Dua lebaran

Kadang gw bertanya2 kenapa libur lebaran itu 2 hari? padahal idul fitri kan cuman tgl 1 syawal aja. Selidik punya selidik, ternyata karena di Indonesia sering terjadi perbedaan perhitungan tanggal. Kok bisa? kesannya ga konsisten banget yah?.
Begini, tanggalan Islam dihitung berdasarkan perputaran bulan, ga seperti tanggalan masehi yang dihitung berdasarkan perputaran matahari. Sesuai peredaran bulan, maka dalam 1 bulan tanggalan Islam hanya menghitung 29 – 30 hari ga lebih. Makanya sering ada selisih perhitungan 10-11 hari antara
tahun Hijriyah dengan tahun Masehi.

Nah berdasarkan perputaran bulan itulah, para ahli menentukan awal bulan. Ada 2 cara yang digunakan. Yang pertama adalah dengan HISAB dimana permulaan bulan baru dihitung berdasarkan perhitungan astronomis dan matematis. Metoda hisab ini adalah metoda yang digunakan oleh aliran *sebenernya bukan aliran sih, tapi ormas – organisasi masyarakat* Muhammadiyah (cmiiw) dalam menentukan tanggal 1 Ramadhan, 1 Syawal dan 10 dzulhijjah (lebaran haji).


Cara yang kedua adalah RUKYAT, yaitu melihat kemun
culan bulan baru (hilal) yaitu bulan sabit. Artinya dengan cara ini, bulan sabit harus bener terlihat oleh orang di suatu daerah tertentu. Ada kemungkinan bila di Arab Saudi Hilal muncul pada hari senin, maka di Indonesia belum tentu Hilal terlihat pada hari senin juga *karena posisi Indonesia yang lebih timur dari Arab Saudi*

Dan perlu dicatat bahwa penampakan bulan ini harus terlihat pada saat maghrib (sekitar jam 6-7 malam) karena perhitungan hari baru menurut Islam adalah sejak terbenamnya matahari. Jadi kalo hilal baru terlihat jam 10 malam, maka tanggal barunya baru dihitung besok malamnya.

Nah, perbedaan metoda inilah yang sering menyebabkan perbedaan tanggal awal puasa atau tanggal lebaran. Dan karena hal ini sering terjadi di Indonesia makanya pemerintah menetapkan libur lebaran itu 2 hari, untuk menghormati masing2 mahzab.

Saking seringnya terjadi perbedaan ini, pemerintah Indonesia berusaha menjembatani permasalahan ini dengan melakukan sidang/rapat Ishbat dengan para pemuka agama dari berbagai aliran di seluruh Indonesia, untuk menentukan tanggal2 penting. Makanya, kadang gw merasa perlu ngedengerin berita secuil tentang hasil sidang ishbat pengumuman awal puasa atau hari lebaran. Walo kadang adanya sidang ini juga ga ngaruh. Salah satu aliran kadang kekeuh lebih percaya pada metodanya yang diyakini daripada sidang ishbat ini.

Kalo gw sih ga paham ama metoda apapun, jadi gw percayakan saja pada para ulama yang ditunjuk jadi pemimpin umat Islam Indonesia. Kalo mereka salah, bukan salah gw kan?? *lemparin tanggung jawab* — bercanda…bercanda…. *takut ada orang yang ga kenal gw, tiba2 komen protes di blog gw ini*

Well, Setiap orang punya keyakinan masing2. Mana yang bener? yang bener adalah yang lu yakinin, yang lu imani. Kalo mengutip omongannya Tantan *disaat dia sedang waras* — “haruskan iman perlu alasan?”

11 thoughts on “Dua lebaran

  1. ih gue baru tau nih alasan kenapa ada 2 hari lebaran hihihihi…gue ikut pemerintah aja, toh kalo ternyata salah yang salah kan pemerintah *melempar tanggung jawab*

  2. Dulu Wieny SD sempet sekolah di dua sekolah sich… Pagi di SD Negeri dan Sore di Muhammadiyah. Emang bener Mbak, sering banget beda dan itu nyusahin murid SDnya sendiri kalo ada acara Sholat Ied di sekolah. *kok jadi curcol* xDIntinya, walaupun aku baru tau kalo ternyata ini alasannya lebaran bisa libur 2 hari, tapi emang kenyataannya bantu banget. Hebat juga pemikiran yang nentuin pertama kali supaya ada libur 2 hari. ^^

  3. setauku si dibikin dua hari gara2 lebaran 1 hari ngga cukup buat berkeliaran keluyuran silaturahmi dan hari ke-2 nya pasti semua pekerja pada kalo ngga tepar ya bolos.then again, hidup lebaran pemerintah.. ahay..

  4. unee333 said: setauku si dibikin dua hari gara2 lebaran 1 hari ngga cukup buat berkeliaran keluyuran silaturahmi dan hari ke-2 nya pasti semua pekerja pada kalo ngga tepar ya bolos.

    kalo begini alasannya, mestinya libur lebaran 1 minggu, Neee…. LOL

  5. wienykashiwabara said: Emang bener Mbak, sering banget beda dan itu nyusahin murid SDnya sendiri kalo ada acara Sholat Ied di sekolah.

    Ntar kapan2 gw cerita pengalaman gw lebaran 2 kali heehehehehe

  6. iya kie, salam2an ama silahturahmi mah budaya di Indonesia dan melayu ajah. Di negara islam lainnya mah ga ada begitu2an. Lebaran tuh ya shalat doang…hehehehhe

  7. gue pernah sholat id 2 kalisecara gue harus berada di 2 tempat yg lebarannya bedadan itu bener2 bikin gue gak sreg ama sholat id gue utk 2-2 nyahidup pemerintah!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s