Fans – Fans Labil

Minggu lalu adalah minggu paling membahagiakan baik bagi para fans Kpop maupun fans Jrock. Bagaimana tidak 2 grup band besar yg fans club nya paling banyak di Indonesia manggung di Jakarta dalam waktu yg berdekatan. Super Junior (SUJU) dari Korea yg bikin konser 3 hari berturut2 (27-29 April 2012) dan 3 hari kemudian giliran L’arc n Ciel (Laruku) dari Jepang yg bikin konser.

Entah siapa yang ngatur kok bisa konsernya berdekatan gini, bikin orang2 secara ga langsung ngebanding2in 2 grup band yang sesungguhnya tidak bisa dibandingin, dilihat dari sisi manapun. Yang satu Boyband yg masih seumur jagung yg jadi beken karena adanya badai korea yg menciptakan tren dimana2 didunia. Yang laennya adalah Band Rock bangkotan yg udah punya karir panjang dan menjadi icon band Asia.

Yah, buat para pecinta jejepangan pasti familiar sama Laruku. Rasanya ga syah sebagai fans jejepang kalo ga tau band ini. Gw aja yg ga nge-fans, langsung maupun ga langsung cukup terpengaruh oleh kebesaran nama band ini. Entah udah berapa kali gw dapet email/polling/petisi ato apapun bentuknya yang isinya meminta Laruku untuk konser di Indonesia. Bahkan jauh sebelum Suju dilahirkan tahun 2005.

Gw bukan fans kedua band itu, dan meskipun gw lebih cenderung ke Jepang2an tapi gw juga punya banyak temen deket yg Kpop mania. Menurut gw setiap fans itu sama, siapapun idolnya, pasti pengen liat idolnya dengan mata telanjang, pengen liat mereka manggung secara LIVE *well, gw aja sampe ngejar ke Jepang demi nonton konser nya V6, idol gw* So gw sirik berat ama fans2 yg idolnya bisa konser di Jakarta, secara entah kapan idol gw bisa konser dimari.

Tapi bukan karena ga ngefans gw ga nonton kedua konser itu. Kebeneran pas hari konser gw lagi kerja nun jauh dari Jakarta. So gw cuman bisa liat ditipi berita tentang mereka dan merasakan euphoria melalui media jejaring sosial saja. Gw ikutan bangga, gw ikutan exciting dari jauh. Bahkan beberapa hari setelah konser berlalu masih berasa gema dan eforianya. Gw suka baca konser report dan kesan2 dari para fans yg masih mengalami orgasme spiritual karena idolnya yg selama ini cuman bisa diliat dilayar monitor, akhirnya bisa dilihat langsung. Cuman sayangnya semua itu ternodai oleh tingkah para fans yg makin lebay dan labil, yang ga bisa terima kalo idolanya di kritik.

Beberapa artikel didunia maya menuai perang komen (baca komen dibawah artikel ini dan ini) yang sengit. Gw ga ngerti juga kenapa harus direaksikan dengan emosional seperti itu. Kenapa juga mesti berkomentar sengit, defensif dan membabi buta tanpa menyerap secara menyeluruh konten dari tulisan2 tersebut. Setiap orang punya cara pandang sendiri dalam menikmati musik. Dan didunia maya orang bebas untuk menulis apapun yg menjadi opininya.

Jujurly gw suka sebel sama fans2 yg fanatik membabi buta. Kadang malah gw jadi ga suka sama boyband tertentu karena fans2nya yg lebay, alay dan sensi ga keruan. Sudah jadi rahasia umum kalo fans jejepangan merasa terancam dengan serbuan badai korea sehingga membuat mereka defensif dan mulai menyerang dan menjelek2an band Korea secara berlebihan. Kalo ada artikel yg muji2 boiben korea pasti ada aja yg komen ga enak dan menyerang.

Emang sih kadang fans Kpop juga suka lebay muji2 idol nya, dan suka ngamuk2 geje kalo idolnya dikritisi. Udah jelas2 idolnya oplas, tapi mati2an bilang ga oplas *padahal oplas juga ga papa, asal cakep aja jadinya… toh fans nya juga yg nikmatin* Udah jelas2 lipsync, suka pada denial aja *padahala mendingan dengerin lipsync, daripada udah bayar mahal2 buat nonton konser, malah yg kedengeran suara fals*

Grup band/Boy band/Girl band/Idol bukanlah agama/ideologi yg harus dibela sampai mati. Perang di dunia maya tidaklah mendatangkan manfaat apa2 buat para idol kita. Mendingan kita dukung mereka dengan membeli album/single/DVD dan mengapresiasi musik dan karya seni mereka apapun itu bentuknya.

Ga usah ribut2 didunia maya, buktikan aja lewat angka penjualan album rekaman ato single yg fantastis. Itu lebih nyata dan lebih terukur. **PEACE**

11 thoughts on “Fans – Fans Labil

  1. mba fiyaaaaaaaaat…aku fans suju dan laruku. tp kmrn tyt hatiku memenangkan suju drpd laruku T.T walaupun smp skrg msh nyesel jg.tp aku gak lebay kok walau suka jd geje kalo liat mrk…

  2. aku nonton dua-duanya mbak…dan dua2nya keren dengan porsi masing-masing.kamu suka ketemu aku???aku jugaaa…..*penonton seketika hamil

  3. sip nice critics mba Fiyangapain ribut ya kan jelas2 beda genre mau dibandingin juga ga nyambunghehe klo saya suka dua2nya :PHAIDO ma Shiwon sebanding lah cakepnya *loh* hehe

  4. Hahahaha… lol…Saya juga sampe ketawa2 ngeliat komen orang di blog saya. Seriously, kayaknya emang negara ini udah terlalu banyak orang yang ga bisa diajak bercanda. Senggol idolanya dikid aja, langsung bacok. Padahal idolanya juga ga perduli sama mereka.Gini deh misalnya kalian bacok2an dengan saya karena saya menghina idola kalian, entah itu tokoh anime, artis musik, atau apapun. Apakah idola kalian akan membela kalian? Apakah kalian dibayar karena membela idola kalian?Kalo kalian marah karena idola kalian itu ada hubungan kerabat atau keluarga dengan kalian sih no problem. Lah ini, kenal aja gak. Kalian cuma liat baiknya doank. Apakah kalian pernah kepikiran gmana idola kalian lagi beol mukanya kayak apa? Lagi masturbasi atau lagi kawin gmana mukanya?Lagian, entah 3-5 tahun lagi, pasti kalian udah lupa dengan idola kalian, karena bakal ada idola lain yang menggantikan. Saya tau kalian sedang cari jati diri. Tapi kalian ga mulai belajar dari sekarang, kebawa sampe tua lho. Sekarang idola, besok kalo udah gede SARA.

  5. @tatz : elu pan rockeeeeeerrrrr@arashihonou : kangen buuuu…. kapan ya bisa ketemuan??@dkazuma : mas numpang blog nya di link dimari ya…. Hehehe maaf baru minta ijinbtw itu yg soal beol kok kayak kata suami gw kalo lagi ngehina idol gw LOL

  6. Bener mbak, artis korea mana sih yg ga oplass udah pasti oplas. Tp ga masalah,seperti yg mbk bilang slama jdi bikin enak dipandang & ga berlebihan yah it’s OK.Gw suka keduanya jepang & korea, bahkan saat konser suju gw sadar koq dibeberapa lagu mereka ada yg lipsync..so why?? nikmatin aja muka mereka yg udah didepan mata, udah bikin gw puas…. Fans service mreka jg ga mengecewakan. Yg mengecewakan justru promotornya… Gw sih berharap suatu saat nanti Arashi bs dateng ky suju k jakarta, tp ga mungkin yah booo’.

  7. Kalo arashi kemungkinan bisa konser dimari, kan fans nya banyak. Cuman tidak dalam waktu dekat ini. Mungkin 3th lagilah… *mudah2an om johny masih idup*

Leave a Reply

