Der Oranje – Tim nasional Belanda

Menjelang pertandingan WC ntar malem, gw pengen curhat tentang jagoan gw tim nasional Belanda yang udah sejak taun 88 jadi tim nasional favorit gw. FYI gw bukan penggila bola. Dan nyaris ga nonton pertandingan WC 2010 dari babak2 awal. Tapi jaman2 SMA/kuliah dulu gw demen nonton bola sambil belajar/ngerjain tugas praktikum. Jadi ini curhatan tentang cerita jaman dulu…. Jaman gw masih jadi athlete lover bukan pengejar om2 sipit kayak sekarang hehehehe…

Pertama kali nya gw suka ama tim ini karena bokap gw suka ama trio penyerang yang mematikan di ajang Piala Eropa tahun 1988 Rijkaard – Gullit – Van Basten. Gw sebagai anak papi, ikutan nonton dong… dan pas ngeliat sosok tinggi menjulang striker nya Marco Van Basten…. Langsung tewas!! cinta pada pandangan pertama hehehehe…


Dan berkenalan lah gw dengan tin nasional Belanda yang biasa di sebut Der Oranje – Pasukan Oranye – Clockwork Orange

Tim Belanda terkenal dengan total football nya, dimana setiap individu bisa bermain sebagai apa saja. Jadi beck bisa, playmaker jago, striker oke, ato kalo perlu jadi keeper juga bisa. Taktik ini ditemukan oleh Rinus Michels pelatih tim belanda diawal taun 70an. Jadi meskipun Van Basten jabatannya Striker, tapi disaat genting dia bisa turun jadi beck untuk melindungi gawangnya. Begitu juga pemain lain.

Timnas Belanda 1988


Ini yang menurut gw membuat sepakbola jadi menarik buat ditonton. Ga seperti tim Brasil yang skil individualnya dalam mengolah bola sangat tinggi, tim Belanda cenderung bermain biasa. Ga ada gerakan2 spektakuler yang bagus buat difoto. Tapi karena semua orang bisa jadi apasaja, maka operan2 dan umpan2 nya jadi bagus2 dan mateng!! Karena kemampuan pemainnya merata, maka jarang banget pemain Belanda yang jadi bintang lapangan kayak Maradona di tim Argentina, atau Beckham di Tim Inggris.

Waktu berlalu, dan Tim Belanda tetep jadi favorit gw. Meski terseok2 baik di Euro Cup maupun World Cup, gw tetep cinta ama permainannya. Well, pemain favorit gw berikutnya adalah Edwin van der Sar *sumpah, ini penjaga gawang terkeren yang pernah gw liad* Memperkuat timnas Belanda dari taun 2004 – 2008.


Gw suka aksi2 penyelamatannya yang spektakuler. Sampe dijulukin Superman saking seringnya terbang demi menjaga gawangnya.

Timnas Belanda taun 2006


Di tim ini juga ada Ruud van Nistelrooy. Striker keren *waktu taun 2004 itu masih brondong* Gw suka banget ama dia. Dan waktu dia pindah ke Real Madrid, mendadak Madrid jadi tim sepakbola favorit gw *sambil ga pernah gw tonton juga pertandingannya heheheh*


Gw sangat menyayangkan kenapa pelatih timnas Belanda yang sekarang, ga masukin Van Nistelrooy dalam tim WC 2010. Well, ga ada satupun pemain Belanda yang jadi favorit gw. Ga begitu tau namanya juga. Tapi tetep gw jagoin tim ini.

Tim Belanda punya kebiasaan buruk, selalu tampak perkasa dibabak2 penyisihan hingga 16 besar. Kalo mereka menang terus dalam babak2 awal, maka di semifinal suka stuck! Tiba2 aja maennya menurun drastis. Tapi kalo mereka pernah sekali aja kalah di babak penyisihan, biasanya mereka perkasa terus….

Yah begitulah…. Makanya gw suka deg2an kalo Belanda masuk semifinal. Karena suka antiklimaks aja mereka itu….. Jadi ntar malem gemana nih???

btw, merhatiin ga kalo pemain2 favorit gw tuh muka2 setipe semua??

jangkung *walo van nistelrooy kurang jangkung* rambut coklat agak ikal dan mukanya panjang……

Apa orang Belanda mukanya sama semua ya??

9 thoughts on “Der Oranje – Tim nasional Belanda

  1. ehm pengennya yang final jerman – spain hehehedi timnya belanda ada yg namanya van bronkos,setiap denger dia disebut, jadi inget nasi bronkos hehehe

  2. Final 2010 : Belanda vs Spanyol *ngarep*Kata bokap gw, orang bule paling jelek mukanya adalah orang belanda. Mukanya panjang, idungnya panjang juga….. *kalo diliat2 bener juga*

  3. ah g jga mba, mnurutku malah yg paling g enak diliat tuh eropa utara, muka putih, rambut pirang, alis pirang, jd suka abstrak tu, g jelas bntuk wajahny kayak gmn… *siap2 tameng sapa tw dlempar supporter inggris d sini* – pokoknya paling okeh mah asia timur m eropa selatan… asia tenggara juga dah *bonus, membanggakan negara sendiri :P*

Leave a Reply

