The Last Day

Hari terakhir di Jepang, mendadak seluruh pegal otot di kaki gw hilang…. *I wonder why* Ga kerasa tinggal hari ini kita disini, rasanya ga pengen pulang nih…..
Pagi2 cuacananya mendung. Menurut ramalan cuaca hari ini bakalan hujan…. Yo wis, pasrahlah kita…. Berangkat ke kuil emas Kinkakuji dengan semangat naek bis. Setelah 2 kali salah naek, tanya sana sini, akhirnya nyampe juga ke kuil ini…

Ini bukan hasil sotosop…


Kuil rame banget sama anak sekolahan…. Mereka kayak lagi darmawisata gitu…. Hari udah mulai hujan…… Semua ngeluarin payung, dan pipit pake jas ujan lagi…

Sebenernya ini bukan kuil… tapi lebih tepatnya adalah rumah seorang kaya yang membuat paviliun dilapisi oleh emas… *saking kaya nya*. Ada juga patung budha di dalamnya tapi ga dipake buat berdoa.

Kita jalan rada jauh… berliku2 dan nyampe di sebuah tempat yang ada patung Budha kecil, didepannya ada mangkok tembaga dan uang2 receh bertebaran, orang2 pada melemparkan koin ke mangkok itu… katanya barang siapa bisa masuk pas di mangkok, maka keinginannya akan berhasil.

Kita ngelanjutin perjalanan, dan berenti agak lama di toko sovenir *lagi…* beli omamori *lagi…* Sebenernya berapa banyak omamori yang kita butuhin sih??? LOL….

Sampe diujung rute, kita nemu penjual kue dango yang ramah sekali… *dan lucu mukanya…* Seneng aja liatin dia nawarin dagangannya ke orang2 dengan ramah… termasuk kita.. mau ga mau kita jadi beli juga….

Makan siang di sebuah kedai kecil dikelola suami istri… Makanannya enak, walo tampangnya ga meyakinkan, tapi miso soupnya enak banget!! mereka juga ramah…. dan harganya lumayan murah….

Gouchosamadeshitaaaa…

Mo lanjutin perjalanan ke kuil Kiyomizu…. Ditunjukkin rute bisnya sama sang istri…… Oke! siap berangkat menuju halteu bis.

Nemuin vending machine yang jualan dasi….


Naek bis menuju Kiyomuzu temple atau Kiyomizudera… Setelah 2 kali naek bis, akhirnya nyampe juga di halteu nya. agak bingung kearah mana kuilnya, akhirnya nanya sama nenek2 yang lewat. ditunjukin jalannya…. Jalan kecil dan nanjak banget. Kita bilang makasih, nenek itu bilang itterashai!! *ihiks… jadi terharu*

Ternyata menuju kuil itu masih jauh.. Jalannya bener2 nanjak curam….. Tapi seneng, karena dipinggir2 jalannya banyak orang jualan pernak pernik. Mulai dari kimono, pisau, boneka2 lucu ampe poto artis!!! iya.. bener!! poto artis!!

Pipit masuk ke toko itu, karena dia mau cari pernak2 nya X-Japan titipan temennya. Sofie ikut masuk dan nanya-in V6…. eh malah dijawab “No CD, no CD…” LOL… mkasudnya apa?? Akhirna gw ikutan masuk… ngeliat sejembrengan poto anak2 jonis nempel didinding…. gw liatin satu2 ada yamapi, ryo, kame, Jin dan anak2 HSJ…. trus ada ibu penjaga tokonya nanya ama gw, “Dare to suki??” agak malu2 gw jawab Okada Junichi…. Eh, dia bilang…. ” V6 no Okada Junichi??” langsung ngangguk2 dengan semangat…
Diambillah di deretan paling bawah potonya V6. Sofie langsung semangat dan ngeborong…. Gw liad di deretan paling bawah itu ada SMAP dan Tokio… ihiks… nasebmu para senpaiiiii!!!! Trus ditunjukkin jugalah gantungan kunci gambar V6… Yo wis, kita borong aja…. Stock foto kita sisa-in satu, yang laen kita borong!!

Lanjutin perjalanan dengan semangat laen.. Ga kerasa nyampe juga di kuil yang terletak dipuncak gunung!! Kuil megah dengan patung budha yang besaar banget!!

Saking gedenya, ampe kita keliatan kecil dipoto hehehehe


Seperti layaknya kuil2 lain… disini ada patung budha, sumur buat cuci tangan dan toko sovenir…. *Omamori lagi…..*

Sebelum pulang mampir di kuil kecil sebelahnya…. Jinggu Shrine. Kuilnya kecil banget, tapi penuh sesak sama orang…. *jadi susah mo poto2* Katanya kuil ini kuil cinta… kalo elu bisa jalan diantara 2 batu dengan mata tertutup, maka cinta lu bakal kesampean… Pipit nyobain…. Agak susah sih, harus dibantu pake suara kita2 (kiri kanannya) hehehehe…

Hujan makin gede…. baju gw udah basah sebagian… sepatu udah dingin banget!! Udah berasa pengen balik ke hostel… Yo wis, kita pulang aja deh.
Masih sore sih… tapi badan udah ga bisa kompromi. Naek bis lah kita… Penuh sesak sama orang2 yang pulang kantor. Sampe susah mo turun juga…

Akhirnya selamat sampe hostel. Ngeringin baju dan sepatu, ngobrol sambil packing kecil2an… *tas2 cadangan sudah mulai dikeluarkan*….. Jam 7an berasa lapar….. Gw ngajak jalan cari makan ama oleh2 for the last time… Besok kita pulangnya pagi banget, ga bakalan cukup waktu kayaknya…

Setelah belanja makanan oleh2 gila2an (sofie beli banyak banget…..) di Kyoto Tower… kita akhirnya makan direstoran Okonomiyake favorit kita… *favorit karena yang jualnya ganteng2* Sayangnya kita di kasih di private room… jadi ga bisa liad tuh mas2 ganteng berseliweran…

Muka capek…..


Makannya Yakisoba, enak banget deh.. kalo ada yang ke kyoto, gw rekomendasi-in makan di donguri, makan Yakisoba-nya… enak!!!

Our last dinner…..

Sambil ngobrol2 tentang perjalanan kita kemaren2… Sebuah petualangan yang menyenangkan….. Makasih sofie dan pipit…. Maksih udah jadi temen perjalanan yang asyik……. Gw mau jalan bareng kalian lagi…….

Otsukaresamadeshitaaa…..


Begitulah teman2 semua… perjalanan 3 orang nerd selama 8 hari di negara yang jadi kiblat mereka…. so, maafkan kalo boring buat kalian yang ga begitu suka ama Jepang……..

Dengan demikian berakhirlah cerber
ala haiqa….. Makasih udah mau ngikutin dengan setia…. Makasih semuanya……

The End

22 thoughts on “The Last Day

  1. Otsukare..Waaah.. Ini ending yg nendang bgt dari cerita2nya Mbak Fiya. Keren2!Thanks for sharing with us ya Mbak..Hua.. Jadi makin pengen ke Jepang..Yakishoba rasanya kayak apa ya..? Mie khan? *mikir*

  2. Minnaaa saaannnn… Daku membayangkan kalo kita bersama2 kesana…Pasti bakalan heboh!! Jepang bakal dipenuhin sama cewek2 sarap hehehehe

  3. fiya : fiiiiiiiii!!!!!! g jg mo pergi bareng kalian lg… ngga ada elu2 ngga rameeee😄😄 XDyg jelas sih g pasti nyasar secara g buta baca peta :-Phueheheheeee…. serasa baca cerber beneran ^^rysma : nantikan cerber berikutnya dr g yach, rys… promosi dulu😄😄 XDbaca komen vicke jd nyesel. iya yach.. kok g lupa moto omamori2nyamana sebagian dah g bagi2in lg!!!!

  4. asyiknya…^_^wah… selain vending machine dasi, apalagi vending machine lainnya yang ketemu Fi, atau malah ada yang aneh atau lucu spt yang gw email dulu…:p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s