Troublesome…..

Gw tau dan sadar banget kalo gw bukan teman yang baik, terutama disaat2 duka.


Salah satu kelemahan gw adalah gw ga bisa ngasih kata penghiburan ke temen2 gw yang baru kehilangan orang terdekatnya.

Gw selalu bingung bagaimana bersikap pada orang yang ditinggalkan. Cuman bisa ngucapin kata2 standar yang umum diucapin kalo ada kematian. Entah kenapa gw punya kesulitan menunjukkan rasa sedih gw dipermukaan. Bukan berarti gw ga sedih… gw hanya ga tau cara mengekspresikannya.

Gw tau kalo baru kehilangan seseorang, maka akan ada berjuta penyesalan menyesak didada. Gw pernah begitu… Menjelang meninggalnya bokap gw (bokap meninggalnya mendadak, ga pake sakit), beliau banyak permintaan yang sebenernya remeh banget dan mudah untuk dipenuhi. Tapi entah kenapa gw dan adek gw ga mau memenuhinya. Cuman minta dibikinin kue pada hari ulang tahunnya (seminggu sebelum meninggal) tapi ga ada yg tergerak buat membuatnya. Belon lagi kalo gw ingat sikap gw sama bapak yang kadang ga sabaran dan kadang ga bisa dibilang soleh….

Lain cerita pas mertua gw meninggal. Mertua gw kena stroke selama sebulan terbaring dan ga bisa berbuat apapun. Gw sendiri karena pernah kehilangan orang tua, selalu berusaha mendukung Aa untuk melakukan apa yang bapak mertua minta. Tapi karena kami kerja di luar kota, sehingga banyak keterbatasan. Saat Aa berduka karena kehilangan bapak, Aa ngerasa kalo dia kurang maksimal merawat bapaknya. Gw juga ga bisa ngucapin kata2 apapun buat ngehibur…. Gw sedih, tapi lidah gw ga bisa bergerak. Ga bisa bilang apa-apa….

Disetiap kematian pasti ada penyesalan…
Penyesalan kadang membuat kita larut dalam kesedihan yang berkepanjangan.
Kadang hidup disaat itu dan membuat kita ga bisa bergerak untuk terus maju…
Bahkan kadang kita ingin mengulang kembali hari2 yang dulu….

Tapi salah seorang teman bapak gw bilang bahwa kita masih punya kehidupan yang harus dijalanin. Menjadi anak yang bisa membanggakan dan membawa harum nama orang tua kita mungkin itu yang bisa kita lakukan…..

So, kalo mau melakukan sesuatu sekarang gw harus mikir panjang dulu…. Jangan sampe ntar ada orang yang komen “Itu lo, Fiya anaknya Pak Muchlis yang melakukan anu..anu…”
Duh…..

Setahun terakhir ini ada banyak kematian disekitarku…. Mamanya Uchie, Mamanya Yanie, Papanya Chantya dan terakhir Mamanya Unee…. Dan gw ga pernah berhasil melakukan sesuatu yang berhasil menghibur mereka…. Seperti biasa, gw selalu clueless ga tau harus gemana….

Semua orang sudah tau bahwa kematian itu sesuatu hal yang wajar dan bisa terjadi pada semua orang didunia ini…. Pada kenyataannya susah banget untuk bisa menerima kenyataan tentang kehilangan keluarga terdekat kita….

Tapi kalo gw bilang bukan kematiannya yang menyedihkan, tapi kenangan bersama orang tersebut yang menyakitkan dan membuat luka….

Ada kata2 bagus yang gw baca di twitternya Tatz, beberapa hari setelah meninggalnya Mamanya Unee.

Troublesome….. T__T
Buat sahabatku unee yang sedang berduka…
semoga bisa segera menemukan kembali dirinya….
Amin

8 thoughts on “Troublesome…..

  1. heheh… tengkyuh mbaaa *peyukterharusedotingus*sebenernya gw juga gitu kok, suka ngga tau maw ngapain klo ngliat orang lg sedih ato berduka (blush)

  2. g jg sama, fi… ngga tau hrs ngomong apa utk bias menghibur yg sdg berdukapaling yg g bisa cuma be there aja, terus dampingi di saat2 dukanyattg bapaknya fiya g ngerti kalo fiya ngerasa ada ganjelan, penyesalanwkt kakek g ngga ada g jg ngerasa begitu krn ngga bisa nungguin pas ngga adanyasecara mama tuh anak kesayangan kakek g, dan anak2 mama jg cucu2 kesayangan kakektp g percaya kakek g tau kalo kita sangat sayang sama beliauspt jg bapak fiya tau kalo anak2nya sangat sayang pd beliaug suka kata2 yg tatz share di twitter nyamemang bener sih. yg ngebuat semua jd berat yach kenangannyadan kesadaran bhw the precious person sdh ngga bisa ngedampingi kita lgmknya awal2 kehilangan pasti kerasa bangeut sedihnyadan mungkin kita ngerasa kesedihan kehilangan ini ngga akan pernah ilangtp ada kata2 yg bener jg sih :Memory is a special place in our hearts where we can find comfort in the treasured thoughts of those we hold dear. May your memories bring you comfort May it help to know that others care deeply and are remembering you with special thoughts. Unee : turut berduka cita yach.. gomen telat ngucapinnya. m(_ _)mbaru tau pas baca postingan fiya ini

Leave a Reply

