sekarang Mbak Fiya yang jadi bulenya… Fufufufu..Waaaah, Go Green!! Hebat2 komitmennya!!๐Ÿ˜€

  4. heheheheee lucu banget Mbak,,,,,,, apalagi bayangin muka mba Fiy yg ditarik2 rusa wwkkwkkkk….cekikikan sendiri dr dlm kamar kos hahahaaaaaaaa…. ditunggu kisah berikutnya

  5. @Hika : Nara panas terik… tapi ga bikin keringetan. Tenang aja, masih panasan Jakarta@ Para fans : Ntra gw lanjutin lagi, sabar aja…

  6. iya cuyo kan dari nara bgt hehe ^^ makanya dia suka rusa2x ,ada DVD documentarynya lagi ,kl ingat nara gw ingat dia ..kaya ambasador nya nara dia ^^

  7. qnuy : iyaaaaa… sankyuuu bangeut yach… g puas2in nyoba menu2 di sana. secara hrgnya jauh lebih murah drpd di tempat lain ^^ cuma ternyata sukiya dkt kyoto tower tuh yg the best-nya. pas nyoba di kyoto downtown rasanya ngga seenak yg di kyoto tower :-Phikie : suer, kie. g dah niat ngeletekin. secara 1/2nya dah melambai2. cuma 1/2 yg tersisa ngga mo diajak kerja sama. mana fiya & pipit dah cemas aja krn ada yg ngeliatin ngapain cewek2 itu lama2 di vending machine. or dah tau yach mknya dijagain?๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ XDhika : suer udara di sana asyik bangeut. walau di nara terik tp ngga buat kita basah keringetan spt di indo. malah pas konser aja v6 nanya panas yach kita2 sih biasa2 aja๐Ÿ˜›

  8. @fushuu: ada sukiya ya di kyoto tower? Waktu itu ga jadi ke kyoto tower sih secara udah pada tepar semua jalan kaki seharian lol.

  9. qnuy : eheheheeee… maksud g sukiya di dkt kyoto tower. yg qnuy rekomen ke fiyanyoba sukiya yg di downtown kyoto ngga ada menu bhs inggris, rasa jg kalahjdnya puas2in mkn yg di dkt kyoto tower itu ^^

  10. oo..hahaha..kirain ada sukiya juga di kyoto tower. Pas di K’s House sempet ke atapnya ngga? pemandangannya bagus dari situ hihi..ga penting๐Ÿ˜€

  11. qnuy : he? atapnya yg dorm? wah nggaaaaa๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„ mang ada jln ke atap yach?tp beneran dah di sana. kita plg paling mlm, bgn paling pgkecuali pas konser sampe >j12 mlm, tidurnya j 2.30 pg!!!! msh terbius konser sih :-Pjd aja baru bangun j9an >_<!–

  12. ada, di liftnya kan ada tombol buat ke roof. Asik tuh, disediain kursi, meja plus payung gede buat nikmatin pemandangan sambil sarapan dan poto2๐Ÿ˜„

  13. qnuy : bentar2… ini ngomongin yg k’s house khan? kita ngga nginep di dormtp ngambil yg private room. pas keluar msk bgnan private bisa liat ke k’s house yg dormmemang sempet blg asyik jg duduk2 di sana. ada kursi, meja & payung gedetp perasaan tempatnya ngga tinggi2 amat. malah kamar kita lebih tinggijdnya pas buka jendela liat…… genteng2 rmh๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Leave a Reply

